SEMINGGU JADI PENGUSAHA *)

Hari ini (20 September 2006) adalah hari ke tujuh, genap seminggu, sejak pembukaan kios “Addina” : kios jilbab, kerudung, busana anak muslim, dan aksesoris (Kios Addina kami buka tanggal 14 September 2006). Kios mungil yang kami buka di Jalan Bunga Rampai X Perumnas Klender Jaktim ini bagaimanapun telah mengubah jalan hidup saya, istri saya, dan keluarga kami. Kami yang selama ini berorientasi “kuliah dan cari kerja“, harus mulai memikirkan dan mengelola usaha sendiri, usaha yang dirintis dari awal, nol pengalaman.

Usaha ini jelas masih hijau dan masih bayi. Dengan optimisme serta visi yang kuat insyaAlloh dan mudah-mudahan usaha ini bisa bertahan dan berkembang.

Tujuh hari mengikuti perkembangan usaha kecil ini, kami banyak mendapat pelajaran berharga, pelajaran yang tidak kami diperoleh dari bangku kuliah, dari seminar, maupun dari workshop. Pelajaran yang hanya bisa diperoleh dengan mengalaminya sendiri.

Banyak pelajaran yang masuk akal dan banyak pula pelajaran yang tidak masuk akal, tidak logis, aneh dan bahkan kami sendiri tidak bisa mengungkapkannya dalam kata-kata maupun dalam tulisan. Itulah mungkin yang dinamakan keajaiban, merupakan proses pembentukan keyakinan baru, dan menjadi hikmah kehidupan yang akan selalu menyertai kehidupan kami selanjutnya.

Ada beberapa pelajaran yang ingin kami bagikan pada kesempatan kali ini antara lain:

# Guru terbaik adalah konsumen dan pelanggan #

Sebelum memulai usaha kecil ini kami hanya meraba-raba keinginan konsumen dengan merefleksikan keinginan dan kebutuhan kita sendiri. Kami menyediakan barang-barang seperti yang kami butuhkan dan kami inginkan. Kami juga bertanya-tanya kepada suplier tentang barang-barang yang laris. Dan dengan semangat kami meng-iya-kan dan mengikuti kata suplier.

Namun begitu kios dibuka, pelangganlah yang memberitahu kami tentang keinginan / kebutuhan mereka. Konsumenlah yang mengkritik stok barang yang kami sediakan, yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Akhirnya kami harus bolak-balik mencari suplier barang yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Ini menjadi seni tersendiri dalam usaha ini.

Kami juga mulai senang kalau ada calon pelanggan yang cerewet, minta ini – itu, nanya ini – itu. Karena mereka sangat murah membagikan informasi baik ke kita maupun menyebarkan informasi kios kita ke orang lain (iklan gratis). Jadi kami perlakukan pengunjung kami sebagai guru yang harus dihormati dan didengar, juga sebagai raja yang harus dilayani.

# Jadi pengusaha harus terus optimis, apapun yang terjadi dengan usahanya #

Hari pertama membuka kios, omset hanya mencapai Rp. 150.000, padahal dalam hitungan minimal harus mendapat Rp.400.000-an perhari agar kios bisa bertahan dan karyawan tetap mendapat gaji. Hari pertama ini membuat istri saya down dan mulai berpikir pingin ganti usaha yang lain.

Untungnya kami sekeluarga bisa meyakinkan istri saya bahwa “hari pertama buka usaha, dapat segitu mah sudah untung!” Banyak koq yang berhari-hari buka usaha belum dapat pembeli. Dan Alhamdulillah keesokan harinya omset naik dan berhasil membuat istri saya kembali optimis.

Karyawati kami juga ikut mengalami kekhawatiran saat seharian jarang pengunjung yang datang. Tapi akan segera terobati kalau pengunjung mulai berdatangan. Yah, itulah seninya mengelola optimisme dalam berdagang. Kadang naik kadang turun, namun mental ini setidaknya harus diupayakan terus membaik, terus naik dan terus di atas.

……

Itulah secuil ilmu yang bisa kami peroleh selama seminggu menunggui “bayi” kami. Dan jelas belum ada apa-apanya dibanding pengusaha yang sudah mengalami berbagai musim dan berbagai cuaca, yang sudah naik bukit dan turun lembah. Banyak juga ilmu yang sampai saat ini masih menjadi puzzle, menunggu pemecahannya.

Tujuh hari merupakan waktu yang teramat sangat singkat untuk menilai jalannya suatu usaha, tapi tujuh hari itu pula yang telah membawa kami ke dunia yang baru, yang tadinya amat sangat menakutkan bagi kami. Inilah awal petualangan kami.

Kami terus berharap mudah-mudahan kami bisa terus menangkap hikmah-hikmah dari usaha kami dan semoga usaha ini bisa berkembang, bertumbuh, dan bisa memberi kontribusi bagi bangsa Indonesia.

Salam

Fuad Muftie
Kios “Addina” : Jilbab, kerudung, busana anak muslim, aksesoris
Jalan Bunga Rampai X Perumnas Klender Jaktim

*) Artikel ini semula saya posting di http://fuadmuftie.blogspot.com Kembali saya posting disini agar bisa lebih bermanfaat, karena blog saya yg lama sudah jarang sekali dikunjungi.

About these ads

17 Balasan ke SEMINGGU JADI PENGUSAHA *)

  1. sittanto mengatakan:

    salam kenal dan selamat ya atas pembukaan kios barunya.

    saya juga ingin sekali membuka kios (cita-cita waktu sma dulu) tapi belum kesampaian karena saya mengambil jalan lain.

    mungkin nanti setelah pensiun impian sma saya bisa diwujudkan he he he he he he

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Salam kenal kembali Pak Tanto

    Pak, kalau memang mampu, buka sekalian toko yang besar Pak, biar banyak orang yang bisa tertolong jalan rejekinya lewat usaha Pak Tanto

    Kalau bisa dimulai dari sekarang Pak, di Roma buka aja Pak kalau memang memungkinkan. Biar nanti kalau sudah pensiun tinggal menikmati hasilnya :-)

    Salam
    Fuad Muftie

  3. Elda Frisna mengatakan:

    Salam kenal dan selamat atas pembukaan kios baru anda, semoga usaha dan kerja keras anda membuahkan hasil yang maksimal Amin…!

    Wassalam,
    Frisna

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih doanya Bu Frisna, salam kenal kembali dan sukses juga buat anda.

    Salam
    FM

  5. azis heriawan mengatakan:

    Selamat pak atas bisnis nya, semoga sukses, kita sama – sama berjuang jangan lupa bagi tips dan trik nya berbisnis busana muslim

  6. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak Azis, InsyaAlloh saya coba sering-sering sharing, biar bisa menjadi bahan pelajaran bersama.

    Salam
    FM

  7. arwi "ubinya" aththar mengatakan:

    salam kenal, saya arwi ingin membuka usaha pemasaran jeruk lokal blitar, mungkin Bapak ada saran… trims

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    Salam kenal Pak Arwi Ubinya Aththar.

    Wah pertanyaan Anda sangat general, jadi susah saran seperti apa yang Anda inginkan.

    Saran saya sich mulai saja Pak, dari kondisi dan situasi seperti apapun. Nanti pelan2 diperbaiki dan ditingkatkan.

    Salam
    Fuad Muftie

  9. Danny mengatakan:

    Selamat jadi pengusaha. Go Pengusaha indonesia/
    Berhasil sebuah usaha tidak dinilai dari hari pertama buka.
    mikirnya jangan “kalau rugi” tidak adil namanya mikirnya di balik “Gimana Caranya biar untung”

    Tjandra S.DANNY SE PhS
    http://www.TjandraDanny.com

  10. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak Dannya. Setuju Pak, sebagai pedagang memang harus sering-sering berpikir “bagaimana caranya biar terus untung” dan usahakan jauhkan pikiran “gimana kalau rugi”.

    Kalaupun muncul pikiran “gimana kalau rugi” jawabannya cuma satu yaitu “mulai lagi untuk mendapatkan untung yang lebih besar”.

    FM

  11. Bobby Nugraha mengatakan:

    Salam kenal dan sukses atas kiosnya.
    Anda memang benar, jika ingin usaha kita awet dan maju maka kita harus bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Karena toh kita membuka bisnis memang buat konsumen dan sumber uang kita kan memang dari konsumen, jadi kita memang harus mengutamakan konsumen.
    Salam kenal dari saya yg juga pengusaha

  12. Fuad Muftie mengatakan:

    Siiip setujua Pak, karena konsumenlah bisnis kita jadi hidup.

    FM

  13. yessy yolanda mengatakan:

    salam kenal
    Saya juga baru membuka usaha cathering baru-baru ini dan alhamdulillah sudah memiliki penghasilan, saya sangat suka dg arikel2 dari pak fuad karena cukup membantu saya. oh ya saya baru ini mempunyai blog, jika Anda mau kunjungi blog saya ya

  14. Fuad Muftie mengatakan:

    Salam kenal kembali Bu Yessy
    Terimakasih sudah berkunjung, sy ikut mendoakan semoga usaha caterinya terus berkembang dan barokah.

    FM

  15. bloghafidz mengatakan:

    posting yang bagus, selamat untuk mas Fuad atas kios barunya. semoga penjualan anda makin hari semakin banyak.
    kalau saya usaha jualan pulsa :d

    =====
    [Fuad Muftie]

    Terimakasih Pak, semoga usaha Anda juga terus berkembang dan barokah.

  16. KONTROL mengatakan:

    slm kenal, selamat yach atas kesuksesannya .semoga usaha anda semakin berkembang.

  17. eb mengatakan:

    Selamat, semoga menjadi berkah dan motivasi saya juga

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: