Bagaimana Cara Memulai Usaha dengan Modal Dengkul

Bagaimana cara memulai bisnis dengan modal dengkul? Pertanyaan ini banyak diajukan oleh mereka yang ingin sekali membuka usaha tapi tidak memiliki cukup modal. Mungkin juga diajukan oleh orang yang punya modal tapi tidak berani mengambil resiko kehilangan modal. Sehingga dianggapnya bisnis modal dengkul merupakan langkah yang aman.

Enak memang kesannya kalau bisa memulai bisnis tanpa modal. Dalam prakteknya memang banyak yang bisa memulai usaha tanpa modal uang sepeserpun. Contoh paling banyak adalah makelar. Ia hanya perlu mempertemukan orang yang ingin menjual dengan orang yang ingin membeli, kemudian ia akan mendapat komisi. Tapi untuk menjadi makelar yang profesional dengan penghasilan yang bagus apakah hanya cukup dengan modal dengkul? Saya yakin pasti tidak, ia pasti memerlukan modal-modal lainnya.

Ada juga sich yang benar-benar hanya menggunakan dengkulnya yaitu tukang pukul, tukang pikul di pasar, tukang parkir, Pak Ogah, dan sejenisnya. Tapi apakah itu bisnis yang anda inginkan?

Kalau saya pribadi, sebaiknya jangan biasakan berkeinginan untuk memulai bisnis hanya dengan modal dengkul. Hasilnya lebih tidak menentu. Alangkah baiknya kalau kita bisa memanfaatkan modal yang lebih dahsyat yang sudah kita miliki. Bukankah kita punya Otak yang bisa kita manfaatkan untuk memulai usaha.

Daripada menggunakan modal dengkul, hasilnya akan jauh lebih baik kalau kita mau memulai bisnis bermodal otak. Modal dengkul sebentar saja akan lelah dan salah-salah kalau kaki patah, bisnis juga musnah. Kalau bisnis pakai otak, seburuk apapun kondisi bisnisnya bisa dicari siasat yang lebih tepat sehingga bisnis bisa selalu selamat.

Gunakan imajinasi dan pikiran untuk memikirkan cara atau strategi memanfaatkan potensi yang ada untuk memulai usaha. Bukankah dengkul juga dikendalikan oleh otak. Kalau memulai usaha dengan hanya mengandalkan dengkul berarti otak dikendalikan dengkul dong.

Jadi bagi yang ingin segera memulai bisnis, gunakan otak, pikiran, dan imajinasi anda. Temukan jalan yang terbaik untuk memulai. Otak adalah modal paling mahal di dunia. Saya yakin orang-orang sukses pasti lebih banyak menggunakan otaknya daripada dengkulnya. Kecuali otak anda sudah ada di dengkul, silahkan berbisnis dengan dengkul anda.

salam
Fuad Muftie

About these ads

199 Balasan ke Bagaimana Cara Memulai Usaha dengan Modal Dengkul

  1. rina mengatakan:

    buk/pak…
    bisa tolong bantu saya,,
    saya mau buat proposal untuk usaha pempek dengan modal maksimal 8 juta lokasi saya di kota palembang…

    tolong ya secepatnya….

    kirim ke email saya, nha_nhacutegirl@yahoo.co.id

    =====
    [Fuad Muftie]
    Maaf bu Rina, saya tidak punya contoh proposal usaha. Barangkali ada pembaca yang punya, boleh dibagi ke Bu Rina.

  2. cak nur mengatakan:

    salam kenal, pak fuad. saya sangat tertarik dengan forum ini. saya rasa usaha yang saya geluti sangat berkaitan dengan pembicaraan teman-teman di sini.
    saya bergerak di bidang business service development provider (BDSP), khususnya untuk mengembangkan lembaga keuangan (bank dan non-bank) berbasis syariah. saya dengan label PT. ISES Consulting Indonesia berpengalaman mendampingi pendirian BMT/BPRS/koperasi syariah. barangkali ada teman-teman yang tertarik dengan bisnis di bidang itu, silakan kontak saya di 085878 617 333. saya juga mengundang anda mengunjungi blog saya : www. nurhidayanto.blogspot.com
    semoga relasi terus terjalin.
    sekalian saya beritahukan bahwa sebagian dari apa yang saya baca di forum ini saya adaptasi dalam bentuk buletin cetak saya yang saya sebarkan di wilayah yogyakarta.
    sukses selalu !

    [Fuad Muftie]
    Terimakasih Cak Nur, semoga usaha anda barokah dan terus berkembang

  3. pepty mengatakan:

    salam kenal pa fuad…
    nama saya pepty,umur saya 24 thn asal saya purwokerto,tp sekarang sy sedang bekerja di bandung.saya salah satu pegawai di perusahaan garment terkemuka,saya pegang di R&D Dept dan sebelumnya sy ddh pernah menempati beberapa dept spt PPIC,GE,ADM,Payrol,pemegang gudang Export.Tapi saya bosan sdh 5thn sy bekerja sambil kuliah.skr kuliah saya sudah selesai.akhirnya kejenuhan itu datang dan saya memutuskan utk memulai usaha.saya akan memulai usaha sy di bidang handicraft dan souvenir,semua itu berangkat dari hobi saya yg suka bikin kerajinan tangan,krn mungkin dari kecil saya sudah terbiasa.tapi sy masih butuh bimbingan bagaimana saya memulai usaha.ada beberapa hasil karya saya akan saya buat kedalam sebuah katalog souvenir.yang akan saya sebar luaskan tapi saya belum PD,kira kira kiat apa ya pa buat mulai usaha seperti ini. apa ada saran kusus untuk saya…karna saya akan mulai di tahun ini di kota purwokerto yg notabene kota peralihan menuju modern.cara mengatasi saingan bagaimana?kira2 bisa kasih contok laporan keuangan yg sederhana gimana??trus saya belum punya modalnya yg cukup.itupun saya ber experimen membuat produknya pun uang sisa dari gaji bulanan saya pa.terimakasih tolong beri petunjuk…monggo…..

    [Fuad Muftie]
    =========
    Wadaw banyak sekali pertanyaannya mbak. Bingung aku njawape :)

    Untuk mengawalinya, bersyukur anda sudah punya produk untuk dipasarkan dan sudah sesuai dengan hobbynya. Itu sudah menjadi modal awal yang sangat bagus dan sangat cantik. Tinggal cari pasarnya, cari siapa kira-kira yang membutuhkan produk tersebut, dan kira-kira ada dimana saja mereka itu. Istilah kerennya mungkin cari segementasinya mbak.

    Mungkin mbak, bisa belajar dan banding-bandingin dulu dengan penjual produk sejenis yang ada di mall atau pasar atau trade center lainnya. Syukur2 bisa menjalin kerjasama pemasaran dengan mereka. Toch mereka sudah punya pasarnya, tinggal mbak pepty menyesuaikan produk dan pasar mereka.

    Jualan online juga layak dicoba. Meskipun saya sendiri belum banyak melakukan pemasaran online, tapi saya ikut merekomendasikan mbak pepty untuk memasarkan produknya lewat internet.

    Apalagi sudah bikin katalognya ya. Wah enak sekali, tinggal pajang katalognya di internet. Atau titipkan katalog pada para penjual yang mbak pepty kunjungi tadi.

    Untuk pertanyaan lain, boleh baca-baca dulu arsip blog saya mbak, kayaknya sudah sering dibahas.

  4. 46035 mengatakan:

    Nah Gw Dapat Makin percaya diri setelah baca ini, Langsung aja berhenti kerja dan memulai usaha, baru 5 bln berjalan lumayan juga… hasilnya. biarpun pernah rugi…eh tau mulai musim caleg kampanye banjir deh order cetakan ke gw.. biar pun calegnya masih pada ngutang tapi gak rugi2 amat :)

    Sumber : kerjakeras.com
    1. Knowledge Is Power.
    Knowledge is power, jika anda mempunyai pengetahuan yang tepat maka anda punya kekuatan besar. Mengetahui ilmu yang tepat adalah sebuah kekuatan bagi anda.
    2. Work is a pleasure.
    Bekerja itu menyenangkan. Jika kita mampu membuat bekerja seperti sedang bermain, menyenangkan maka kita akan senang melakukan pekerjaan itu, dan ketika kita senang, maka kita akan sukses,
    3. Never Give up.
    never give up. Jika anda give up maka anda tidak akan menjadi sukses. Langkah ketiga ini juga sangat penting.
    4. Nothing is impossible
    nothing is impossible. Percayalah bahwa segalanya adalah mungkin bagi orang yang sungguh sungguh ingin akan sesuatu dengan segenap jiwanya, dengan seluruh raganya, dengan semua doanya. Nothing is impossible.
    5. No Pain No Gain.
    No Pain No Gain. Akan ada pain ( kesakitan ), ada banyak malah, sepanjang jalan anda menuju piala anda. Ingat No Pain No Gain. Jika semua lancar lancar saja, jika semuanya mudah mudah saja, maka tentu impian anda mungkin terlalu kecil, atau sesuatu itu tidak layak dilakukan.

    Sekalian promosi Yang Mau pesen undangan pernikahan, brosur, kartu nama etc.

    cropdesign.multiyply.com
    cropdsg@yahoo.com.

    [Fuad Muftie]
    =========
    Terimakasih banyak sudah bersedia copy-paste artikel yang sangat bagus.
    Selamat juga atas usahanya, semoga terus maju, berkembang, dan tetap diberkahi-Nya.

    Wassalam

  5. kamal mengatakan:

    hhmm… saya kurang sepakat klo bisnis bisa dimulai denghan modal dengkul. Nyatanya tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang bisa dimulai tanpa moda sekalipun. Untuk memulai bisnis kita butuh modal yang paling penting yaitu: Integritas diri.

    Saya pernah buat tulisa ttg ini di blog saya:
    Usaha Modal dengkul adala MITOS!

    [Fuad Muftie]
    ==========

    Terimakasih Pak Mustofa Kamal, memang bener, modal uang bisa dicari, tapi modal paling berharga adalah diri kita. Dari jari jemari kita saja kita bisa meng-create suatu usaha, misalnya menulis artikel dan menulis buku. Itu baru dari jari, belum dari potensi diri kita yang lainnya.

  6. [...] ambil dari komentar Ibu Iyom a.k.a. Bunda Reinatha di sini, mudah2an bisa kita jadikan sebagai pembelajaran [...]

  7. Storage Cupboards mengatakan:

    this is a good motivational for the new enterpreneur

  8. afreezal mengatakan:

    permisi….
    mw minta tolong bole ga?
    saya ingin buka bisnis dengan modal sedikit.kira2 ada masukan tidak buat saya?
    bisnis apa gitu yg cocok buat saya.
    tlong dibantu….

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Usaha yang cocok untuk anda, yang tahu hanya anda. Cocok buat orang lain belum tentu cocok buat kita. Kalau bingung menentukan jenis usaha, masuk saja ke Pasar atau mall, amati usaha-usaha yang ada di sana, pilih salah satu yang menarik hati dan minat anda. Cari tahu informasi suplier atau rekanan yang bisa membantu anda memulai usaha tersebut. Baru mulai saja dengan segala kemampuan yang ada, tidak perlu menunggu kondisi ideal.

  9. juhadi mengatakan:

    anda pasti pernah mendengar harum manis , ya makanan yang terbuat dari gula ini menjadi ladang usaha saya, saya beri gambaran bagaimana usaha saya ini berjalan, dari 1kg gula putih mampu menghasilkan 35 kantung harum manis dengan harga jual Rp.5000/kantung, dalam 1 hari mampu memproduksi 6-7 kg. dapat anda hitung sendiri berapa laba yang dihasilkan. kami ingin berbagi dengan anda,untuk anda yang berminat memiliki mesin ini bisa menghubungi saya di 081312887749

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Terimakasih informasinya Pak, semoga usahanya terus berkembang dan barokah.

  10. afrina mengatakan:

    lam knl pak fuad…
    aq afrina,aq msh mahasiswa ni,pgn usaha tpi bingung mw usaha apa…cz waktunya dikit n modal jg dikit…kira kira usaha yg cocok bt aq apa ya??kl jual pulsa dah bnyak bgt yg jualan pulsa soalnya…

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Yang tahu usaha apa yang cocok untuk anda adalah anda sendiri Mba Afrina. Cobalah lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) atas usaha-usaha yang anda sukai. Atau lihat sekeliling Anda, temen-temen anda adakah yang sudah menjalankan usaha dan sekiranya bisa anda tiru. Tirulah dengan sedikit modifikasi.
    Kalau memang usaha pulsa masih berpotensi, kenapa tidak lakukan saja, itung-itung untuk belajar dan untuk mengasah intuisi bisnis anda.

  11. hilman mengatakan:

    Yth. Pak Fuad, saya sangat tertarik ulasan-ulasan bapak tentang trik-trik keberhasilan bisnis tanpa modal yang besar. Saya ingin minta pendapat bapak bagaimana solusi masalah usaha saya. Saya sudah menekuni usaha makanan ringan secara konsinyasi, dengan bantuan 2 orang sales tiap minggu pelanggan saya bertambah/meningkat, demikian juga keuntungan pun bertambah. Tapi persoalannya modal saya sering berkurang karena selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga sayapun punya kewajiban membayar cicilan bank & kartu kredit yang jumlahnya lebih besar dari keuntungan saya tiap bulannya, saya sudah mencoba mengejar pendapatan dengan cara menambah sebanyak-banyak pelanggan, tetapi untuk menambah pelanggan diperlukan modal lebih banyak dan untuk menitip barang dagangan di warung-warung yang potensialpun tidak mudah. Mohon saran-saran pak Fuad gimana sebaiknya mengatasi kesulitan usaha saya ini, terimakasih, Wassalammualaikum, Wr.Wb.

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Masalah klasih nich Pak, penghasilan dan cicilan saling kejar-kejaran.
    Solusinya sebisa mungkin kurangi konsumsi dan percepat cicilan. Butuh disiplin yang tinggi Pak. Apalagi hutang kartu kredit kalau masuk jadi kredit konsumtif akan sangat cepat menggerus modal dan keuntungan kita.

    Buatlah list dari hutang-hutang yang anda miliki, dan bayarlah cicilan yang paling mendesak dulu (kartu kredit).
    Kalau bisa kurangi penjualan kreditnya dan perbanyak penjualan cashnya. Ini untuk mengurangi gali lubang tutup lubang.

  12. afri mengatakan:

    lam knl pak fuad…
    sya afri…sya mw menawari kerja sama dg siapa pun yg mungkin berminat…
    saya punya usaha bengkel onderdil sepeda yg ckp potensial d daerah sya…
    tpi saat ini kmi kekurangan modal,krena skrang sya msh kuliah,jdi uangnya byk trpakai untk kuliah…
    bgi yg brminat bkrjasama dg kami silakan krm psan k email sya:frins_freens@yahoo.com

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Silahkan bagi yang berminat usaha bengkel onderdil sepeda, bisa bersinergi dengan Sdr Afri. Semoga barokah usahanya.

  13. RONAK mengatakan:

    ira soedarsono
    assm pak fuad Saya ingin sekali buka usaha tapi saya ingin kakak saya yang kelola Tapi bagaimana cara managementnya Saya buta tentang hal itu Saya ingin buka kios baju muslim Klo boleh minta tips (ditambah alamat suplayernya jg boleh hehe) Terima kasih
    Wassalam

  14. kiagus antonius mengatakan:

    saya ingin mengajak kerjasama bagi orang yang ingin berubah dalam segi ekonomi

  15. kiagus antonius mengatakan:

    assalammu`alaikum,saya ingin menawari produk makanan kering untuk lebaran yang berminat hub.Kiagus.Antonius07@gmail.com or 085693507437

  16. fansmaniac mengatakan:

    Saya rasa tidak ada yang tidak mungkin kok. Dalam buku Financial Revolution karya Tung Desem Waringin terdapat cara membuka usaha meski tanpa modal sepeser pun. Ada cerita nyatanya bahwa ada seorang juragan kapal yang sangat kaya saat ini, dan dia memulai usahanya hanya menjadi makelar atau perantara antara pedagang tembakau dengan grosir tembakau. Dia sama sekali tidak mengeluarkan modal, hanya sebagai perantara dengan bermodalkan surat perjanjian jual beli ia berhasil kaya mendadak. Disitu dikatakan bahwa perlu keahlian dan tekad yang kuat bila anda ingin berubah. Tidak ada yang tidak mungkin, yang ada adalah orang yang tidak mau.
    Anda ingin buka usaha dengan modal dengkul? bisa, tapi tekad anda harus bulat dan ini jika benar2 anda ingin

  17. surya mengatakan:

    bisa saja usaha dengan modal dengkul… silahkan gabung di http://www.galesus.com/index.php?id=suryamu dijamin tanpa modal sepeserpun anda akan mendapatkan uang tiap bulan mengalir di rekening anda

  18. juanda mengatakan:

    cunda
    assm pak fuad saya dikasi modal sama orang tua saya,,tetapi saya tidak tahu mau buat usaha apa n saya tidak mengerti yg namanya usaha..kalok boleh saya minta tips donk pak…saya ingin sekali punya usaha
    sekali lagi terima kasih ya pak
    wasaaaalam

  19. yudi mengatakan:

    salam kenal .pak bagai mana cara biar usaha yang sudah ada bisa tambah maju?

  20. Achmad Zainuddin mengatakan:

    Sangat2 berarti informasi yang saya peroleh dan saya ingin sesegera mungkin untuk mulai berusaha, mohon pada pak Fuad dan teman2 sekalian saya membutuhkan list usaha makanan dan atau minuman, fashion atau yg lainnya yg waralaba dan alamat yg bisa dihubungi tapi dengan modal yg relatif kecil karena, alhamdulillah saya sdh punya modal dan juga pekerjanya, hanya saya ingin ada produk yang dijual terbukti laku, sehingga kemungkinan gagal bisa diperkecil. t kasih

  21. Rudy Dadunk mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Saya kenal ama TDA baru beberapa minggu ini, begtu buka blog ini… ternyata udah lama juga yah…
    berarti udah banyak pengusaha-pengusaha sukses lahir dari TDA….

    Semoga saya juga bisa mengikuti jejak keberhasilan pengusaha TDA..

    Terima Kasih.

  22. nina agustina mengatakan:

    assalamualikum,

    saya seorang ibu bekerja dan memiliki anak. saat ini saya ingin resign dan membuka usaha sendiri agar bisa sambil mengurus anak. saya ingin membuka usaha toko sembako, kira2 langkah apa saja yg harus saya kerjakan? apakah membutuhkan modal yg besar? lalu bagaimana saya bs memperoleh data2 distributornya ?. Terimakasih..

  23. laptop reviews mengatakan:

    memang membuka usaha itu tak ada yang modal dengkul, smuanya butuh perjuangan yang keras,kalaupun ada hasilnya pun tak akan seberapa dan butuh prjuangan besa untuk mencapainya

  24. TS Rizal mengatakan:

    Salam kenal Pa Fuaz:
    Saya ingin buka usaha rumah makan/restoran (krn saya suka makan dan masak) dasar pikiran saya krn orang akan selalu butuh makan, jd potensi ini lebih besar peluang berkembang (tergantung managementnya), namun Ide buka usaha jenis ini khan butruh modal gede, apa donk solusinya??? Bank mau bantu kalo udah settle semua dan sudah berjalan 2 tahun baru berani bantu modal kerja(itu bukan modal kerja namanya) nanam saham jatuhnya…
    Makasih…

  25. teguh mengatakan:

    ass. salam kenal
    saya mau bertanya tentang penjualan..saya mau usaha keripik pisang dan keripik bawang, tapi bagaimana cara pemasarannya dan agar bisa dikenal…

  26. saliem mengatakan:

    assslamu’alailkum….
    pak senang sekali rasanya membaca tulisan bapak, saya seorang karyawan, mash remaja, ingin belajar menjadi wirausahawan, langkah pertama apa yang harus dilakukan pak, inginya usaha di dunia komputerisasi..desain, kursus, privat, rental kompter dll, berdasarkan tulisan bapak, modal bukan alasan, namun bagaimana memulainya pak, mohon petunjuk…, terima kasih..

  27. eddi mengatakan:

    Salam kenal Pak FUAD MUFTI, Saya bener2 terinpirasi dgn rubrik ini sangat berguna sekali buat pengusaha2 muda, saya mau tanya secara pribadi sebenarnya dulu tekad Pak FUAD bisa menemukan jalan menjadi pengusaha seperti sekarang ini datang dengan sendirinya atau memang sdh mrancang tujuan hidup,knapa tidak jadi konsultan para pengusaha muda saja, terima kasih Pak FUAD sukses selalu buat anda.
    salam,
    Eddi(081385200800)

  28. sulis mengatakan:

    mau nanya pak FUAD.. begini kita punya beberapa keahlian, pengen keahlian itu di kembangkan untuk usaha sendiri. tp masalah kita itu.. modal kurang, dan tidak tau bagai mana cara memulai usaha. tolong pak kasih pejelasan. makasih

  29. farizal mengatakan:

    thanks ya atas info na,,,,,,,
    buat yg da post coment dluan lam kenal ya……

  30. Ahmad prayitno mengatakan:

    Assalamu’alaikum…Pak saya ingin konsultasi dengan masalah yang saya alami” selain pekerjaan pokok saya yaitu bekerja di salah satu intansi pemerintahan,kalau ada modal dikit – dikit saya mencoba usaha tapi terkadang usaha itu banyak gagal dari pada berhasil.yang saya tanyakan bagai mana cara mengatasinya…dan bagai mana kita bisa tahu usaha itu cocok untuk kita…

  31. annisa mengatakan:

    Assalamu’alaikum,, pak fuad sy benar2 tertarik setelah membaca rubrik ini, kebetulan sy memang ingin membuka usaha kecil2lan tp msh bingung.. sy mau buka toko sembako tp sy masih bingung dr mn mendapatkan distributor/pemasok yg murah, tolong dbantu utk infonya
    terimakasih

  32. ardi mengatakan:

    setuju pak…

    saya ada pertanyaan pak,

    klo seandainya bapak punya sistem pemasaran yang baru, yang bapak yakini bisa menjadi tren seperti franchise…

    apa yang akan bapak lakukan???

    thanks pak.

  33. ariyo mengatakan:

    dah banyak bisnis yang aku getuni tetapi hasilnya sungguh mengacewakan,pusing banget,banyak rayuan2 bisnis yang banyak merugikan kita semua apa lagi di internet,dengan janji2 dusta,sekarang banyak orang jahat berkeliaran dimana2&makin sedikit orang yang baik,yang kaya makin kaya ,yang miskin tetep ajah banyak

  34. shafira putri ramadhania mengatakan:

    salam hormat
    saya shafira mahasiswi universitas pakuan fakultas hukum semester 1 saya amat sangat tertarik untuk mencoba memulai usaha penjualan ice cream kecil-kecilan, saya sudah mempunyai konsep usaha, dan untuk tempat saya ingin memulai di kampus saya terlebih dahulu, tetapi saya tidak mempunyai modal untuk memulai saya juaga tidak tau harus mulai dari mana,,,mohon sarannya…terima kasih

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Coba tawarkan konsep tsb pada orang yg anda anggap bisa membiayai / meminjami modal secara lunak.
      Kalau tidak bisa sendirian, ya mesti lakukan bersama orang lain. Tinggal dibicarakan bagaimana nanti profit sharing & risk sharing-nya.

      Bisnis eskrim di kalangan pelajar & mahasiswa, masih menjanjikan tinggal bagaimana konsep & penyajiannya.

  35. sarjoni mengatakan:

    setuju juga pak sama pendapatnya..

  36. Winto mengatakan:

    Salam kenal,

    Saya skrg berdomisili di Dili Timor Leste, kebetulan saya bekerja di kantor Supplier dan kontraktor lokal. tapi Sedari masa kuliah saya selalu bermimpi kelak mempunyai usaha sendiri, namun kendala yang saya hadapi adalah ketika saya sudah memiliki modal, selalu saja uang yg sudah sy kumpulkan itu teralokasi ditempat lain…dan sering kali impian saya selalu berubah ubah (kebanyakan ATM : Amati…ga pernah tiru dan modifikasi )gimana sih cara menghentikan “lingkaran setan” ini

    sudah ngidam untuk buka usaha tapi g pernah action, TAKUT

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Memang begitu Pak, banyak yg nggak sadar mengenai pentingnya MIND SET disini, sehingga muncul dua kubu ekstrim: – Pingin buka usaha TAPI BINGUNG TIDAK PUNYA MODAL – Punya modal TAPI BINGUNG MAU USAHA APA Kalau mau mudah, silahkan yg punya modal menghubungi orang yang tidak punya modal, atau yang tidak punya modal mendekati para pemilik modal. Klop kan? he.. he.. he…

      Makanya sering disampaikan oleh para entrepreneur bahwa yang penting bagi para pemula adalah MIND SET. Setidaknya diawali dari mind set dalam mengelola dan memecahkan permasalahan yang timbul dan ditemui di awal buka usaha. Kalau ada modal koq nggak bisa juga buka usaha, kira-kira apa ya solusinya? Begitu juga yang tidak punya modal tapi punya ide bisnis, gimana ya caranya dapetin modal, gimana buka usaha dengan modal sekecil-kecilnya? Pecahkan dulu pertanyaan itu, maka jalan menuju buka usaha akan mengalir.

      Faktor lainnya adalah menghadapi rasa takut, banyak yang gagal karena takut. Yang punya modal takut modalnya amblas, yang tidak punya modal takut mencari modal. Jadinya tidak ada action yang kongkret.

      Jadi buat anda Pak Winto, saran saya, sekarang anda punya modal berapa? Ambil sebagian dari modal tersebut untuk membuka usaha dimana kalau sampai terjadi kerugian, anda tidak akan menyesali kehilangan uang. Misal anda punya tabungan Rp.3.000.000,- gunakan saja Rp.500.000 untuk memulai usaha. Jangan mikir skala bisnis dulu. Banyak usaha yang bisa dimulai dari Rp.500.000. Setidaknya anda akan mengasah jiwa dagang anda dan anda akan mengasah mind set anda, dan anda akan belajar banyak dari kegiatan entrepreneurship. Kalau tahun ini anda berani memutar modal Rp.500.000 dan bisa kembali modal, saya yakin tahun depan anda akan berani memutar modal lebih besar lagi, bisa 5 Juta, 50 Juta, 500 Juta, bahkan mungkin saja anda berani memutar 5 Milyar.

      Selamat berkarya.

      • yudi mengatakan:

        salam kenal
        saya yudi,baru lulus skul thun kmarin tapi saya sudah ingin berbisnis.padangan sih ada cuman masih ragu ragu bagaimana cara menghilangkan rasa ragu ini?

        Fuad Muftie
        =========
        Menghilangkan rasa ragu, dg cara mulai dari yg kecil dulu, mulai dari step yg bisa membuat anda tidak ragu.
        Analogi begini, anda ragu mau nyebrang sungai . Alternatif:
        – tidak usah menyebrang, anda tidak akan pernah ragu
        – tunggu air surut, butuh waktu
        – cari jalan alternatif, tanya orang disekitar jalan alternatif dimana
        – bikin jembatan darurat pakai kayu, dll dll
        dari alternatif tsb anda akan tahu mana yg paling mungkin diambil dan tidak bikin anda ragu.

  37. menurut saya ada satu pilihan lagi bagi yang tidak modal banyak, yaitu sebagai makelar…yah dengan menjualkan barang atau produk org lain, nanti kalo udah cukup modalnya baru bisa buka usaha sendiri..hehehe…

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Sepakat, bisnis makelar sering dipandang sebelah mata. Orang sering under estimate & menganggap bisnis makelar tidak keren, atau susah, atau nggak menarik, dll

      Padahal variasi bisnis makelar sangat banyak, beragam, dan hanya kreatifitas kita yg bisa membatasi.

  38. Tientinyus mengatakan:

    saya setuju dg isu peluang bisnis terbaru, jika kita tidak mencukupi modal u/ usaha,inisiatif satu2nya menjual produk orang lain yg penghasilannya mencukupi u/ buka usaha, bertahan lah 1 – 3 bulan bergabung dg bisnis org lain, dg cara itu kt dpt membuka usaha sendiri …..

  39. wiwid mengatakan:

    hehehehe pake otak ya…………
    it’s so simple…thanks.

  40. rohmad mengatakan:

    saya habis jatuh di bisnis pialang sekarang saya mau memulai bisnis saya mau buka usaha jualan kendala di modal

  41. eBook Proposal usaha mengatakan:

    Salam kenal..Saya hanya ingin menyyampaikan..blognya bagus mas..dan cukup inspiratif..^_^ saya akan masukkan link mas di blog saya.jika mas back link..thanks.;)

  42. yudi mengatakan:

    salam kenal..saya ingin buka usaha di bidang faysen cuman takut tidak berkembang.

  43. yudi mengatakan:

    ma’af pertanya’an saya kok gak dijawab?

  44. sulistiyo mengatakan:

    apa bnr usaha berhsl tanpa modal bos?

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Minimal dg modal tenaga, pikiran, dan waktu boss. Banyak yg tanpa modal UANG, bisa MEMULAI membangun usaha yg besar.
      Kalau usaha sudah jalan, sudah pasti dibutuhkan MODAL DANA / UANG.

      Yg dibicarakan disini hanya sampai tahap MEMULAI saja.

  45. indonesiainvestor mengatakan:

    we offer a new fund to operated just copy and paste this site

    http://indonesiainvestor.blogspot.com/

  46. PropertyCirebon mengatakan:

    Memulai usaha memang menjadi tahapan yang paling menegangkan, kalau tidak punya nyali … maka menjadi pengusaha hanya akan menjadi angan2 belaka.
    Saya sependapat dg mas Muftie bahwa modal terbesar untuk memulai usaha adalah “otak kita” karunia Allah yang tidak ternilai. Ini ada tulisan ttg modal awal http://propertycirebon.wordpress.com/2011/04/09/modal-awal/

  47. Roly Chyank Winda mengatakan:

    pak saya roly,skrng saya berumur 28 thn.
    saya pingin usaha,tapi bingung usaha apa yang kira2 modal sedikit tapi bisa bertahan buat selamanya?
    sebenarnya saya lebih mahir di dagang,kira2 apa ya pak?

  48. Septina Erni mengatakan:

    aku juga kurang maju hanya modal dengkul” aku tertarik pada usaha pertanian karet di daerah jambi , lahan kosong 2 hektar hanya di jual 20 juta ; kalo kita tanami karet 6 tahun bisa panen tapi modal tenaganya yg cukup besar,, hasil per mingunya panen bisa sampai 4juta, tapi aku kurang yakin modalku kurang lebih 100 juta. menurut anda aku maju atau mundur soal usaha ini.

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Terus terang saya kurang paham dengan bisnis perkebunan karet. Secara prinsip kalau kita bingung artinya kita perlu menambah wawasan dan ilmu tentang bisnis perkebunan karet ini. Mungkin akan ada yang bilang “sudah terjun saja, jalani, dan pelan-pelan pelajari cara bisnis perkebunan karet”. Tapi mungkin akan lebih bijak sebelum terjun anda perlu sedikit banyak tahu, setidaknya anda bisa belajar langsung dengan pengusaha kebun karet yang anda kenal, atau anda bisa bergabung dengan persatuan / perhimpunan pengusaha karet, atau anda bisa bersilaturahim dengan orang2 yg sudah berhasil menjalankan perkebunan karet ini. Anda bisa banyak belajar dari mereka, mulai dari pembukaan lahan, penanaman bibit karet, pemilihan bibit, pemeliharaan tanaman, mengelola SDM, pemanenan, sampai pemasarannya. Atau mungkin juga anda bisa melakukan kerja sama dengan mereka.

      semoga bisa membantu.

  49. Roro Krit mengatakan:

    Pengen jualan pakaian dalam dengan harga grosir, , apa yg perhatikan

  50. Danang Epay mengatakan:

    bagaimana ,, menjalankan usaha di bidang las dan mengakali’y di kala sedang sepi ….??? tolong dong pak jawaban’y .. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 128 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: