Peluang Usaha Ada Dimana-mana

Tergelitik juga membaca tulisannya Pak Hadi Kuntoro, bahwa peluang usaha sebenarnya ada dimana-mana. Dan saya sangat setuju. Coba saja perhatikan barang-barang yang ada disekitar anda, komputer, printer, kertas, meja, handphone dan apa saja yang bisa anda lihat disekeliling anda, sebagian besar merupakan hasil dari transaksi jual beli. Bahkan barang-barang yang melekat pada diri kita sebagian besar juga kita beli atau paling tidak dibelikan orang lain kan?.

Masalahnya, kadang kita terlalu takut sehingga menganggap kalau sebuah peluang sudah diambil orang lain, kita sudah tidak kebagian peluang tadi. Padahal sudah menjadi sunatulloh / sifatnya dunia yang terus berputar, peluangpun terus berputar. Bahkan banyak peluang yang belum optimal dimanfaatkan orang lain.

Misalnya usaha dibidang garment meskipun sudah banyak pelaku usaha di sana tapi tetap terbuka peluang bagi pemula untuk menangkap peluang yang sama dan bahkan menciptakan peluang-peluang baru. Contoh lainnya masih banyak, usaha makanan boleh dibilang setiap saat muncul pemain baru dan banyak yang sukses. Usaha voucher HP juga terus tumbuh bak jamur di musim hujan, dan banyak yang bertahan bahkan berhasil. Inovasi-inovasi baru-pun terus tumbuh, yang berarti masih banyak lagi peluang yang belum tergarap.

Kalau kita masih dalam tahap berpikir-pikir untuk mencari peluang dan belum juga berani memulai usaha, maka kita perlu mempertajan kejelian kita menangkap berbagai peluang. Cara paling gampang adalah meniru usaha orang lain yang menurut kita masih berpotensi untuk dikembangkan. Kita tinggal mengikuti yang sudah ada dan kita modifikasi pada usaha yang kita jalani. Nanti kalau usaha kita sudah jalan, baru kita cari terobosan dan inovasi baru untuk terus berkembang.

Kalau kita masih terus pikir-pikir dulu, maka peluang tetap saja ada dan tentu akan diambil orang lain. Kita nanti hanya akan gigit jari dan bilang, “Yach itu kan persis seperti ide bisnis yang aku pikirkan dulu.”

Cobalah anda cari barang yang tidak bisa dijual, tentu anda akan menemukan barang yang bisa dijual jauh lebih banyak daripada barang yang tidak bisa dijual. Itu berarti banyak peluang dan ada dimana-mana

Semoga bermanfaat

Salam
Fuad Muftie
©2007 http://fuadmuftie.wordpress.com
Owner Kios Addina di Jakarta Timur

77 Balasan ke Peluang Usaha Ada Dimana-mana

  1. Gadis Cantik mengatakan:

    Kalau pakai bahasa awam ‘rejeki kita sudah ada yang ngatur’. Di tempatku banyak sekali yang jualan kue srabi pada pagi hari, nyatanya punya pelanggan sendiri2. Mari kita ciptakan dan manfaatkan peluang usaha yang ada. Yang penting halal.

    =====
    [Fuad Muftie]
    Yup setuju, rejeki sudah ada yang mengatur, bahkan mungkin berlimpah ruah disekitar kita. Kita sendiri yang sering mempersempit rejeki dan sering ketakutan tidak kebagian rejeki. Kalau sudah ikhtiar dengan ikhtiar yang terbaik, tinggal ikhlas saja.

  2. Berusaha Mandiri mengatakan:

    Tukaran link yoo dengan berusahamandiri.com.
    STOP PRESS: cosaaranda.com di-hack!!!

  3. heri mengatakan:

    assalamualaikum

    salam sukses pak

    pak muftie saya sekaang sudah kerja dan dengan gajih yang lumayan tapi jiwa ingin wirausaha dalam diri saya tinggi sekarang saya dah punya usaha tapi statis gak berkembang karena saya sibuk kerja, dan dijalanin adik saya. gimana pak biar usaha dapat berkembang?
    efektifkah jika kita punya lebih dari satu usaha dimana semuanya masih dalam taraf berkembang?
    semoga segala aktifitas kita dimudahkan dan bermanfaat bg orang lain amin

    trims

    heri

    wassalam

    =====
    [Fuad Muftie]
    Wa’alikum salam Wr Wb
    pak Heri, kira-kira kalau disuruh mencari apa penyebabnya usaha anda kurang maju bisa diketahui tidak pak penyebabnya. Kalau Pak Heri bisa, berarti itu dulu yang diobati. Apa sudah dilakukan upaya pemasaran yang memadai, apa pelayanan sudah bagus, apa target marketnya sudah ketahuan, apa memang produk / jasanya benar2 diminati calon customernya. Kurang lebih itu Pak yang perlu dibenahi biar ada kemajuan pada usaha Anda. Terus juga apakah adik anda juga punya minat pada bidang usaha yang dijalani. Mungkin faktor lain sudah bagus, tapi kalau adik anda yang menjalani usaha kurang bergairah bisa jadi menyebabkan usaha kurang menggembirakan.

    Masalah punya usaha lebih dari satu dan semuanya maasih berkembang baik-baik saja Pak, asal perkembangannya semua optimal dan kita bisa mengontrolnya semua.

    Semoga bisa membantu.

  4. Putra mengatakan:

    Kebetulan Saya ada refrensi peluang usaha nih.

    Menjual pulsa seperti usaha counter pulsa.
    TRANSAKSI LEWAT SMS ATAU YM
    TIDAK PERLU PERPANJANG MASA KEANGGOTAAN.
    TIDAK ADA TARGET SALDO.
    TIDAK ADA TARGET PENJUALAN.
    DAN MASIH BANYAK FASILITAS & KEUNTUNGAN MENARIK LAINNYA.

    Caranya:
    1) Pilih salah satu nomor GSM/CDMA Anda untuk di daftarkan.
    2) Cukup dengan biaya 100rb (50rb registrasi & 50rb saldo untuk modal awal usaha Anda).

    untuk info lebih lengkapnya: pulsasuper.com
    ATAU
    Hubungi: 08179750455
    YM: b13by@yahoo.com

  5. Bpk Sudjianto mengatakan:

    Salam Pak Fuad!!! Bagi Pengunjung Setia fuadmuftie.wordpress.com yang ingin membuka Usaha baru.
    Kami siap melayani anda!!!
    Peluang Usaha Depo Air Minum isi Ulang dengan Tehnologi
    YAMAHA WATER PURIFIER – JAPAN
    menghasilkan Air menjadi Jernih,Segar,Sehat dengan Rasa Alami.
    Kualitas Terjamin dan Sudah Terbukti !!!
    Hubungi :
    Sudjianto
    Jl.Raya Lakarsantri 142 Surabaya
    Jl.Tanah Merah Indah Sayur 8/9 Surabaya
    Telp: 031-3729137
    Flx. 031-77537011
    Hp. 081703670576
    Website : airisiulang.com

  6. ibnoe mengatakan:

    Terima kasih atas ulasannya… saya seorang PNS golongan rendah, sangat ini saya ingin menekuni bisnis sampingan, awalnya pengen usaha jualan, tapi dengan kondisi kerja sampae sore kayaknya gak mungkin, terus kawan nawarin bisnis pulsa online dan saya ada ikut (balepulsa.tk), alhamdulillah ada untung walau kecil. saat ini saya coba rambah bisnis online lain yang baru yaitu biolifecentre.tk menurut Pak Fuad kalau saya fokus kerja sampingan hanya di bisnis online saja ada peluang besar gak? soalnya kalau konvensional waktu belum memungkinkan. Mohon pencerahannya?

    =====
    [Fuad Muftie]
    Banyak koq yang bisa bisnis online dengan hasil yang sangat bagus, meski dilakukan diwaktu-waktu luangnya. Asal kita disiplin mengelola waktu dan persisten dengan usaha kita, insyaAlloh buahnya akan kita petik. Yang sering menghambat bukan masalah online-offline-nya tapi kita sendiri yang kurang komitmen.

    Saya sendiri blm masuk ke online, karena masih fokus di offlinenya dulu. Jadi mohon maaf kalau nggak bisa memberi gambaran yg obyektif.

  7. Attaulloh mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum Wr Wb..

    Dear Pak Fuad,
    Saat ini saya sedang bersinergi dgn beberapa rekan saya u/ membuat perusahaan baru di bidang usaha Bunker Trading (Jasa pengisian BBM Kapal Laut) yang telah kurang lebih 6 Tahun saya terjuni.
    Adapun maksud & tujuan saya adalah u/ mencari calon investor guna membiayai kebutuhan modal kerja u/ proyek/order2 kami ini.
    Bagi yang berminat bisa hub. saya di :
    Mobile Phone : 0815-11204947 / 021-44731181
    Email : ato_78@plasa.com

    =====
    [Fuad Muftie]
    Terimakasih Pak, semoga ada yang berminat dan bisa bersinergi.
    Sukses atas usahanya ya Pak..

  8. tony mengatakan:

    pintar2 mencari celah dan peluang serta berani ambil resiko dan memang benar peluang usaha akan muncul tak terduga duga. niamarket.blogspot.com

    =====
    [Fuad Muftie]

    Setuju Pak Tony, bahkan kadang tidak perlu pinter-pinter Pak untuk dapat celah dan peluang. Asal ada kemauan dan bersedia take action, take inspired action, dan take right action insyaAlloh akan ketemu keajaiban-keajaiban dalam bisnis.

  9. Ahmad mengatakan:

    saya rasa sich pak jangan terpengaruh peluang yang membingungkan

    =====
    [Fuad Muftie]
    Betul, jangan bingung dengan peluang yang membingungkan. Pilih peluang yang membuat kita mantap menjalaninya.

  10. Ahmad mengatakan:

    Saat ini saya sedang bersinergi dgn beberapa rekan saya u/ membuat perusahaan baru di bidang usaha Bunker Trading (Jasa pengisian BBM Kapal Laut) yang telah kurang lebih 6 Tahun saya terjuni.
    Adapun maksud & tujuan saya adalah u/ mencari calon investor guna membiayai kebutuhan modal kerja u/ proyek/order2 kami ini.
    Bagi yang berminat bisa hub. saya di :

  11. ezzy mengatakan:

    selamat sore pak Fuad…!
    saya seorang pengusaha baru, umur saya 24 tahun. saya sudah menjalankan usaha warnet sejak 5 bulan lalu nih, awalnya karna saya hobi internetan waktu kuliah jadi terfikir untuk buka internet di jogja. tapi ketika usaha saya baru berjalan 2 bulan, tiba2 di sebrang jalan warnet saya ada pengusaha lain yg sedang membangun warnet juga sebanyak 100 unit (jumlah yg cukup ekstrim bukan) dan ternyata benar kehadirannya benar mempengaruhi usaha saya.. tp saya tetap beranggapan positif soal rejeki. pointnya adalah warnet saya jadi sepi sampai saat ini (pendapatan tdk menutupi operasional).
    bagaimana menurut bapak soal usaha saya ini?? apakah saya harus pindah lokasi, yg jelas membutuhkan dana kurang lebih 35 juta untuk pindah. apakah saya harus banting steer dan menjual smua aset ini kemudian memulai usaha lain? atau baiknya bagaimana ya pak, masalahnya dana juga cukup tipis nih? terima kasih untuk sarannya :)

    =====
    [Fuad Muftie]
    Mas Ezzy, di dunia usaha memang tidak bisa dihindari yang namanya persaingan. Tapi persaingan akan menjadi racun atau akan menjadi madu buat kita tergantung sikap kita sendiri. Anda bisa lihat di pasar bringharjo, di salah satu toko batik, disamping kanan-kirinya juga ada toko batik yang mungkin lebih besar. Anda bisa lihat di jalan malioboro, disatu lapak penjual kaos dagadu, disamping kanan, kiri dan depannya juga jualan kaos dagadu yang mungkin juga lapaknya lebih besar dan lebih lengkap barangnya. Tapi bertahun2 mereka bisa eksis di sana dan bisa sama-sama menikmati hasil usahanya.

    Mungkin anda jadi berpikir, “itu kan beda!”. Memang beda, kalau kita mau mencari perbedaan-perbedaannya. Kalau kita mau jeli kita bisa mencari benang merahnya, sehingga usaha anda yang sekarang merasa tersaingi warnet di depan, bisa bersinergi dan bisa saling melengkapi.

    Salah satu kunci keluar dari persaingan adalah diferensiasi, kita harus punya pembeda dengan warnet di depan dan punya nilai tambah yang tidak dimiliki warnet di depannya. Misalnya kalau warnet di depan cuma warnet doang, kenapa kita tidak alihkan fokus di game online. Kalau di depan sudah ada game online, kenapa kita tidak bikin komunitasnya, sehingga pengunjung warnet anda adalah yang benar2 setia.

    Kalau bisa sich jangan bersaing di harga dengan banting harga, kalau sudah banting harga sama saja dengan bunuh diri. Cari keunikan2 lainnya. Kalau di dekat saya, juga ada warnet kecil yang bersaing dengan warnet besar, tapi keduanya bisa jalan semua. Saya sendiri kurang tahu apa yang menjadi keistimewaan warnet kecilnya sehingga bisa punya pengunjung setiap. Nah tinggal anda sendiri cari keunikan dan keistimewaan yang tidak dimiliki warnet besar di depan anda.

  12. Indah mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Sebelumnya salam kenal pak fuad, mungkin apa yg akan saya tanyakan ini adalah problem klasik. saya ingin membuat usaha memasang payet/manik-manik asesoris untuk baju atau jilbab, tapi saya bingung bagaimana memulainya. saya tidak tahu bagaimana saya bisa mendapat order payet atau bagaimana saya menjual hasil payetan itu. Kalau ada yg tahu caranya mohon informasinya dong supaya saya bisa memulai usaha saya ini…Terima kasih..

    [Fuad Muftie]
    Bu Indah, kalau ibu bisa membuat payet-payet di jilbab / kerudung / busana, ibu mulai saja dari membuat payet di jilbab / busana ibu sendiri yang ibu pakai. Sambil dipakai ibu bisa tawarkan ke teman / sahabat / kerabat untuk dipayetkan jilbab / busananya.

    Ibu bisa juga mengoleksi foto-foto payet di jilbab / busana terus ibu cetak, buat semacam brosur atau katalog, dan tunjukkan katalog tsb ke teman / sahabat / rekanan ibu. Kalau hasil karya ibu bisa diterima, selanjutnya ibu bisa lakukan / tawarkan kerja sama dengan produsen garment lainnya.

    Semoga bisa membantu

  13. ayong mengatakan:

    Selamat sore semuanya, saya punya peluang usaha nih buat semua, sekarang saya sedang mencari mitra bisnis buat toko pempek palembang untuk di wilayah jakarta dan bekasi, bagi yang berminat hubungi saya ayong di:021-99441663.

    [Fuad Muftie]
    Silahkan yang ingin membuka usaha pempek palembang, silahkan saling bersinergi dan semoga barokah usahanya

  14. Yono mengatakan:

    Wah… Sebelumnya SALUT buat Mas Fuad coz tetap eksis merespon semua comment sejak 2007.
    Saya ingin minta petunjuknya mas, Sampai saat ini saya masih blm dapat pekerjaan tetap, Ortu saya peg. bumn dan punya usaha sampigan tambak ikan air tawar, usahanya tidak diurus dengan baik,karena harga pakan yg mahal dan harga jual ikan tipis sekali untungnya, kalo dah banyak ikan yg mati ya kerugian didepan mata.. selama ini hasil jualnya lebih sering hanya mampu nutupin biaya pakan dan ongkos orang kerjanya.. saya berencana ingin mengembangkannya, gimana menurut bapak, apakah bisnis ini bisa menjanjikan?langkah awal apa yg harus saya ambil? Mohon pencerahannya.. Thx.

    [Fuad Muftie]
    =========
    Menurut saya bisnis tambak masih tetap menjanjikan Pak. Mahalnya harga pakan mungkin menjadi kendala besar. Justru bagi seorang pengusaha, kendala besar bukanlah penghalang untuk mundur teratur. Penghalang atau kendala harus dicari solusi-solusinya. Kalau ketemu satu solusi, bisa jadi solusi tersebut menjadi bisnis baru yang bisa membuat anda sukses. Karena orang lain juga pasti punya masalah yang sama dan ingin mendapatkan solusi yang sama.

    Misalnya saja, anda bisa menemukan komposisi yang pas agar pakan yang sudah mahal ini bisa digunakan secara efisien dan menghasilkan ikan yang besar2, pasti formula spt ini bisa dijual ke orang lain. Atau solusi-solusi yang lain. Jadi selain dapat hasil dari usaha tambak juga bisa dapat hasil dari memberi solusi bagi petambak yang lain.

  15. mei suryo mengatakan:

    bisnis networking
    amega global
    eamega.com
    sistem sangat sederhana 1 kanan 1 kiri komisi 30$ dan setiap ada penambahan 1 kanan 1 kiri dan kelipatannnya dapat 30$ dan kelipatannya. belanja 1 kali seumur hidup sampai ahli waris. potensi penghasilan sampai 100 000 USD perbulan ada jenjang karier sampai 5 tahap untuk mendapatkan 100 000 $, training, presentasi, setiap orang gabung dapat 3 hak usaha 1 hak usaha aktiv dan 2 hak usaha register. kaki dalam amega global cukup 2 tidak boleh lebih

    nomor kontak 081334969354 (mei suryo)

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Terimakasih atas informasinya. Bagi yang minat sama MLM, Silahkan di cek dan di pelajari baik-baik.

  16. jeane mengatakan:

    Hallo Pak Fuad, baca blog bapak benar2 bikin saya termotivasi untuk start action, krn selama ini saya cuma keep on dreaming untuk punya usaha buka toko pakaian anak sendiri. Dan kebetulan sekali saya ketemu blog bapak, sangat membantu saya yg sedang bingung maju mundur mau mulai atau tdk karena saya sangat awam di bidang buka toko ini. Banyak sekali pertanyaan saya yg saya bingung mau tanyakan ke siapa karena saya tdk ada teman yg punya toko jg.

    Oh ya pak, outlet jilbab rabbani yg di mal lippo cikarang itu punya bapak juga ya? Mohon maaf kalau boleh saya tau harga sewanya di sana? (kalau kurang relevan mohon via japri) Supaya saya punya gambaran harga sewa di mal itu karena rencananya saya mau buka conter kecil seperti itu di sana jg.

    Dan ada lagi pertanyaan saya, mengenai pegawai counter, yg saya bingung yaitu saya mesti mempekerjakan berapa pegawai untuk counter kecil begitu? Terus terang kalau 2 orang biayanya jadi besar kalau sesuai UMR, tapi kalau 1 org kasian jg nggak ada libur dan kalau dia sakit bagaimana, masak nggak jualan. Sedangkan saya ibu rumah tangga dengan anak 4 th dan nggak punya pembantu jadi nggak mungkin jaga toko sendiri. Itu yg jadi kendala saya.

    Terimakasih sebelumnya, sukses selalu.

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Mohon maaf saya tidak punya counter di mall lippo cikarang. Dan saya tidak tahu persis harga sewa kios di sana.

    Kalau buka usaha untuk pertama kali, jangan terlalu mencari kondisi yang ideal apalagi usaha sendiri bukan perusahaan patungan. Mulai saja dari yang mampu kita jalani, kalau mampu satu karyawan ya usahakan bisa jalan dengan optimal dengan satu karyawan, nanti perlahan diperkuat pondasi usahanya sehingga bisa merekrut dua atau tiga karyawan.

    Yang perlu dipikirkan bukan cuma kesulitannya saja, tapi pikirkan juga alternatif-alternatif solusi. Biar bisa tambah semangat. Karena satu masalah pasti ada banyak solusi, tapi satu masalah kalau cuma dipikirkan saja maka akan membuat dunia serasa kiamat.

    Kendala dalam bisnis pasti selalu ada, dan sudah pasti solusinya juga ada, tinggal pinter-pinter kita dan kreatifitas kita yang akan memudahkan jalan usaha kita.

    Semoga bisa membantu

  17. willy mengatakan:

    bagaimana warung di rumah saya biar barangnya tambah banyak,dan pembelinya bertambah.sementara toko saya menjual sembako,wartel,isi ulang air.adakah yang mau berbagi info atau join ………….

  18. fashion2us mengatakan:

    salam semuanya…
    saya minta info dimana bisa beli baju2 lokal langsung ke konveksi/produsennya? karna saya mau belajar buka kios di pasar di sumut..info please: fashiontous@yahoo.com atau sms 0819885063 dg linda, ditunggu info nya…makasih banyak…

  19. baharudin mengatakan:

    saya pny lahan ( rumah ) di daerah pantura tepat’a di tengah kota batang,tp saya msh bingung mau buka usaha apa ya…kiri-kanan saya sudah banyak yg buka usaha sprt perdagangan barang mentah dan barang matang….tolong bls ke email saya…
    trim’s

  20. agelindonesia mengatakan:

    sangat memotivasi pak, betul kita terkadang sudah mundur dulu sebelum mencoba tapi saya rasa kalau kita terus berusaha dan mencobanya pasti akan menemukan jalan kesuksesan..
    thanks for sharing

  21. agelindonesia mengatakan:

    Buat yang berminat usaha baru boleh liat2 http://agelindonesia.wordpress.com. Ini bisnis yang direkomendasi sama Rober Kiyosaki dan DOnald Trump karena marketing plannya berbeda (Baca Buku karangan RObert Kiyosaki berjudul Quadra Plan). Berbeda dengan yang lainnya, produk Agel inovatif, perusahaannya kuat dan sangat booming di banyak negara, dan yg terpenting marketing plannya besar.

  22. Nattavee Sinsakolphat mengatakan:

    Very interesting indeed!!
    **agel** site/blog.

  23. anaevy mengatakan:

    saya evie mau menawarkan celan leging,pakaian anak2x,pakaian underware untuk dewasa dan anak2x,produk makanan brownies n lapis legit dengan harga terjangkau,hubungi 081316801426

  24. Benar mas, peluang usaha ada dimana-mana. TErgantung bagaimana kita melihat dan memanfaatkannya. Salam kenal dari saya mas, Haris. Kunjungan pertama nih…:)

  25. Evo - Autocipta mengatakan:

    Dear Pak Fuad
    salam kenal, kami telah mencoba membangun bisnis kecil-kecilan dirumah, di Jl. Swadharma Raya, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, untuk buka jual beli tukar tambah mobil dan juga jaminan kredit, yang kebetulan dibackup oleh kakak yang bekerja di salah satu perusahaan otomotif terbesar di indonesia.
    untuk penyebaran informasi secara online kami mencoba membuat blog : autocipta.blogspot.com
    sebagai ajang promosi online kami, sudi kiranya bapak Fuad mengomentari blog kami, untuk kekurangannya dimana agar kami dapat memperbaiki, karena kami yakin akan bp Fuad telah banyak ilmu tentang dunia online meskipun masih suka merendah ( dari tulisan-tulisan Bapak;red)
    dan kami minta saran kiat-kiat pengembangan bisnis untuk bidang kami sekiranya bapak sudi membantu.
    terima kasih

  26. Arie D'vegans mengatakan:

    aslmkum bpk fuad
    kalau ada uang rencana saya ingin buat usaha konveksi karna ad tmn yg bs jahit, rencana saya cukup membantu sdikit dan mengurusi smua kebutuhan disana. tapi bagaiman cara saya bisa memasarkan ato cari pemasok? apakah saya harus buat konveksi dan kios sendiri? atau cari pemasok, tp dari mana saya cari pemasok? tolong balasanya . .
    trimakasih

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Saya blm punya pengalaman langsung berbisnis konveksi. Tapi sering berhubungan juga sich dg perusahaan konveksi. Kalau sepengamatan saya, sebelumnya sebaiknya anda niatkan mau main di segmen yg mana, ada konveksi yg orientasinya mencari makloon / subkontrak, ada konveksi yg orientasinya mencari order proyek seperti seragam sekolah, ada juga yg speaifik mengerjakan ordernya sendiri.

      Strategi pemasarannya juga pasti berbeda2. Kalau saran saya mending coba banyak2 bangun network untuk mencari partnet maupun pasar yang masih terbuka.

      http://bit.ly/bisnisandalan

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 127 pengikut lainnya.

