Peluang Usaha Yang Suka Datang Sendiri

Dulu sebelum membuka usaha, yang terpikir adalah peluang usaha apa yang bisa digarap. Saat terpikir untuk mencoba satu jenis usaha, ternyata masih juga kepikiran … bisa jalan nggak ya, …menguntungkan nggak ya. Kalau tidak ada keberanian memulai biasanya tinggal menjadi kenangan.

Sementara kita lihat orang lain koq bisa buka usaha ini buka usaha itu, dan semuanya jalan. Yang terpikir kemudian “apa sih rahasianya koq orang itu bisa”.

Ternyata jawabannya bisa saya pahami setelah kami bisa memiliki dan menjalankan usaha sendiri. Sekarang tawaran-tawaran kerja sama sering sekali muncul. Ada yang menawarkan franchise, ada yang menawarkan kios, ada yang menawarkan usaha lainnya. Yang sudah jelas-jelas kami manfaatkan adalah tawaran titip barang atau konsinyasi di Kios. Jelas kami diuntungkan karena tidak perlu keluar modal, kita mendapat barang yang bisa menyemarakkan kios.

Setelah memiliki toko, orang lain jadi percaya dengan kita dan mau sukarela menawarkan kerja sama dengan kita. Jadi kuncinya adalah kepercayaan. Orang sudah percaya kalau kita bisa menjalankan usaha. Dan tentu orang tadi ingin usahanya dijalankan oleh orang yang bisa kan?

Demikian juga kemarin siang, kami mendapatkan tawaran peluang baru yaitu bisnis laundry kiloan. Berbeda dengan laundry & dry cleaning yang sudah ada saat ini. Laundry kiloan menawarkan layanan yang lebih murah. Tentu saja target marketnya berbeda, cenderung untuk mengah bawah.

Kami ditawari untuk menjadi agennya dengan tugas menampung barang yang akan dicuci, pemilik laundry kemudian akan menjemput barang untuk dikerjakan. Setelah selesai barang kembali diantar ke kios dan menungu pelanggan untuk diambil lagi. Kami pikir, boleh juga untuk menambah Lead dan menambah income tentunya. Toch tidak keluar banyak modal.

Yang masih kami pikirkan adalah bagaimana dengan penanganan barang-barang yang akan dicuci yang tentunya akan menumpuk di kios meski cuma sebentar. Sementara kios rasanya sudah penuh dengan barang dagangan. Yang jelas, kami harus tetap fokus di Kios Addina, ini hanya peluang tambahan yang sayang kalau dilewatkan. :-)

Memang perlu pembicaraan dan pemikiran yang mendalam. Perlu menambah S.O.P. buat karyawan dan tentu perlu dipikirkan insentif bagi karyawan. Apakah akan dimasukkan sebagai omset kios atau diperlakukan sebagai usaha yang terpisah. Jalan masih panjang, tapi peluang ini cukup menarik untuk ditindaklanjuti. Sekalian sebagai sarana pembelajaran baru bagi kami, menangani beberapa bisnis sekaligus.

Kesimpulannya, bagi yang masih mikir-mikir nyari peluang usaha, jalani saja apa yang sudah di depan mata, nanti peluang peluang lain akan menghampiri Anda. Nggak percaya, buktikan dech…

Salam FUNtastic
Fuad Muftie
© 2007, http://fuadmuftie.wordpress.com

About these ads

20 Balasan ke Peluang Usaha Yang Suka Datang Sendiri

  1. Fajri Salim mengatakan:

    Assalamu”alaikum. Pak Fuad. terimakasih atas kunjungannya..Semoga kita bisa ketemu insyaallah untuk berinteraksi di mastermind jakarta timur, saya salut atas tulisan2 nya tentang motivasi yang bermanfaat bagi calon wirausaha, salah satu “buah” dari tulisan kita adalah,mempunya dampak baik bagi pembacanya. sehingga berubah kearah positif….semoga ini jadi ladang amal ibadah buat anda …..amiin.

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Wa’alaikum salam Pak Fajri Salim, Iya Pak di tunggu actionnya di Jakarta Timur.

    Mudah2an banyak yang mendapat pencerahan dari blog2 TDA dan bisa menjadi bola salju kebangkitan entrepreneru pemula.

    Salam
    FM

  3. Syam mengatakan:

    Marhaban Ramadhan. Selamat berpuasa dan semoga kita mendapatkan hikmahnya. Mhn maaf lahir & batin

  4. Bambang Triwoko mengatakan:

    Blog walking mas FM.
    Salam sukse untuk keluarga dan kios Adinna.

    Salam fuuntastics,
    Bb Triwoko – Jogya

  5. arifaji mengatakan:

    wah betul sekali pak.kalo sdh mencebur di bisnis, seringkali “peluang” datang tanpa kita undang dulu….yah harus pilah & pilih dulu..trus take action…

    Menyongsong bln suci Ramadhan 1428H yg insya Allah akan sgr menghampiri, kami skeluarga mohon maaf yang sbesar2nya atas segala khilaf, salah dan dosa.SLAMAT MENUNAIKAN IBADAH RAMADHAN 1428

  6. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Syam
    Sama-sama Pak, mohon maaf lahir & bathin & selamat berpuasa.

    @ Bambang Triwoko
    Sukses juga Mas, Betiga terus jaya…

    @ Arifaji
    Siip… Pak terus take action.

    Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan & mohon maaf lahir dan bathin.

    Salam
    FM

  7. sugianto mengatakan:

    alhamdulillah, sbenarnya dengan membaca tulisan bapak saya ingin lebih kenal terus kedalam “pribadi” & terlibat Aktifity sampean gitu, karena kudu . “MOVE” ….!!!.

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Sugianto, saya punya beberapa teman yang namanya sama: Sugianto. Jangan-jangan sudah kenal ya?

    Salam
    FM

  9. peluangusaha mengatakan:

    salut deh blognya inspiratif, saya juga sedang merintis usaha saya, mudah2an berkembang sesuai harapan.amin
    http://peluangusaha.ehostx.com

  10. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak,
    Sukses juga ya atas usahanya.

    Salam
    Fuad Muftie

  11. AlindA mengatakan:

    salam kenal.
    saya juga punya laundry kiloan nih..

  12. bambang mengatakan:

    Makasih pak, motivasinya. Cari kerja susah sekarang mendingan usaha sendiri.

  13. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Alinda
    Salam Kenal kembali dan sukses atas usahanya ya semoga terus berkembang besar….

    @ Bambang
    Hukum ekonomi berlaku : PERMINTAAN pekerjaan lebih besar daripada SUPLY pekerjaan. Berarti kalau kita bisa mencetak banyak pekerjaan akan cepat terserap dan banyak yang membutuhkan…

    Sukses buat usahanya ,,,

    salam
    Fuad Muftie

  14. cipta nm mengatakan:

    salam kenal….
    mas fuad saya juga sedang merintis laundry kiloan ne di kota garut jawabarat, kami punya visi untuk membuka laundry kiloan disetiap kabupaten diindonesia………..
    kita pake sistem jemput bola memakai gerobak cuci layak tukang roti……….
    bagi-bagi peluang usaha berbagi rizqy dan pengembangan bisnis bagi orang-orang yang mau belajar, semacam PKBM. alhamdulillah……ada blog ini yang membuat kita bisa berbagi ilmu dengan para wiraswasta yang mau usaha walaupun jauh…..

  15. Fuad Muftie mengatakan:

    salam kenal kembali cipta nm
    Sukses atas usaha laundry-nya ya, semoga cita-citanya bisa terwujud. Peluang laundry kiloan saya pikir masih terbuka lebar seiring kemajuan dan pergeseran budaya masyarakat kita.

    Usaha Anda cukup unik dengan menggunakan gerobak, karena saya belum pernah lihat ada di Jakarta dan baru dengar dari Anda. Semoga Anda bisa terus mengembangkan keunikan Anda.

    Salam
    Fuad Muftie

  16. Gunawan mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Saya juga berusaha sukses. Menjadi supplier juga bisa menjadi pilihan.
    Jika ada tamu yang ingin berkenalan silakan. Ada e-book “Tiga Langkah Menjadi Supplier Sukses”. Lihat di sinsibe . com
    Atau kirim e-mail ke: g_wibisana [@] yahoo . com. Usaha sendiri memerlukan kesabaran luar biasa, tentu saja perjuangan berat akan dihadapi oleh para pelaku usaha.

    Wassalaam,
    Gunawan

  17. Bobby Nugraha mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Wah betul pak, jika kita sudah terjun ke dunia bisnis memang peluang usaha suka datang sendiri. Dan jika kita terjun ke dunia bisnis memang kepercayaan merupakan modal buat keawetan usia bisnis kita.
    wassalam pak fuad

  18. Fuad Muftie mengatakan:

    Wa’alaikum salam Wr Wb

    @ Gunawan
    Terimakasih Pak tawarannya.
    Mengenai “perjuangan berat” mungkin bagi orang lain kita tampak berjuang berat, tapi kalau kita menjalani bisnis sesuai passion kita dan bisa enjoy menjalani prosesnya, mungkin perjuangan akan tampak menyenangkan dan seperti sedang main-main saja, gitu kan?

    @ Bobby Nugraha
    Setuju Pak, peluang datang saat kita siap menerimanya dan mau mengambilnya. Dan setuju juga kalau berbisnis harus diutamakan kepercayaan, sekali tidak dipercaya, ya.. sudah wassalam dech.

    FM

  19. assalamualaikum saya haickal umur 20 trimakasih atas saran anda yg sangat berguna bagi saya
    yang membuka inspirasi sya untuk menjadi lebih maju

    =====
    [Fuad Mufti]
    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat.

  20. ehhhhhhhhh lupa maaf ada yg mau nolongin saya ga? low ada tlp n sms ja ke 085862634626 makasih y sebelum nya……………………………………….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: