Kreatif Membuka Usaha

Hari ini blog saya kembali mendapat hadiah istimewa dari seorang ibu di Semarang yaitu Ibu Fauziah. Bukan hadiah berbentuk barang, tapi hadiah "komentar" yang sangat istimewa, karena bisa memberi kita (pengusaha pemula) suatu wawasan baru tentang bagaimana memulai usaha.

Saya yakin apa yang Bu Fauziah lakukan bisa dilakukan oleh siapa saja yang benar-benar MAU memulai. Kata MAU sengaja saya buat huruf besar, karena tanpa kemauan yang kuat, biasanya ide-ide hanya menjadi wacana, alias NATO (No Action Talk Only). Dan Bu Fauziah tidak berwacana tentang ide-ide bisnis, tapi mengambil tindakan nyata dengan langkah yang mudah dan terjangkau, tapi bisa memberi hasil yang melebihi perkiraan semula.

Saya ingat kedua anak saya, kalau menginginkan sesuatu dan kemudian saya beri tantangan, kalau sudah ada kata MAU apapun tantangannya akan dilakukan. Demikian juga, kalau Anda pembaca yang budiman MAU segera melangkah / mengambil tindakan nyata untuk memulai membuka usaha, saya yakin akan ada hasil yang akan Anda petik … cepat atau lambat.

So.. tidak perlu berpanjang lebar, saya kutip komentar Ibu Fauziah berikut ini :

"aww,

saya seorang ibu rt biasa, ingin memberi sedikit pengalaman yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi rekan2 lain yang ingin buka usaha dan masih ragu memulainya…..Saya baru memulai usaha hmpr 2 bulan, tepatnya sejak tanggal 24 Okt 07, berjualan apa saja…dari pakaian wanita, mukena, baju anak, batik,jilbab, dll…Bermula secara spontan tanpa banyak pertimbangan, dari niat membantu seorang teman yang ingin usaha tapi tak punya modal, jadi saya bantu dengan produk2 yang saya beli grosiran dari jakarta (kebetulan saya sering mondar mandir jakarta-semarang), lalu dia jual ke kantor dengan sistem cash maupun credit max 2bulan. Dari satu teman,berlanjut ada teman lain yang jg mau menjual barang2 saya , bahkan saya tawarkan ke guru anak saya…terus begitu hingga ada 5 orang yang saya percaya yang mau menjualkan barang2 saya.  Karena target saya bulan pertama hanya baru "mencari pasar", saya hanya mengambil keuntungan sangat minim dan membiarkan mereka menentukan harga penjualannya.

Satu bulan pertama, berdasarkan pantauan dari teman2 marketing atas produk yang diinginkan pasar, saya selalu mendatangkan produk2 baru tiap hari senin dan/rabu dan merolling produk2 tersebut setiap hari jumat ke masing2 marketing…sehingga produk tidak terlalu lama dipegang oleh 1 marketing dan variasi produk bisa dinikmati semua marketing dengan adil.. Genap 1 bulan, semua produk dikembalikan pada saya, saya istilahkan "opname produk" jg hari untuk setor hasil penjualan, sehingga saya bisa menghitung secara tepat omzet dan profit saya dalam satu bulan…sungguh terkejut saya mendapatkan omzet yang 4x lipat dari target yang saya rencanakan…, dan jumlah produk yang terjual mancapai 200pcs, shg saya berkesimpulan: dari modal yang saya keluarkan, bila bulan2 berikutnya dapat saya (dan teman2) pertahankan, saya cukup optimis  dalam 2-3 bulan akan bisa tercapai BEP,.. Padahal saya memulai usaha setelah lebaran, dimana sebenarnya pasar biasanya kurang bergairah…tapi ternyata sistem yang saya jalankan cukup efektif karena "menjemput bola"…walaupun terus terang saya hampir tidak mengeluarkan "keringat" karena saya hanya memanage saja, memberi sedikit training dan tentunya menerapkan open managemen…tak akan tercapai kesuksesan bila tanpa kerjasama yang baik dan ikatan yang kuat antar personal…sebagai ibu yang punya anak batita, tentunya waktu saya jd masih cukup banyak untuk mengurus keluarga. Semoga pengalaman saya membawa inspirasi dan semangat untuk yang membutuhkan…terutama bagi ibu2 rt yang lain,…

selamat memulai usaha…

wassalam"

Demikian komentar Bu Fauziah. Terimakasih banyak ya Bu atas komentarnya. Ada banyak aspek yang bisa kita perlajari dari langkah-langkah yang sudah Bu Fauziah ambil, khususnya bagi ‘pengusaha’ pemula, antara lain:

# Niat awal membuka usaha: bukan hanya mencari keuntungan. Ada niat mulia dibalik itu, mungkin niat yang sederhana yaitu ingin membantu orang lain, tapi itu mencerminkan sifat yang mulia. Untuk memulai usaha jangan egois memikirkan untung untuk diri sendiri saja.

# Nothing To Loose, atau mungkin lebih tepatnya Ikhlas menjalaninya, ikhlas mendapatkan untung yang kecil asal orang lain bisa dapat untung. Bisa juga diartikan, buka usaha boleh dan syah-syah saja berharap dapat untung, tapi kalaupun gagal, kita siap menerima akibat / resikonya.

# Target yang terjangkau: Seperti yang Bu Fauziah tulis, target pertama hanya mencari pasar. Coba kalau target pertama sudah dipatok terlalu tinggi misalnya harus untung sekian juta, mungkin ceritanya akan lain. Demikian juga kami di Kios Addina, awalnya kami membuat target yang realistis dan boleh dibiliang sangat kecil. Sekali kita bisa mencapai target pertama, maka untuk menetapkan target berikutnya yang lebih besar kita bisa semakin yakin. Sama seperti naik tangga, selalu diawali dari tangga terendah yang sangat mudah terjangkau.

# Kreatif : Mungkin selama ini kita selalu terpaku pada keinginan sendiri bahwa untuk membuka usaha pakaian harus ada tokonya. Bu Fauziah justru punya ide lain, tidak perlu membuka toko (benar kan Bu?), cukup menggunakan jasa pemasaran yang direkrut dari lingkungan sekitar. Ide yang sederhana, brilian, dan kadang tidak terpikir oleh kita. Padahal sebenarnya contoh model usaha seperti ini sudah banyak, MLM misalnya, atau usaha direct selling lainnya. Tinggal lakukan ATM = Amati, Tiru, Modifikasi.

Demikian juga kreatif dalam memutar barang dagangan. Antar pemasar, barang-barang yang tidak laku saling dipertukarkan. Karena memang sering terjadi di tempat yang satu barang A tidak laku, tapi di tempat lain barang yang sama akan mudah laku.

# Bentuk sistem : Sesederhana apapun usaha kita sebenarnya ada sistem di dalamnya. Masalahnya kadang kita biarkan sistem tumbuh liar, tidak kita arahkan dan tidak kita pelihara. Nah Bu Fauziah, juga sudah membentuk sistem, dari sistem pemasaran, sistem stok opname, sistem perhitungan omset dan keuntungan, sistem manajeman produk dan manajeman tenaga pemasar, ada sistem traningnya juga dan sistem lainnya. Tinggal dikembangkan sistemnya ya Bu.

Itu antara lain yang bisa saya petik hikmahnya dari komentar Bu Fauziah, barangkali ada pembaca lain yang ingin berkomentar atau memiliki ide atau pengalaman serupa, kita bisa saling berbagi.

Wassalam & Salam FUNtastic!
Fuad Muftie
© 2007,
http://fuadmuftie.wordpress.com/

About these ads

49 Balasan ke Kreatif Membuka Usaha

  1. Isparmo mengatakan:

    Menurut saya hal-hal yang harus dilakukan ketika akan memulai berbisnis adalah :
    1. Mempunyai impian atau visi hidup yang jelas dan tertulis
    2. Mempunyai alasan yang kuat kenapa harus berbisnis
    3. Mempunyai bayangan yang jelas, apa yang akan terjadi jika tidak segera memulai bisnis
    4. Mempunyai pengetahuan tantang bisnis yang akan dijalankan (bisa dari buku, radio, televisi, nara sumber dll)
    5. Mempunyai referensi dan kenal orang yang telah sukses dibidang bisnis yang akan digelutinya
    6. Mempunyai target yang jelas dan dibatsi dengan waktu
    7. Menyusun step-step bisnis
    8. SEGERA TAKE ACTION, jangan cuma rencana dan tertulis di atas kertas

    Semoga bermanfaat

  2. indah mengatakan:

    waduh….good idea…bisa dicontoh ni….

  3. AR Junaedi mengatakan:

    Tulisan Pak Fuad, selalu saja menginspirasi banyak orang termasuk saya. Keep sharing ya Pak.

    Dan ada PR nih buat bapak, kalau berkenan lho. Lengkapnya bisa dilihat di blog saya.

    Sukses ya!
    AR Junaedi

    http://junaedi2010.blogspot.com

  4. mamadjuwi mengatakan:

    Tulisan mas FM memberikan masukan yg banyak utk saya, karena awal tahun 2008 saya ingin membuka usaha dagang mukenah kecil2an dari rumah,ide dari ibu Fawziah bagus sekali.Sekali lagi terima kasih semoga usah anda tambah sukses dii tahun mendatang.

  5. Dyah mengatakan:

    Pak,
    Jadi penasaran nih dengan toko Adinna yg baru, ayo diposting dong fotonya, dan juga sharing dapetin rukonya, sy tunggu lho. Saya insyallah datang di Milad TDA, ketemu di sana ya!!

  6. Muhammad Zulfikar mengatakan:

    Keren2, thanks buat infonya

    Salam kenal pak , kunjungi blog saya jg di http://zulfikars.org

  7. [...] kemudian beliau posting khusus secara meluas disertai masukan2 berharga bagi pembacanya (lihat: http://fuadmuftie.wordpress.com/2007/12/18/kreatif-membuka-usaha/ ), saya jadi tergerak untuk membuat blog pribadi untuk menceritakan lebih detail maupun memberi [...]

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Pak Isparmo
    Terimakasih sudah melengkapi tulisan saya. Memang point yang ke-8 adalah yang menentukan, karena sesiap apapun kita, kalau tidak segera mengambil tindakan nyata, juga akan sia-sia saja, alias OMDO (Omong Doang)

    @ Bu. Indah
    Ingat pesan Pak Isparmo, segera ambil tindakan biar cepat terwujud. Dan bagi pemula langkah mencontoh adalah yang paling mudah dan relatif aman. Selamat berkarya

    @ Pak AR Junaedi
    Waduh, ditegur nih buat bikin PR. Saya pikirkan dulu Pak. Saya tidak biasa membuat resolusi / rencana-rencana. Sudah beberapa kali mencoba mengikuti nasehat di buku-buku untuk membuat rencana yang S.M.A.R.T, jarang terwujud, malah sering diketawain dan dibilang OMDO. he.. he.. he..
    Justru kalau mendapat inspirasi-inspirasi yang bisa cepat terwujud.

    @ Bu Mamadjuwi
    Terimakasih Bu, sesuai pesan Bu Fauziah, semoga tulisan Beliau bisa menginspirasi banyak orang. Dan Buat Bu mamadjuwi, selamat memulai, semoga dari awal yang kecil-kecil bisa terus berkembang, maju, dan barokah. Saya selalu ingat bahwa segala yang besar selalu diawali dari sesuatu yang kecil. Jarak yang jauh ditempuh dengan awal langkah-langkah yang kecil dulu. Nikmati prosesnya dan jangan ditunda-tunda.

    @ Bu Dyah
    He.. he.. he.. fotonya sich sudah ada Bu, cuma karena keterbatasan koneksi internet, saya blm bisa memasang fotonya. Masih ‘fakir’ bandwidth Bu. InsyaAlloh kalau sempat ke warnet atau dpt koneksi yg cepat saya coba posting gambar-gambarnya. Atau nanti kalau ke Jakarta mampir saja ke toko saya Bu, biar nggak penasaran lagi :-)

    @ Pak Muhammad Zulfikar
    Salam kenal kembali dan sudah saya kunjungi, nice blog dan selamat berkarya, semoga bermanfaat bagi masyarakat luas :-)

    @ Izhayusmal (a.k.a. Bu Fauziah)
    Saya ikut gembira Ibu berkenan merilis blog baru, seperti pesan sahabat Ali ra agar kita senantiasa mengikat hikmah / ilmu dengan menuliskannya. Sekecil apapun yang kita tuliskan InsyaAlloh dengan niat baik dan ikhlas akan memberi manfaat dan dampak bagi masyarakat luas generasi sekarang dan mendatang.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  9. apri mengatakan:

    God…idea he he langkah memulai itulah yang sulit pak,kebetulan saya ini mencari finanasial di dua jalur yaa… TDB sekaligus TDA,Saya mohon doa restu Insya Allah februari launching toko busana muslim saya,sampai saat ini masih proses siih dan saya yakin Allah sennatiasa menolong saya. Trus saya mau nanya nih gimana sih buat blog yang baik? gimana caranya mencatumkan kolomk patner dan komunitas,thanks

  10. Fuad Muftie mengatakan:

    Saya ikut mendoakan, semoga usaha yang Pak Apri rintis bisa terus maju, barokah, dan bermanfaat luas.

    Untuk membuat kolom partner dan komunitas spt punya saya, tinggal manfaatkan fasiiltas widget yang bisa dibuka lewat dashboard. Gunakan widget text kemudian kita isi teks di dalam Widget-Text tersebut dengan kode html yang kita inginkan.

    Misalnya untuk mencantumkan gambar komunitas TDA, kode html-nya bisa diambil dari mediasolusindo.com. Untuk yg gambar di Partner, kodenya bisa diambil dari masing2 partner kita.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  11. refi mengatakan:

    hii temen2 ada yang tertarik tuk join buka kafe di malang ga . klo ada email ke emailq”ve4rye_ckp@yahoo.com”

  12. ajeng mengatakan:

    blognya bagusss. semoga saya bisa mencontoh bpk2 dan ibu2 yg sdh duluan sukses di dunia bisnis. amiin. terus bagi2 ilmu ya pak.. boleh saya link ga pak? thanks.

  13. Fuad Muftie mengatakan:

    @ ajeng
    Ayo cepat ambil tindakan alias take action sebelum menyesal kemudian lho…
    Sukses selalu diawali dari sebuah tindakan lho..

    FM

  14. Bintang mengatakan:

    Menginspirasi !! simple & dasyat

    Bintang
    Penjual Toko busana online
    http://www.grosirpasarklewer.com

  15. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak / Bu Bintang. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi pemula dan Sukses selalu atas grosir pasar klewernya. Nice webstore.

    FM

  16. Bunda Reinatha mengatakan:

    Tulisan bpk FM banyak memberikan masukan, inspirasi dan semangat bagi saya yang baru saja memulai bisnis dari 0.
    Apa yang dilakukan bu Fauziah juga saya lakukan, sebelum saya mempunyai kios pakaian sendiri (alhamdulillah sudah berjalan 3 bln), saya juga menjalankan bisinis seperti ibu Fauziah, padahal awalnya hanya iseng dan ingin membantu saudara yang baru di PHK dan hasil dari bisnis ini ternyata alhamdulillah lumayan juga, dan kemudian ada tawaran datang dari bibi yang mempunyai kios kosong di salah satu pasar di Jakarta Utara untuk di tempati, dengan modal yang minim & mengucap basmalah saya memberanikan diri untuk membuka usaha pakaian kecil-kecilan dulu, jadi sekarang ini saya mempunyai toko pakaian kecil-kecilan sambil menjalankan kreditan pakaian, untuk pengelolaan toko & kreditan semua dilakukan oleh saudara saya, sementara saya sendiri masih jadi “kuli” di perusahaan swasta. Jadi istilahnya toko pakaian & usaha kreditan saya adalah usaha sampingan saya.
    Mohon doa nya pak biar usaha saya lancar & sukses seperti bapak..Amin!
    keep sharing info & experiencenya ya pak.

    Wassalam
    Bunda Reinatha

  17. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Bunda Reinatha, cerita Anda sangat inspiratif dan bisa menjadi contoh siapa saja yang ingin membuka usaha, yang penting mulai saja dulu. InsyaAlloh pelan-pelan akan ketemu jalannya. Coba kalau Ibu nggak pernah memulai berjualan pakaian mungkin tidak akan ada tawaran kios tersebut.

    Saya usul buat Bunda Reinatha, bagaimana kalau bisnisnya jadi bisnis utama sedangkan kuli di perusahaan jadi sampingan, gitu kan lebih seru, he.. he.. he…

    Sekali lagi terimakasih Bunda, semoga bisa menjadi pemicu rekan2 yang lain untuk berani mengambil keputusan segera memulai usaha.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  18. irfan mengatakan:

    menarik dan inspiratif saya baru mulai usaha online pakaian batiklosc5.com

    =====
    [Fuad Muftie]
    Sukses Pak atas usahanya di batiklosc5, semoga banyak order dan sukses selalu.

  19. samuel mengatakan:

    Woow bagus membuat insprirasi kitaterbuka ingin membuka lebih lagi.

    Klo berkenaan yg lebih lengkap boleh di lihat di;sahat-menjalinbisnisyangakurat.blogspot.com

    =====
    [Fuad Muftie]
    Terimakasih.

  20. dede mengatakan:

    Ass. Wr. Wb.
    Bagi bapak2/ibu2 yang membutuhkan supplier untuk baju dan perlengkapan bayi serta produk2 fashion (pria/wanita) dengan harga super sale (mulai harga ribuan/belasan ribu) dapat menghubungi saya lewat email di the_first_dede@yahoo.co.id

    bagi yang ingin mengajukan proposal kerjasama dapat pula mengajukan ke alamat email dimaksud….

    terimakasih kepada fuadmuftie atas kesempatan yang diberikan….. Wassalamualaikum. Wr.Wb

    • afrina mengatakan:

      ass.pak dede
      slm kenal pak….saya afrina,mw tanya klo mw
      info lebih lanjut blh minta no.telpon yg bsa di hubungi ga pak??saya cukup berminat menjalin kerjasama dengan bapak…
      terimakasih….

  21. inda mengatakan:

    info yang bagus sekali. saya jg sedang mengawali bisnis serupa dengan ilustrasi di atas

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Terimakasih, semoga bermanfaat dan semoga usaha anda terus berkembang dan barokah

  22. yernita Anshory mengatakan:

    pak mufti…saya malah binggung berat ne…ada rekanan yg ngasih uang buat buka usaha, saya boleh ditolong untuk memebuat proposalnya…karena saya binggung menentukan dan apa saja yg harus dimasukkan sebagai modal awal (resto padang)…terimakasih

  23. Dani mengatakan:

    Ass, salam kenal, saya seorang karyawan swasta, saya ingin sekali berjualan jilbab rabbani, tapi belum mempunyai kios, bagaimana caranya? dan harus kemana belanja awalnya?

  24. Chito mengatakan:

    Wah,matep bgt nuh,keren..Bener2 inspiratif,mksh shar ilmu nya,mg kebaikan ny di bales ma YME,Allah SWT,amiin

  25. Asep S mengatakan:

    sangat mencerahkan saya…trims.

  26. pak Mufti…minta izin ya,buat temen yang belum punya usaha alias nganggur saya mengajak untuk buka usaha jual pulsa,modal cuma 100 ribu sudah bisa jualan pulsa semua operator,untuk jelasnya boleh kunjungi blognya di http://epulsaelektrik.blogspot.com

    Terima kasih,

    Asep S

  27. putri mengatakan:

    saya ingin buka usaha sendiri sepulang kerja sore hari.kebetulan orangtua aku punya kios jahi baju dekat rumah dan sekitarnya sudah ada salon, bengkel motor, warung bakso dan mia ayam.usaha apa yang cocok buat saya ya

  28. riyani mengatakan:

    asyik sih pak…masalahnya, aq g punya modal.gmn donk?

  29. dedi pageriawan mengatakan:

    Segala keputusan disertai tindakan yang nyata mungkin belum tentu ada hasilnya. Namun Sebuah hasil kesuksesan akan selalu ada tindakan sebelumnya…
    Luar Biasa

  30. syahrul mengatakan:

    Saya banyak stok baju Balita dan anak-anak dengan merek terkenal dan berkualitas tapi dengan harga miring. Silahkan bagi yang berminat hub. email syahrulcool@yahoo.com

  31. syahrul mengatakan:

    PELUANG USAHA. Bagi yang berminat untuk buka usaha, saya menjual baju bermerek dan berkualitas dengan harga distributor. email: syahrulcool@yahoo.com

  32. bambang UN mengatakan:

    sudah lama saya ingin memulai usaha sendiri,sering terpikir oleh saya bahwa masa kerja 20 th, saya akan ganti pekerjaan, karena semakin lama juga semakin lelah kerja kantoran dari pagi sampai malam.suatu saat saya ketemu dengan seseorang yg juga memulai usaha baru yaitu berkebun buah lengkeng, saat ketemu dia rasanya,kepengin punya usaha itu. Namun, sebenarnya dalan hati saya, dan sudah sejak lama kepengin punya usaha transportasi antar kota Jakarta/Bekasi-Jogyakarta, termasuk kargonya. Setiap kali sholat Istikharoh yg munculadalah punya usaha transportasi antar kota tsb. Bahkan saya sudah punya nama perusahaan dan mottonya.Saya sudah memiliki 1 mobil, apakah mungkin bisa sewa dan segera memulai usaha dengan cara menyewa mobil orang lain. Motto usaha saya ‘ As private car’, ingin saya setiap orang yg naik mobil saya, bisa sholat kapan saja, mau ke tolitet kapan saja.Ada yg bisa bantu untuk bisa mewujudkan mimpi saya ini.

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Bagus sekali Pak visinya, belum banyak penyewaan mobil yg memiliki moto seperti itu. Terus terang saya kurang paham tentang bisnis transportasi. Meski demikian saya yakin bisnis transportasi masih menjanjikan asal kita bisa tepat memilih segment dan pelayanannya.

      Saran saya, ikutlah bergabung dalam forum atau komunitas pengusaha transportasi Pak. Mereka sudah pasti satu pemikiran dengan Bapak dan punya vibrasi yang sama. Asal jangan terjebak dalam “persaingan” tidak sehat. Lakukan silaturahim dan berkenalan dg pengusaha transportasi di sekitar Bapak. Dari situ mungkin akan tercipta sinergi yang menguntungkan. Misal Bpk punya 1 mobil tapi ada orang lain yg mau sewa 2 mobil, sehingga bisa pinjam 1 mobil lagi ke temen Bapak. Dan sebaliknya kalau yang lain sedang kekurangan mobil, bisa pinjam dari Bpk. Yang penting jalin networking dan bangun trust (kepercayaan).

      Kalau sudah bisa melangkah kecil, insyaAlloh langkah2 besar untuk mewujudkan mimpi besar menjadi semakin terjangkau dan mudah diraih. InsyaAlloh.

      Semoga bermanfaat

    • agenfery mengatakan:

      Membuka usaha travel saja pak, usaha pasaran yang laris dalam tahun ini untuk ke depannya di sini pak keterangan lengkap nya peluangusahakemitraan.blogspot.com

  33. ardiana joko mengatakan:

    aww..saya sangat kepengin skali untuk terjun dunia usaha,tp cara awalnya hrs bagaimana &usaha apa yg harus saya jalani sedangkan modal saya sangat minim.tolong beri pengarahan dr bpk/ibu.tks.wss…

    • agenfery mengatakan:

      ada usaha mas untuk membuka usah travel agen, usaha yang ramai dalam akhir – akhir ini banyak sekali pelanggan untuk memesan tiket pesawat, biaya nya 3.5 juta untuk sub agen dan 65 juta untuk buka cabang kami untuk system dan peralatan nya itu sudah kami siapkan…
      peluangusahakemitraan.blogspot.com

  34. Sasang Priyo Sanyoto mengatakan:

    bermanfaat sekali tulisannya, gan. Mampir di forum kita ya, agan. Tulisan agan pasti bagus dan bermanfaat. Di Forum UMKM Indonesia di family.refreshindonesia.com

  35. agenfery mengatakan:

    Artikel yang bagus gan, ini bisa membuat insfirasi bagi kita semua, semoga usaha yang kita jalankan ini berjalan dengan lancar…
    saya juga ada produk buat usaha, membuka usaha travel agen tiket pesawat sebagai cabang dengan legalitas yang dan peralatan kantor yang sudah di siapkan dari kantor kami
    kunjungi web nya saja untuk lihat – lihat siapa tau ada jodoh…
    peluangusahakemitraan.blogspot.com

  36. Khairu Lfuadi mengatakan:

    birotiket-travel-murah blogspot com

  37. Vanny Sagita mengatakan:

    saya ingin usaha tapi tak ada modalnya buat usaha

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Buka usaha tidak harus terpaku dengan modal, banyak koq model bisnis dengan modal sangat-sangat kecil. Contohnya bisnis online, banyak yang menawarkan sistem dropshipping. Kita cuma butuh modal koneksi internet dan kemauan serta kerja keras aja. Sama mungkin sedikit modal pulsa untuk SMS-an.

      Yg penting kreatiflah melihat peluang, menangkap peluang, dan menggarap peluang.

  38. Cara Bisnis Pulsa mengatakan:

    jumpa lagi bang..

  39. Dwi Yuda mengatakan:

    thank’s :)
    I like it :)

  40. mantramgayatri mengatakan:

    pengusaha itu harus kreatif supaya survive bahkan bisa financial freedom. ayo jadi pengusaha dan pakai T-shirt Entrepreneur tiap hari supaya termotivasi menjadi pengusaha sejati http://t-preneur.com/

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 128 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: