Amalan Penglaris Bisnis

Siang ini saya menengok-negnok statistik blog ini. Pingin tahu saja berapa banyak yang sudah berkunjung hari ini sama kata kunci apa saja yang dipakai orang sehingga sampai mampir ke blog saya ini.

Kebanyakan menemukan saya dengan kata kunci nama saya sendiri yaitu Fuad Muftie. Kalau dari sisi SEO kata kunci ini nggak bonafide karena memang saya sendiri yang punya. Menjadi menarik kalau orang menemukan blog saya dengan kata kunci yang punya nilai komersil dari sisi SEO.

Saya tidak ingin membahasnya, cuma siang ini saya menemukan kata kunci yang menggelitik yaitu seperti judul arikel ini “Amalan Penglaris Bisnis“. Saya coba googling ternyata dengan kata kunci tersebut artikel saya berjudul Fenomena Penglaris menempati halaman pertama google.co.id

Nggak ada yang istimewa sich. Yang menarik bagi saya adalah munculnya pertanyaan dalam benak saya, yang dicari itu sebenarnya  “amalan” apa ya? Apakah dalam artian seperti amalan keruhanian, atau amalan yang bersifat ilmiah (praktis). Maklum kita orang Indonesia kalau mendengar kata-kata ‘amalan’ sering berkonotasi klenik-klenik.

Kalaupun ada orang yang menanyakan apa sich amalan yang bisa membuat bisnis kita laris? Jawabnya banyak sekali faktornya.

Amalan yang paling utama adalah IKHTIAR atau bahasa kerennya ACTION. Gimana mau laris kalau kita nggak ambil eksyen kan? Terus perlu juga amalan yang bernama PROMOSI. Promosi juga banyak seluk beluk dan amalannya. Kalau di toko saya, promosi paling mujarab dan paling ampuh ternyata adalah word of mouth (dari mulut ke mulut). Kemudian faktor lainnya adalah lokasi dengan dibumbui amalan memasang banner di depan toko. Juga dari promosi atas bantuan suplier.

Amalan lainnya mungkin PELAYANAN di toko, semakin bagus layanan di toko InsyaAlloh pelanggan semakin senang, semakin sering datang, sehingga toko semakin laris. Juga dari faktor barang dagangannya, kalau kita berjualan barang yang benar-benar dicari orang, peluang larisnya jelas lebih besar. Makanya kita perlu melakukan amalan dengan menaruh barang dagangan yang memang dicari pelanggan dan menempatkannya dengan posisi yang tepat di toko.

Kalau amalan ruhaniah, jelas besar sekali pengaruhnya. Manusia hanya bisa berikhtiar, Tuhanlah yang menentukan. Begitu kira-kira. Kalau mengikuti anjuran para pemuka agama, agar bisnis laris, jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri pada Alloh SWT. Setiap habis sholat amalkan do’a untuk toko / usaha kita. Kalau mampu lakukan amalan puasa sunnah dan tambah sholat sunnahnya, dll. Terus seperti nasehat ustadz Yusuf Mansur, agar bisnis lancar dan laris perbanyak shodaqoh, keluarkan zakat dari hasil keuntungan kita. “Shodaqoh tidak akan mengurangi rejeki kita, Belum pernah ada orang jadi miskin karena shodaqoh”, begitu yang sering saya dengar dari nasehatnya Aa Gym.

Amalan lainnya adalah rajin-rajinlah bersilaturahim. Silaturahim sudah terbukti bisa mendatangkan rejeki. Dari kecil dulu kita sudah diajari, kalau kita sering bersilaturahim kita akan dapat uang jajan lebih banyak lagi, he… he.. he… Eh, tapi ini serius, kami sering mendapatkan solusi dan peluang bisnis saat bersilaturahim ke rekan, saudara, atau orang lain. Bahkan sering solusi tersebut kami peroleh bukan dari sesama pebisnis.

Begitu kira-kira amalan yang bisa kita amalkan agar toko kita bisa laris manis tanjung kimpul…..

Atau dari pembaca barangkali ada masukan amalan yang lain yang ilmiah tentunya atau kalau amalan ruhiyah yang sesuai standar syar’i tentunya ya …

Salam FUNtastic & MERDEKA!!!

Fuad Muftie
© 2008, http://fuadmuftie.wordpress.com/
2 Tahun Toko Addina, Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 40, Perumnas Klender, Jakarta Timur, 021-9828 4731
~ Distro Jilbab, Kerudung, Busana Muslimah, Busana Muslim Anak, Aneka Produk Herbal, dll

“Benahi diri, Menuju Indonesia yang membanggakan!”

37 Balasan ke Amalan Penglaris Bisnis

  1. Andri mengatakan:

    salam kenal pak. saya dari Medan, member milis tda.
    setuju bahwa sedekah dan silaturahim melancarkan rizki.
    semoga kita semua makin sukses dunia dan yang mesti…akhirat.

  2. wiwith mengatakan:

    Tulisan anda sangat rasional dan mudah dipahami. terimakasih telah berbagi ilmu untuk sesama umat… salam. http://www.gayasalon.blogspot.com

  3. an1k03a mengatakan:

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    infogue.com
    ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/amalan_penglaris_bisnis

  4. arhan mengatakan:

    salam kenal juga pak.
    bapak dari Wonosobo juga ya?
    kalo sy dr Wadaslintang ;)

    amalannya mantap² Pak. perlu disesuaikan nih dg amalan utk toko online ;)

  5. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Andri
    Salam kenal juga Pak dan salam silaturahim semoga rejeki kita lancar terus setiap hari..

    @ wiwith
    Terimakasih , semoga bermanfaat

    @ an1k03
    Maaf komentar Anda saya edit, karena dianggap spam sama wordpress. Terimakasih juga tas informasinya.

    @ arhan
    Wah seneng juga dapat sedulur satu kampung dari wonosobo, saya sich dari Kertek. Mudah2an menambah erat tali silaturahim

    Fuad Muftie

  6. [...] Agustus 25, 2008 Amalan Penglaris Bisnis Posted by investasiabadi under Bisnis Muslim, Investasi Dunia Akhirat | Tag: Amalan, Bisnis, Formula |   Amalan Penglaris Bisnis [...]

  7. edi d purwanto mengatakan:

    kalau mau ekspan ke kalimantan boleh saja….. kita dukung ok.

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    Pingin banget bisa ekspansi kemana-mana, its my dream. Cuma ya itu tadi masalah klasik juga : modal belum cukup kalau ekspansi sendirian, kalau mau ngajak mitra lain, belum PD.

    FM

  9. HeruUtomo mengatakan:

    Bermitra…. kayaknya bakalan menarik.
    Salam kenal Pak Fuad Mutfie, saya heru utomo – member TDA baru bulan Juli 2008.
    Saya ya jualan Herbal Muslim ya grosirin peci ( grosirpeci.com ).
    Pingin silaturahim ke tempat Bapak boleh ndak… barangkali bisa mewujudkan sesuatu yang bermanfaat buat lebih banyak orang … saya di 0812 860 3523

  10. Fuad Muftie mengatakan:

    Betul Pak, bisnis besar pasti melibatkan banyak mitra (investor) dan tidak mungkin dijalankan sendirian. Mesti banyak belajar nich buat menjalin kemitraan dg banyak pihak.

    Kami selalu terbuka Pak, silahkan saja dan kapan saja InsyaAlloh kami siap menerima kunjungan Bpk.

    FM

  11. usahausaha mengatakan:

    Amalan mantap Pak. Tapi hati-hati aja dengan riba. Mudah-mudahan modal usaha nya enggak pakai uang bank yang pakai sistem ribawi. BAHAYA !!!

    Salam kenal Pak, saya dari Bandung, lagi mencoba cari ide usaha juga….

  12. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak telah mengingatkan, tapi tidak semua uang bank itu riba lho Pak, kan ada bank syariah. Mudah2an bank-bank syariah yang ada sekarang bisa terus menambah produk2nya sehingga bisa menggantikan produk2 bank konvensional.

    FM

  13. anshar mengatakan:

    Terima kasih atas infonya

  14. Bobby Nugraha mengatakan:

    Artikel Anda bagus pak,
    Kalo menurut saya memang cara paling ampuh menglariskan dagangan adalah dengan mengutamakan pelayanan kita, semakin senang pengunjung dengan pelayanan kita maka pengunjung semakin senang lagi mereka mengunjungi kita dan bahkan dia bisa menjadi free promoter buat kita atau seperti yang bapak sebut promosi dari mulut ke mulut. Saya kadang kecewa dg orang yg melayani pengunjung dg acuh, mereka tidak sadar padahal uang yang mereka terima dari bisnis mereka kan rata-rata dari pelanggan mereka.
    Tapi biar tambah laris jangan lupa kualitas produk kita juga donx, sukses buat bapak!!!

  15. leli mengatakan:

    bapak dari wonosobo?
    saya dari temanggung pak.
    saya suka tulisan bapak, saat ini saya menjalan kan usaha saya di jogja..
    tulisan2 seperti punya bapak ini sangat berguna u/ recharge motivasi para pengusaha..terutama pemula seperti saya,,

    ^_^

  16. Sumilih mengatakan:

    Penglaris bisnis memang sebagai cara utama untuk menarik atau memikat pengunjung, cara ini bertujuan agar clien diharapkan tidak merasa bosan.
    Tapi ada beberapa Toko kalau pelanggan datang mau beli/lihat-lihat selalu diikuti oleh penjaga/pelayan toko, cara seperti itu banyak pelanggan yang tidak senang dan membosankan, karena merasa tidak nyaman seolah-olah tidak dipercaya oleh si-pemilik toko maka pengunjung banyak yang males kembali lagi ke toko tersebut, semoga bermanfaat

    salam

  17. Fuad Muftie mengatakan:

    @ anshar
    Sama-sama Pak semoga bermanfaat

    @ Bobby Nugraha
    Yup setujua Pak Bobby, saya dan istri juga baru saja mengalami pelayanan yang amat buruk dari salah seorang pedagan. dan apa yang terjadi berikutnya, saya tidak ingin lagi berhubungan bisnis dengannya dan saya akan merekomendasikan orang2 di sekitar saya untuk tidak berbisnis dengannya. Kejam ya :-) tapi begitulah pelayananan memang harus menjadi salah satu prioritas dalam membesarkan dan menglariskan bisnis kita.

    @ leli
    Bu Leli salam kenal Bu, iya saya dari Wonosobo Bu.
    Wah enak dong punya bisnis di dekat tanah leluhur, sukses selalu ya Bu, semoga usahanya lancar, terus berkembang, barokah, dan banyak memberi manfaat bagi orang banyak.

    @ Sumilih
    Kayaknya kita punya definisi “penglaris” yang berbeda dech Pak.
    Mungkin maksud Bapak sama seperti Pak Bobby yaitu kita sebaiknya memberi pelayanan yang baik bagi pengunjung toko kita dan jangan membuat mereka malah ketakutan dan lari ketakutan hiiii….

    Sukses ya Pak.

    Fuad Muftie

  18. Kang adek mengatakan:

    Ya,ibarat oli,sedekah dapat melicinkan roda bisnis kita supaya dapat melaju dengan kencaaang…

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Sangat setuju Pak.

  19. Dicky mengatakan:

    Saya sangat setuju dengan semua ide bpk yg sangat cemerlang tentang penglaris terimakasih banyak

  20. ARIEF PARIDI mengatakan:

    Selain pelayanan yang baik dan ramah perlu berdo’a dan laksanakan shalat tahajud shalat duha puasa senin kamis dan baca surat yassin 1x dan surat Alwaqi’ah 1x setiap selesai shalat subuh selamanya setelah selesai berdo’a minta rizki yang gampang,banyak,jembar,halal, manfaat dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Terimakasih Pak Arief atas masukannya. Alhamdulillah sebagian sudah dijalankan, sebagian yang lein belum. Yang terberat adalah istiqomahnya Pak. Mudah2an kita semua tergolong orang-orang yang selalu istiqomah di jalan yang diridhoi Alloh SWT Aaamiiiin

  21. ARIEF PARIDI mengatakan:

    Insya Allah kalo sesuatu pekerjaan apa saja diniatan dengan niat karena Allah akan menjadi berkah dunia akhirat, kalo usaha dagang kita harus pintar menjual dan membeli dagangannya untuk grosir ato untuk eceran kita membeli dengan harga rendah tapi kwalitas baik, kemudian menjualnya dengan mengambil keuntungan sedikit tapi banyak terjual, jaga kondite (nama baik)perusahaan dimasyarakat dan jangan lupa sisihkan zakat 2,5% dari keuntungan yang didapat, perbanyak sodakoh,Insya Allah perusahaan akan tumbuh subur,seperti tumbuhan yang disiram dan dipelihara akan subur dan beranak pinak dari satu pohon bisa menjadi puluhan pohon bahkan ratusan pohon, begitu juga perusahaan kalo kita sirami dengan do’a, zakat, dan sodakoh,Insya Allah dari satu perusahaan bisa menjadi beberapa perusahaan.Sekian semoga bermanfaat.

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Terimakasih Pak Arief Paridi, memang demikian seharusnya langkah yg mesti diambil para pengusaha. Tidak fokus di profit-profit-profit saja. Selalu ada faktor X yang harus terus dijalani, dipupuk, dan dipelihara. Memang secara logika faktor X tidak ada kaitannya langsung dg profit. Tapi bagi yg sudah berbisnis dan mengamalkan amalan tersebut, insyaAlloh pasti akan tahu betapa dahsyatnya efek dari niat, zakat, dan do’a terhadap kelangsungan dan kemajuan usaha.

      Semoga sukses senantiasa menyertai anda Pak Arief.

  22. ARIEF PARIDI mengatakan:

    Maaf Pak Fuad kalo saya boleh tahu cara pembayarannya untuk pengadaan barang dagangan dengan konsinyasi ato beli dengan cash trimakasih. Semoga Sukses selalu

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Maksudnya untuk pembelian di toko saya Pak, atau di sembarang toko? Kalau di toko saya, sampai hari ini saya baru bisa menerima konsinyasi, tapi belum berani memberi konsinyasi. Karena marginnya masih tipis Pak, kalau dikonsinyasikan lagi khawatir kurang berkembang.

      Kalau ambil cash di toko saya, selama ini pembeli dan reseller, sebagian besar datang ke toko, memilih barang, dan bayar di tempat. Kalau ada retur, maka pembayaran pastinya dikurangi nilai returnya. Untuk reseller yang tidak bisa datang, biasanya kirim SMS pesanan, terus dicarikan barangnya. Kemudian kami kabari jumlah uang dan ongkos kirim yg harus dibayar. Setelah ditransfer, barang baru dikirim ke alamat tujuan Pak.

      Semoga bisa membantu.

  23. ARIEF PARIDI mengatakan:

    Maksud Saya mau Suplay barang kebetulan Saya juga bergerak di bidang sandang untuk pakaian muslim baju koko dan kerudung, tapi saya sistimnya cash aja, ambil untung sedikit tapi lancar. salam semoga sukses slalu.

  24. Alhuda mengatakan:

    Ada juga nih amalan yang boleh juga kita amalkan..yaitu rutin shalat dhuha, dan pada sujud terakhir membaca “YAA..WAHHAB..” 40 X SEMOGA SUKSESS…hidup enterpreneur…mari kita wujudkan lapangan pekerjaan..

  25. Abdullah mengatakan:

    Saya adalah pengusaha pemula, saya memiliki usaha warnet kecil-kecilan dengan jumlah client 6 KBU..usaha ini adalah cita-cita saya dari tahun 2006 dan baru kesampaian tahun 2009..usaha saya sudah berjalan 1 tahun, dan menggunakan modal uang orang lain..pada awalnya saya adalah pemain tunggal, namun saat akan memasuki stu tahun bermunculan kompetitor yang memiliki dana lebih besar di sekitar tempat usaha saya tidak tanggung-tanggung langsung berdiri 2 warnet dalam 1 minggu bersamaan dengan spesifikasi peralatan yang lebih bagus dari saya, alhasil berimbas pada pendapatan warnet saya..dalam satu tahun saya hampir tidak bisa mencicil hutang untuk modal, yang satu di cicil tapi dilain sisi saya meminjam lagi k orang lain…saya hampir gulung tikar dan untuk menutupi setoran bulanan saja hampir selalu nombok…mengajukan pinjaman ke BANK..??? saya tidak punya sesuatu yang dapat dijaminkan..”ADA YANG BISA BERI SOLUSI…??? MOHON BAGI PEMBACA BUDIMAN UNTUK BERBAGI / SHARE DENGAN KEADAAN SAYA..o iya..saya sudah memiliki keluarga, istri dan anak, dan sementara warnet ini adalah lahan utama pnghasilan uang kami….

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Salah satu cara keluar dari persaingan adalah membuat nilai tambah dan membuat perbedaan. Oke mungkin warnet lain lebih menggiurkan, karena mereka membuat pembeda dibanding warnet anda. Sekarang tinggal pikirkan gimana caranya memberi nilai tambah dan memberi keunikan pada warnet anda. Mungkin dibuat membership sehingga meskipun harga per jamnya jauh lebih murah, tapi anda mendapat cash segera yang bisa anda putar.

      Atau anda bisa kerjasama dengan pengusaha lain untuk buka cafe atau apa saja di tempat anda sehingga bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak lagi. Atau anda bisa jual bandwidht yg anda punyai menggunakan RT RW net, dsb. Sekarang tinggal kreatifitas anda Pak.

  26. sopyudin mengatakan:

    ooh, begitu ya, saya kira amalan apa, saya mengerti maksudnya, amalan utama dlm bisnis adalah ihtiar dan sering memperkenalkan usaha kita. dan sbagai ikhtiar saya juga ingin memperkenalkan bisnis saya kepada pembaca smua. program5milyar

  27. Engel Engel Aza mengatakan:

    #Engel Engel azaquote>>>ngorder produk kosmetik kecantikan dan fashion accesories di bawah ini dengan facebook akun belanja point perhatikan penampilan dan point cermat dan sosialisasi pribadi silakan ngorder ke saya barang dari situs resmi oriflame.co.id/products cara ngorder ke saya dengan ketik sms : ORDER kirim ke nomor handphone 081342557684 di Indonesia. Semoga sukses

  28. lahandollar mengatakan:

    silahturrahim nya pebisnis online adalah beragi coment hahaa……….,pada topik ini cocok untuk di terapkan lagi.

  29. salam kenal pak terimakasih atas artikelya semoga anda sukses selalu

  30. pak mintak tolong kasih solusi dong , bagaimana cara menawarkan barang dagangan yang jitu soalya kadang orang yg di tawarin suka susah

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 128 pengikut lainnya.

