Kilas Balik :: Sukses Kecil : Buka Kios

Terinspirasi (atau ikut-ikutan?) postingan Pak Ryad Kusuma tentang email-email saat pertama kali buka usaha, saya juga ingin berbagi email dari rekan-rekan dan sahabat-sahabat saya di milis bisnis-smart saat menyemangati saya ketika pertama kali buka usaha di bulan September 2006 dulu. Buat para sahabat, mohon ijinnya untuk saya cantumkan / saya muat ulang di sini ya, kalau keberatan mohon saya diberi tahu ya….

Bagi yang bisa mengakses milis bisnis-smart di yahoogroups, arsip lengkapnya ada di sini.

Selamat menikmati, semoga menginspirasi dan semoga energinya terus bervibrasi sebagai penyemangat kita-kita yang baru mau buka usaha.

Sukses Kecil : Buka Kios

On 9/5/06, Fuad Muftie <muftie@xxxxx> wrote: .

Dear Bizmarter,

Nggak tahan baca kisah sukses rekan2 di milis tercinta ini. Akhirnya
saya beranikan diri untuk memulai.

# Pertama : Hari kamis lalu saya dan istri sepakat untuk memulai
bisnis jilbab dan aksesori,
# Kedua : Hari Jumat hunting lokasi dan alhamdulillah dapat kios yang
rasanya cocok di Perumnas Klender Jaktim (dekat pasar , deket
sekolahan, deket rumah sakit dan arus pejalan kaki & pengendara motor
banyak)
# Ketiga : Hari Sabtu – Minggu keliling nyari informasi suplier jilbab
dan masih akan ditindaklanjuti.
# Keempat : hari ini dan seterusnya : benahin & dekor lokasi, cari
barang, cari penjaga kios, bikin spanduk, bikin brosur dll… dll…
dan BUKA TOKO.

Bersama ini saya mohon doa restu rekan2, semoga bisa cepat terealisir.
Dan jika ada rekan yang punya informasi2 terkait mohon disharing,
khususnya dimana saya bisa cari boneka / manekin dan kepala boneka
buat display yang murah (di Jakarta)?

Salam Smart & Sukses

fuad muftie
fuadmuftie.blogspot.com

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “anto id” nt_id@xxxxx
Date: Mon Sep 4, 2006 9:58 pm (PDT)

waahh.. selamat pak fuad, semoga sukses!

~anto~

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “liek” fadli.liek@xxxxx mcliek
Date: Mon Sep 4, 2006 10:27 pm (PDT)

Selamat pak fuad atas actionnya udah berani buka usaha, kalo udah gini gak
bakalan bisa mundur pak yang ada cuma maju terus dengan putar otak supaya
bisa terus survive en berkembang atau pilih hancur. Tapi saya yakin usaha
pak fuad ini dengan seizin Alloh akan maju dan berkembang, oh yaa pak kalo
boleh saya kasi saran kalo mau cari jilbab yang murah meriah bapak bisa coba
cari di pasar tasik dibelakang pasar tanah abang blok F (arah ke stasiun
gambir nanti ada gang kecil yang hampir semuanya pedagangnya adalah pedagang
jilbab)

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “Joko Muryanto” onlyjoko@xxxxx joko_teub
Date: Mon Sep 4, 2006 11:26 pm (PDT)

Selamat Pak Fuad untuk sukses buka toko jilbab nya.
Kalo ingin promosi dagangan, pak Fuad bisa pasang disini :
http://barangjasa.com

Free

Salam,
Joko
http://selaraskomputer.com

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “Rio Nasution” rio.nasution@xxxxx
Date: Mon Sep 4, 2006 11:48 pm (PDT)

Dear Mas Fuad,

Sama seperti saya mas, saya juga ngga tahan denger cerita cerita sukses dari
temen2 di milis ini, jadi saya makin berani untuk memulai sesuatu yang baru.
Mungkin bukan membuka bisnis tapi memberanikan diri buat tulis sesuatu yang
mungkin bisa bermanfaat paling tidak buat saya sendiri dan keluarga dan
mudah2an buat temen2 juga.

Saya sendiri sekarang memang sudah merintis usaha sendiri di bidang
garment/konfeksi. Terutama karena memang background saya disana.

Saya lulusan dari Intitute textile di Bandung, trus sempet kerja di
Multinational Trading Itochu, and then yang paling asyik saya sempet bekerja
sebagai Technical Marketing Manager untuk ASEAN market di Dupont.

Disini saya banyak pengalaman bekerja dengan pabrik textile dan garment di
ASEAN termasuk Vietnam dan Bangladesh, dan juga brand houses, salah satunya
kerja dengan local designer dengan mbak Carmanita dan Iwan Tirta untuk Batik
LYCRA. Mudah2an mereka masih kenal saya kalau ketemu…hehehe…saya orang
yang selalu dibalik layar tentang pembuatan kain (dengan customer2
saya tentunya) dari bahan2 seperti LYCRA, COOLMAX, TACTEL, anti air atau
noda TEFLON, etc yang mereka pakai untuk show………Ada cerita waktu itu
kita juga sempet mau ngerjain seragam Garuda Indonesia dengan mas Chossy
Latu, tapi ngga tahu kok ngga jadi yaa…

Disinilah saya memulai usaha konfeksi tersebut, coba2 terima orderan untuk
orang2 gedean pada jamannya kampanye…sampai sekarang…
Sekarang sedang ekspansi membuat Jilbab/kerudung kaos untuk supply ke toko2
busana muslim. Bersyukur untuk jilbab udah ada yg rutin order di NTB dan
Sumsel….

Kira2 dua tahun lalu saya dapet offer kerja di Dow Chemical Pacific
Singapore, masih jadi kuli orang amerika, sebagai Asia except China,
Japan and Taiwan product development manager, untuk suatu product yang
basenya dari Polyethylen. Masih juga kerjasama dengan pabrik2 textile, and
garment dan sekarang tambahan ke pabrik plastic.

Sori kepanjangan intronya ya……hehehhe….Kembali untuk usaha Mas Fuad,
pls coba check di Mangga dua pasar pagi lt. 4 atau 5, disitu banyak sekali
yang jual manekin dan boneka serta gantungan yg bisa dipakai untuk display.
Tawar aja mas, biasanya kalo beli banyak dia bisa kasih kurang
kok…hehehe….

Kalo mas tertarik dengan Jilbab saya, bisa coba check blog saya di :
http://www.exitt92.blogspot.com, harga untuk agen bisa diatur dan pls juga
visit blog saya di : http://www.hidupdisingapura.blogspot.com
Sukses selalu mas….

Salam Entrepreneur !!!
Rio Nasution

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “Nur Asiah” asya_237@xxxxx
Date: Mon Sep 4, 2006 11:52 pm (PDT)

pak kalo mo cari mnekin ada di pasar jatinegara biasanya dia juga jual yg 2nd coba aja tanya ato di pasar tanah abang yg jual banyak kok…

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “RyadK” saturyad@xxxxx
Date: Tue Sep 5, 2006 12:26 am (PDT)

Dear Pak Fuad n Rekan2,

Selamat ya, moga2 lancar.

Kita senasib nih Pak,
gara2 ikutan milis kayak gini jadi ketularan ingin
buka warung.

Saya juga baru tgl 5 aug kemarin buka warung di plaza
cibubur. jualan jilbab juga, Rabbani…

Pak Fuad dan Rekan2, sharing ya :
waktu pertama kali apply jadi sub agen sempat rada
ngeri, soalnya ditargetin minimal belanja 3 jt / bln,
mikirnya.. apa iya kita bisa jualan jilbab sebulan 3jt?

awalnya kita coba jualan di garasi dan titip jual di
bbrp tempat dulu, itu awalnya tgl 16 juli, kok
ternyata rame…

mulai deh kita cari2 kios,
ternyata mahal2 ya…
sampai suatu malam,
istri pulang dari kantor mampir ke plaza cibubur,
iseng2 tanya kios,
kebetulan ketemu langsung sama pengelola,
kebetulan lagi, cocok juga harganya,
kita ambil aja,
tapi kita cuma punya waktu 1 minggu utk buka kios tsb,
akhirnya dengan persiapan seadanya, kita buka kios….

hari pertama, buka dari jam 9 pagi, sampai jam 9 malam,
kayaknya banyakan yg jaga kios daripada pengunjung yg
beli, hehehe…

tapi trend hari2 berikutnya mulai menunjukkan kenaikan,
malah seminggu kemudian, omzet sukses tembus diatas 1
juta / hari. wah.. senang banget.

tapi memang ga stabil, omzet sabtu, minggu dan hari
libur cenderung lebih besar. tgl tua, omzet cenderung
turun. Masih normal kali ya?

Bulan aug sdh lewat,

2 karyawan yg sdh membantu dg penuh dedikasi sdh kita
berikan hak dasarnya, plus bonusnya, karena target sdh
terlewati. Ada rasa haru saat memberikannya, karena
bagi mereka ini juga kali pertama mereka memperoleh
uang gaji dg jumlah yg menyamai UMR, dan itu nilai
bersih, karena makan dan tidur kita tanggung.

sewa tempat sengaja blm dibayar, krn deadline sampai
tgl 10, ya lumayan duitnya kita puterin dulu.

Diluar target bulan pertama yg telah tercapai,
masih ada beberapa pemikiran yg masih menggantung :
– bagaimana memenuhi model/warna/ukuran sesuai
keinginan pelanggan, karena ternyata agak sulit
mendapatkan barangnya, padahal ini kan potensial sales.
– bagaimana melonjakkan nilai sales secara dramatis
– bagaimana mengontrol stok dg lebih baik
– bagaimana meningkatkan kualitas SDM
– dan yang menurut saya sangat penting, bagaimana agar
bisnis ini bisa bertahan, tidak menjadi bisnis kagetan
dan sementara saja, tapi bagaimana supaya bisa
berkelanjutan dan berkembang.
– satu lagi dink, bagaimana ngatur waktunya ya, saya
dan istri, senin – jumat jadi TDB, malamnya ngontrol
kios + ngurusin kost2an & kontrakan, sabtu-minggu,
kalo ga ikutan jaga ya belanja / cari barang, anak
saya juga jadi ketularan senang main dagang2an kalo
mau bobo, anak lain kalo bobo pegang boneka, anak saya
pegangannya kalkulator, hehehe…., abis tiap hari
ngeliatin orangtuanya ngitung dagangan melulu.

Nggak rugi ikut milis ini.
Kita bisa belajar banyak dari senior2 disini.
Ya walau awalnya rada2 nyontek.
Kan di bukunya Purdie, katanya bisnis bisa dimulai dengan :
1. Ide orang lain
2. Duit orang lain
3. Tenaga orang lain
Saat ini cuma no. 3 yg masih sebagian2.

Oya, untuk variasi, saat ini saya juga menjual baju
koko uje (preview).

Mungkin ada teman2 yg bersedia titip jual ditempat
saya? mungkin baju muslim anak2 / wanita?

Ya itu dulu deh….

Salam,
Ryad

================================================

Re: [tangandiatas] Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “Eko June” eko.junaedi@xxxxx
Date: Tue Sep 5, 2006 12:40 am (PDT)

Maaf pak Riyadh, apakah bapak mengenal pak Hadi Kuntoro ?

Sy rekomendasikan anda utk sharing dg beliau krn beliau sudah sukses
berbisnis yg mirip dg bapak. Blio adalah agen platinum nya Robbani dan agen2
utk Permata, Dannis, Poeti dan merk2 branded lainnya.

Silahkan sharing mengenai display dan layout kios/outlet, apa itu
sensational offer, bagaimana memaintenace waktu (krn beliau juga masih TDB).
Blognya adalah :
http://www.hadikuntoro.blogspot.com<;http://www.hadikuntoro.blogspot.com&gt;,
email hdkuntoro@yahoo.com

Klo sy memang berjualan busana muslimah (kaos dan blus) tp masih retail
bukan agen bahkan grosir kayak pak Hadi ini.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Wassalam.
– ekojune -
081610XXXX … YM xxxxxx
www.ekojune.blogspot.com

anda tidak perlu hebat untuk memulai,
tetapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

================================================

Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “FAUZAN” raven_of_4jj1@xxxxx
Date: Tue Sep 5, 2006 1:07 am (PDT)

Wah….. ketinggalan berita nih ;) selamat pak! pengusaha sukses itu bukan
dilihat dari sikapnya ketika sukses, tapi dari sikapnya ketika gagal/jatuh ;)

Wassalamu’alaykum Wa Rahmatulloh Wa Barokatuh

Brian Arfi Faridhi / Fauzan bin Hadi

www.PernikMuslim.com —> One Stop e-Muslim Shop
Al-Fauzan.blogspot.com
0856-336-XXXXX
Semolowaru Elok G-7 Surabaya 60119

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “dinda_faradilah” dinda_faradilah@xxxxx
Date: Wed Sep 6, 2006 1:17 pm

Selamat ya Pak Fuad, mudah2an sukses n barokah, mudah2an saya
ketularan ngikutin jejaknya Pak Fuad, Buka Toko Jilbab…Amiin.
Jangan Pernah Berhenti Mencoba! Berhenti? ke laut aja..hehe..

Salam SMART,
Roess – 081848xxxx
http://kamiilahmum.multiply.com
http://BonexMCellular.com

================================================

Re: Sukses Kecil : Buka Kios
Posted by: “Fuad Muftie” muftie@xxxxx
Tue Sep 5, 2006 6:03 pm

Buat Rekan2 Semuanya yang nggak bisa saya sebut satu2,
Terimakasih atas masukannya, Nggak nyangka begitu besar dukungan
rekan2 baik via milis maupun JAPRI. Saya benar2 terharu dan bertambah
yakin bahwa inilah jalan yang terbaik.

Banyak kejadian yang “ajaib” yang saya temui, padahal belum juga buka
toko. Sepertinya ada tangan ilahi yang menuntun saya sejak pertama
kali mengambil keputusan dan mengambil langkah pertama. Benar2 seperti
bola salju, yang menggelinding begitu cepat.

Salah satu keajabian yg saya temui, tokoh yang Pak Eko June sebutkan
yaitu pak Hadi Kuntoro ternyata adalah kakak kelas di SMA dan beliau
menyatakan bersedia membagikan ilmunya!!! Sungguh luar biasa.

Dan banyak keajaiban lainnya, termasuk sharing dari rekan2 semuanya.
Semuanya sudah saya arsip baik2 untuk mengiringi perjalanan selanjutnya.

Salam sukses & be smart
fuad muftie

================================================

Oh ya ini ada satu lagi email spesial dari Pak Hadi Kuntoro:

Alhamdulillah saya veri hepi mendengar anda sudah mulai menemukan semangat yang miracle dalam diri anda, dan kesuksesan awal ini ibarat bangunnya raksasa yang tidur (awakening step of giant) tunggu saja tidak lama lagi raksasa ini akan bener2 muncul.

Kalau anda ingin belajar serius dalam per-jilbaban ini bisa belajar di Raihan atau kalau terlalu jauh bisa datang ke tempat saya, di bekasi saya juga ada showroom, nanti anda bisa belajar banyak dari saya, dan GRATIS… (Jl.Kalibaru Barat No.11A, Bekasi (RADISSA DISTRI))

Showroom saya dari klender tidak jauh hanya 20an menit.

COngrotulation..! Bergabunglah dalam miracle dream saya yakni, tahun 2007, 1 dari 4 wanita indonesia sudah berkerudung….

Salam Fantastic…
Hadi Kuntoro
www.hadikuntoro.blogspot.com

================================================

Salam FUNtastic & Merdeka!
Fuad Muftie
© 2008, http://fuadmuftie.wordpress.com/
Toko Addina, Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 40, Perumnas Klender, Jakarta Timur, 021-9828 4731
~ Distro Jilbab, Kerudung, Busana Muslimah, Busana Muslim Anak, Aneka Produk Herbal, dll

“Benahi diri, Bangkitkan Indonesia, Menuju Indonesia yang membanggakan!”

22 Balasan ke Kilas Balik :: Sukses Kecil : Buka Kios

  1. ryad mengatakan:

    hmm…
    kalo 2 thn lalu kita tidak melangkah,
    mungkin kita masih ada di titik yg sama seperti dulu ya pak…
    alhamdulillah kita diberi kesempatan.

  2. dobelden mengatakan:

    modal berapa tuh kira2 pak?

  3. mukhlisukses mengatakan:

    Wah,toko gue di sebut2 ni..jadi malu pak.
    Pak Hadi bisa aja.padahal kami blm ada apa2nya..
    Yang pasti…langkah sudah di mulai,jadi pantang berhenti….kecuali pada saat “lampu merah”…heheeheee……
    Selamat..selamat.
    Siapa segera menyusul..??

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    @ ryad
    Bener Pak, tanpa keberanian untuk memulai, sepertinya sangat sulit untuk mendapatkan keajaiban-keajaiban dalam perdagangan.

    @ dobelden
    Modal awal dulu kira-kira 20-an juta Pak. Tapi habis itu tiap bulan kami terus menyuntik dana segar agar bisa jalan lebih cepat lagi.

    Kalau mau belajar itung-itungan membuka bisnis busana muslim, tulisan Pak Ryad di sini bisa jadi acuan.

    @ mukhlisukses
    Belum ada apa-apanya dibanding apa dulu Pak? kalau dibanding kios saya, Raihan adalah guru alias suhunya dech…

    Pak, kalau di Jakarta namanya lampu merah, kuning, atau hijau kayaknya terjang terus, he.. he.. he..

  5. sigit pramono mengatakan:

    ass wr wb
    saya pendatang baru
    saya tertarik nich dengan artikel ini dengan pengalaman para pengusaha sukses
    saya ingin juga nich menjadi pengusaha
    mau tanya bagaimana ingin ikut nimbrung di forum nich ,,,untuk berbagi pengalaman
    thks
    sigit

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Wa’alaikum salam Wr Wb

      Salam kenal Pak Sigit Pramono, terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

      Silahkan saja Pak kalau mau berbagi, forum komentar ini terbuka untuk umum koq. Mudah2an bisa bermanfaat untuk orang banyak.

      Terimakasih & wassalam
      Fuad Muftie

  6. Adri mengatakan:

    alhamduliiiah,sy sdh memulai usaha membuka toko pakaian
    kecil kecilan ,namun sy masih kewalahan utk mendapatkan
    grosir utk distro,jd sy minta alamat clothing distro
    on line yg bisa dipercaya utk jd mitra kami,krn sy berada dipalu,trma kasih atas bantuanya

    =====
    [Fuad Muftie]

    Selamat ya Pak Adri atas usahanya. Untuk distro clothing coba hubungi Pak Try Atmojo, link-nya ada disebelah.

  7. tetty mengatakan:

    bapak or ibu… saya jg mau dong ikutan minta alamat web. untuk cari barang-barang yg berkwalitas.sama spt pak adri saya jg lagi mencari cari sbrnya. bantuin dong….

  8. amel mengatakan:

    dear rekans,
    saya berniat membuka usaha towel cake, tapi masih kesulitan menemukan bahan2 nya. kira2 ada yang tau ga ya dimana grosir handuk dan perniknya. kebetulan saya tinggal di karawaci tangerang.
    mohon informasinya di email ke devaltica@yahoo.com.
    terimakasih

    [Fuad Muftie]
    Maaf Bu Amel, saya kurang paham bisnis towel cake. Barangkali ada pembaca yg bisa membantu?

  9. amel mengatakan:

    kalo tempat jual buah artificial & kemasan cake ( Grosir ) ada yang tau ga?


    [Fuad Muftie]
    ==========

    Maaf Bu Amel, saya tidak tahu persis. Kalau di Jakarta mungkin bisa dicari di pasar-pasar atau sentra grosir, seperti di Asemka, Pasar Pagi Mangga Dua, Pasar Jatinegara, Blok M, atau tempat lainnya.

  10. Amel mengatakan:

    Terima kasih Pak fuad atas informasinya, semoga usaha saya ini diberkahi Allah dan berjalan sesuai keinginan. Amin……..

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Sama-sama Bu Amel, Terimakasih juga atas doanya, semoga sukses selalu menyertai perjalanan hidup kita.

  11. arii mengatakan:

    Sukses selalu untuk semuanya
    memang perlu keberanian dan kemauan serta keikhlasan dalam menjalankan bisnis, baik itu besar maupun kecil

    saya sudah mulai berwirausaha sejak lulus sma dan melanjutkan kuliah juga sambil berwirausaha
    alhamdulillah ternyata semuanya itu bisa membantu orang tua dalam hal pengeluaran.

    sekedar membuka link saja
    bagi yang membutuhkan barang cetakan bisa mengecek harganya ke saya
    ariandra.co.cc
    artpaperindo.co.cc

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Bener sekali butuh keberanian, kemauan, dan keikhlasan untuk menjalankan usaha apapun. Kalau bisa menikmati proses bisnisnya insyaAlloh hasilnya juga akan ikut mengalir.

    Thank’s telah berbagi di sini, semoga usahanya terus berkembang dan barokah.

  12. katezcouple mengatakan:

    saya tertarik nih ma artikel2nya,,bagus2,,,^^
    kebetulan kita dari katezcouple punya usaha produksi kaos couple,,tapi kita lebih konsentrasi ke kaos couple sahabatan,,
    yg ingin saya tanyakan adalah bgaimana strategi marketing yg ampuh utk mengembangkan usaha ini,,^^
    terimakasih,,^^

    [Fuad Muftie]
    ==========
    Strategi yang ampuh? Kalau ada yang tau strategi yang ampuh sakti mandra guna, saya juga mau dong, he.. he.. he..
    Yang jelas, anda kan sudah tahu seluk beluknya bisnis perkaosan, tinggal lakukan perbaikan sedikit demi sedikit. Perbaikan bisa dilakukan dng meniru strategi marketing yang sudah teruji di lapangan, tinggal sesuiakan dg model bisnis anda.
    Dari yang sederhana, spt brosur, web, stiker, dll sampai yang mahal, spt iklan di majalah, koran, tv dll patut anda pelajari kemungkinannya untuk anda praktekkan.

  13. sadiq mengatakan:

    Wow……. Gile Bener….

    Tak ada kata-kata yang bisa saya ucapin untuk forum ini.. bener2 dech membakar gelora… tuk segera menjadi pengusaha…

    btw… pak fuad, pak fauzan, pak ryad dst…
    kalo bisa, berbagi dong, dengan rekan2 lainnya tuk menjadi pengusaha jilbab. terutama dalam hal, pemasokan barang2 jilbab, buat pengusaha2 kecil di luar pulau jawa. soalnya kita-kita yang terbatas modal ni, agak kesusahan mendapatkan barang dengan harga yang relatif lebih murah. hitung2 peran pemerintah mengetas kemiskinan juga bisa di lakukan oleh pengusaha2 dengan cara memberikan kemudahan akses yang saling mengutungkan. khan selama ini saya melihat, cenderung pengusaha2 kecil lambat berkembang krna didaerah ato lingkungannya didominasi oleh pengusaha yang memiliki modal besar. dan harga ditentukan oleh mereka. contohnya : aceh, lebih cenderung harga2 barang disini lebih mahal.. ini tak lain karena pengusaha diaceh hanya punya alternatif pasokan dari medan.

    hee..he… saya ngawor x…
    salam sukses aja dech buat..

    Mantep…
    Wassalam

  14. Agus mengatakan:

    Pak Fuad, blognya bagus!
    Saya lagi mikir buat buka usaha karena insya Allah beberapa bulan lagi ada rejeki buat dijadiin modal. Tapi apa ya?
    Terus terang, jiwa wirausaha sempat muncul waktu kecil. Mulai dari jualan ikan cupang, jual layangan. Dagangannya laku. Tapi beranjak dewasa jadi hilang keinginan itu.
    Sekarang saya menggeluti dunia tulis menulis (bisa lihat di blog saya). Alhamdulillah sudah mulai kelihatan hasilnya. Tapi, entah kenapa, setelah dengar kabar rejeki ini, saya jadi berpikir untuk membuka usaha sampingan (saat ini saya pegawai negeri yang hobi nulis). Kira-kira usaha apa yang berkaitan ya Pak? Di luar semua itu, saya takut rugi :)

  15. Septian SUkma mengatakan:

    saya juga mempunyai keinginan seperti pak agus, dari kecil juga saya sering berjualan, bahkan waktu SMA saya berjualan gantungan kunci yang saya buat sendiri, sekarang saya PNS, modal sih sudah terkumpul, tapi masih bingung usaha apa ya di bandung sepertinya semua sudah ada, mohon sarannya ya, terima kasih

  16. sigit mengatakan:

    bagus sekali mas, kita-kita juga pengen. sukses

  17. dodi mengatakan:

    saya memiliki usaha konveksi tas kecil-kecilan,dan alhamdullilah saya memiliki pelanggang tetap ( perusahaan ternama)tetapi pelanggan saya hanya beberapa saja.bagaimana cara saya memperluas jaringan usaha saya agar bisa lebih luas lagi.mohon saranya.Terimakasih

  18. Willy mengatakan:

    sip deh, bagus semangat usahanya
    kalau mau jualan pulsa, atau reseller kaos couple
    coba mampir website saya yah, couple-shop.com
    sukses selalu bro

  19. Heni Prasetyorini mengatakan:

    Ass. Pak Fuad, menjelang shubuh hari ini saya seperti diberi “tuntunan”, sampai akhirnya ingin bangun, online, dan menemukan blog bapak.

    Saya dan suami, sedang membuat rencana untuk produksi jilbab katun paris bordir, dengan segmen remaja. berangkat dari keinginan untuk memberdayakan pengrajin bordir di daerah LAmongan tempat kelahiran suami saya. Serta keinginan untuk menjadi TDA.

    saya, punya modal untuk produksi 2 kodi dulu. sangat kecil, hanya 10% dari modal usaha bapak. sy optimis saja. hanya, saya masih ingin mencari info utk memanaje bisnis ini sehari-hari, untuk stok, promosi, dll, karena sy berencana berjualan online.

    ketemu blog ini adalah awal yg baik, karena juga banyak alamat blog orang lain yg sangat menarik juga. salam kenal pak Fuad. Wassalamualaikum Wr.wb

  20. Lina Afriani mengatakan:

    mlem2 pas buka internet dpet blog pak fuad yg mnarik skli,,alhamdulillah,,pdhl skr ni saya lg bingung2nya,,saya skr ni sbnrnya pnya ide wirausaha,saya suka desain busana muslim,dan insyaAllah ingin merealisasikan ketahap produksi,cmn saya msih ragu sma pemasarnnya,,kira2 gmna ya pak cara pling jitu utk pemasarannya???ato mgkin ada yg bsa bagi ilmunya ke saya,,maksi byk sblmnya,salam suksess

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Terimakasih Bu Lina sudah mampir di blog saya. Kami, saya dan istri, juga punya rencana yang sama. Ingin punya desain produk sendiri dan memproduksinya. Mungkin untuk tahap produksi sudah ada gambaran untuk melakukan kerjasama dengan konveksi, karena banyak sekali perusahaan konveksi yang siap menerima order. Setelah ditimbang-timbang memang masih berat di pemasarannya. Bisa saja memproduksi tapi kalau tidak bisa memasarkan, akan jadi stok yang mati.

      Soal jitu tidaknya pemasaran, sebenarnya kita bisa ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari para pengusaha yang sudah jalan duluan. Berikut ini ada beberapa cara yang sudah kami inventarisir:

      1. Melakukan promosi lewat majalah / tabloid.
      Untuk produk busana muslim sudah banyak contoh sukses yang melakukan promosi lewat majalah muslim/muslimah dan tabloid. Untuk promosi di sini diperlukan persiapan yang matang, mulai dari foto-foto produk yang menarik dengan model yang menawan, persiapan sistem pemasaran/distribusi, persiapan staff yang menangani order, sampai persiapan stock yang memadai. Memang butuh modal awal yang besar untuk promosi ini. Tinggal bagaimana keyakinan kita terhadap kualitas produk dan sistem yang kita bangun.

      2. Promosi lewat web site / blog
      Promosi lewat web / blog relatif lebih murah. Kita tinggal pintar-pintar mendatangkan trafik ke web site. Website bisa dibuat dengan web yang berbayar maupun yang gratisan (blogspot, facebook, twitter, dll). Untuk jangka panjang sebaiknya pakai web yang berbayar dengan domain name sesuai brand yang akan kita bangun. Untuk web gratisan kita gunakan sebagai media support system promosinya.

      3. Memasarkan lewat orang-orang dekat kita
      Ini mungkin yang diperlukan untuk segera memulai, dengan memasarkan lewat orang-orang dekat kita. Ini cocok untuk memperkenalkan produk terlebih dulu, dan mendapat masukan dari orang dekat kita. Biasanya ini untu skala kecil dulu. Kalau sudah mau skala besar, bisa cari orang dekat kita yang memang punya kemampuan pemasaran yang memadai. Banyak koq, orang yang bisa produksi saja, pemasarannya diserahkan pada sanak saudaranya yang memang ahli dalam menjual.

      Mungkin itu sebagian yg bisa saya share. mudah2an bisa membantu Ibu Lina.

      Wassalam

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

