Dimana Sebaiknya Belajar berbisnis?

Saat ini terdapat banyak sekali lembaga yang mengadakan pelatihan-pelatihan wirausaha. Mulai dari yang gratisan sampai berharga jutaan rupiah setiap pertemuannya. Hal ini bisa menjadi pertanda baik bagi kemajuan dunia wirausaha di Indonesia. Namun bagi calon pengusaha, hal ini malah bisa membingungkan. Lembaga mana yang sebaiknya diikuti agar kita bisa sukses menjadi entrepreneur?

Saya pribadi tidak memiliki data yang akurat lembaga mana yang bagus dan lembaga mana yang hanya akan membuang waktu dan biaya kita. Dari sebagian kecil yang pernah saya ikuti, sebagian hanya memberikan motivasi-motivasi agar kita berani memulai dan mendobrak hambatan mental yang membelenggu. Sebagian ada yang suka memberikan contoh-contoh bisnis yang bombastis, yang hanya segelintir orang saja yang berani, mau, dan berhasil menjalaninya. Tapi bagus juga sih untuk memotivasi kita.

Kalau saya pribadi, saat ini, saat baru saja memasuki dunia wirausaha, saya lebih suka belajar dari usaha orang lain. Dari tetangga kios, dari pedagang di pasar, dari toko-toko di mall, dari penjual es di pinggir jalan, dll. Lebih murah dan lebih membumi. Yang saya lakukan ya… sekadar mengamati: bagaimana pangsa pasarnya, bagaimana cara mereka berbisnis, apa keunggulan mereka dll. Cukup perhatikan dan buka pikiran itu kuncinya. Nanti ilmu-ilmu dan inspirasi mengalir akan begitu saja.

Saya juga senang bertukar pikiran dengan teman lain atau saudara yang juga menjalankan usaha sampingan. Kita bisa saling memotivasi dan saling memberi masukan. Bahkan mungkin juga terjadi bersinergi untuk memajukan usaha.

Buku-buku dan internet juga bisa menjadi sumber informasi yang murah. Saat ini sudah banyak sekali buku-buku entrepreneurship / kewirausahaan yang beredar dan harganya murah-murah. Berbeda sekali dengan beberapa tahun yang lalu, yang lumayan sulit mencari buku semacam itu. Apalagi dengan bantuan internet, blog-blog, dan milis bisnis dan kewirausahaan yang saat ini marak, belajar berbisnis menjadi lebih mudah. Mereka bisa menjadi mentor bisnis bagi kita.

Mungkin suatu saat nanti saya juga akan butuh lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan kewirausahaan untuk memajukan usaha kami. Syukur-syukur yang menyediakan mentor yang berkualitas. Tapi untuk saat ini belum menjadi prioritas kami.

Jadi, pilihan dimana belajar bisnis sangat banyak dan beragam. Hidup penuh dengan pilihan, dan pilihan ada di tangan Anda.

Salam
Fuad Muftie
©2007 https://fuadmuftie.wordpress.com
Kios Addina : Kios Jilbab / Kerudung (rabbani, PerMata, Swarna), Mukena, Busana, Aksesoris dll
Software kios : Omset by Ruli Software

3 Balasan ke Dimana Sebaiknya Belajar berbisnis?

  1. purnomo mengatakan:

    setuju pak

  2. yusuf mengatakan:

    Mngkin kita memang harus mencoba BERANI,tdak hnya cari inspirasi tp realisasikan inspirasi itu.AYO MAJU

  3. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Purnomo
    Terimakasih Pak

    @ Yusuf
    Setuju Pak, setidaknya awalnya butuh keberanian untuk memulai…

    Wassalam
    FM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: