Tiga Pilar Penyokong Usaha Yang Sukses

Terinspirasi dari beberapa buku dan bacaan di Internet, khususnya dari bukunya Peter Spann “Wealth Magic”, ada tiga faktor yang bisa membuat kita kaya, atau membuat usaha baik barang maupun jasa bisa sukses. Dengan menggali dan mengoptimalkan tiga pilar ini peluang untuk berhasil dalam menjalankan usaha dan dalam mendapatkan kekayaan menjadi semakin besar.

Pilar pertama: Keunikan.

Kalau kita punya keahlian, jasa, atau barang yang unik dan tentunya diinginkan atau dibutuhkan orang lain serta orang lain mau membayar kita, maka peluang suksesnya sangat besar. Bandingkan kalau kita menjual barang atau jasa yang sudah banyak orang menjualnya dan sudah banyak orang memilikinya, tentu akan sulit menggali profit yang besar di sana. Dengan menawarkan produk atau jasa yang unik kita bisa menetapkan profit yang lebih tinggi.

Dalam prakteknya, kita bisa saja menjual barang yang sudah banyak orang yang menjualnya, dan tetap berpeluang untuk sukses. Untuk itu kita perlu menerapkan pilar kedua.

Pilar Kedua: Nilai Tambah

Untuk membuat konsumen loyal dan sekaligus menarik konsumen yang lebih banyak, kita bisa memberikan nilai tambah atas produk atau jasa kita. Kita bisa memberikan sesuatu yang membuat konsumen merasa dimanjakan, merasa diperhatikan, dan membuat nilai uang yang dikeluarkan konsumen untuk membeli produk kita terasa sangat kecil dibanding apa-apa yang didapatkan konsumen.

Nilai tambah ini bisa berupa hadiah atau gift, bisa juga dalam bentuk pelayanan yang prima, pelayanan yang tidak disangka-sangka akan diterima konsumen, atau bentuk-bentuk lainnya baik yang kasat mata maupun tidak tampak.

Pilar Ketiga : Sarana Tambahan

Untuk menjalankan usaha kita bisa saja melakukannya sendirian, tanpa banyak bantuan orang lain. Tapi kalau ingin usahanya semakin besar dan semakin sukses, kita butuh sarana tambahan atau alat bantu. Sarana tambahan ini akan meringankan upaya kita dan bahkan akan melipatgandakan keuntungan usaha. Sarana tambahan bisa berbentuk alat-alat, mesin, dan perlengkapan, bisa juga berwujud manusia yang kita pekerjakan (karyawan).

Sarana tambahan bisa kita umpamakan pengungkit buat mengankat batu yang berat, atau katrol untuk mengangkat air dari sumur. Tanpa adanya sarana tambahan, kita tetap bisa mengangkat batu dan mengangkat air dari sumur tapi hasilnya tidak semudah menggunakan sarana tambahan.

Bagiaman penerapannya pada Kios Addina, kios kami??

Dari ketiga pilar diatas, baik secara sengaja maupun tidak kami sengaja, sebagian telah kami terapkan dan saat ini sedang kami coba terapkan di kios kami. Misalnya keunikan yang kami tawarkan antara lain produk-produk pilihan yang tidak dijual di pasar dilingkungan kami, kenyamanan berbelanja dibandingkan berbelanja di pasar, serta beberapa fasilitas yang sedang kami upayakan untuk bisa menambah keunikan kios kami.

Nilai Tambah: mungkin yang baru bisa kami berikan berupa diskon untuk produk-produk tertentu, tas eksklusif, kemudian kami juga sering mencoba memenuhi pesanan-pesanan khusus dari pelanggan akan produk yang spesifik tanpa tambahan ongkos apapun.

Kemudian untuk sarana tambahan, kami telah menerapkan komputerisasi di Kios yang membuat kios kami tampak seperti boutiq atau super market. Kami menggunakan software kasir / POS (Point of Sales) bernama “Omset” buatan Ruli Software. Alhamdulillah sangat meringkankan dan memudahkan kami dalam menangani administrasi keluar masuk barang, memantau jalannya usaha, dan memantau stok barang.

Sarana tambahan lain, InsyaAlloh kami akan kembali mempekerjakan karyawati untuk menjaga kios, sehingga kami bisa konsentrasi untuk promosi, pengadaan barang, dan pembentukan sistem yang lebih baik lagi. Semoga kami mendapatkan karyawan yang terbaik untuk kemajuan usaha kami.

Sudah barang tentu yang kami lakukan belum sepenuhnya optimal menerapkan ketiga pilar di atas. Tapi setidaknya mulai sekarang kami jadi paham bahwa yang kami lakukan sejalan dengan prinsip diatas. Dan kami terus menggali potensi yang masih terpendam mengikuti prinsip tiga pilar tadi.

Ada saran…??

Semoga bermanfaat,

Salam
Fuad Muftie
©2007 https://fuadmuftie.wordpress.com
Owner Kios Addina : Kios Jilbab / Kerudung (rabbani, PerMata, Swarna), Mukena, Busana, Aksesoris dll
Kios kami sukses menggunakan software kasir Omset by Ruli Software
(murah & mudah digunakan)

“In Order to RECEIVE, You must GIVE
In Order to ACHIEVE, You must TAKE ACTION”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: