Sudah Pengalaman Usaha Koq Masih Bingung??

Salam kenal pak fuad, saya arif dari cilacap. Saya seorang mahasiswa. namun, ingin sekali membuka usaha setelah banyak membaca buku motivasi untuk jadi enterpreneur, malah ngga ingin jadi pegawai…

Saya sudah berulang kali membuka usaha dari counter HP ataupun berdagang dengan warung kelontong namun selalu gagal atau mungkin belum dikaruniai oleh allah kesuksesan…

Tapi insya Allah saya ngga pernah untuk putus asa…yang jadi pertanyaan saya, kira2 usaha apa yang cocok bagi mahasiswa seperti saya dengan modal yang sedikit dan ngga mencukupi untuk membuka usaha. Apa usaha gorengan dan usaha yang mirip angkringan bisa dilakukan karena saya mempunyai warung kecil yang letaknya di pinggir jalan apakah dengan usaha gorengan bisa berhasil. Kebetulan saya juga punya usaha pangkas rambut yang insya Allah cukup terkenal di kota saya…apakah bisa untuk ada yang bekerjasama dengan meluaskan usaha salon saya..

arief hidayat

==== Komentar ====

Mas Arif, salam kenal kembali..

Kayaknya kebalik nich, harusnya saya yang mesti banyak bertanya ke Mas Arif. Lha wong saya baru bisa buka satu kios, sementara Mas Arif sudah berulang kali buka usaha. Masalah kegagalan, sebenarnya Mas Arif tidak gagal, cuma mungkin terlalu cepat menghentikan usaha. Kalaupun Mas Arif sudah menyatakan usaha tadi tidak mungkin di teruskan, ada baiknya Mas Arif lihat orang lain yang melakukan usaha yang sama seperti Mas Arif dan berhasil. Kemungkinan ada sistem yang belum jalan pada usaha yang Mas Arif nyatakan sebagai gagal.

Kalau nyari usaha apa yang cocok bagi mahasiswa dengan dana terbatas? Yang bisa menjawab adalah diri kita sendiri. Buka usaha mirip-mirip seperti nyari jodoh. Meskipun kita kenal calon pendamping hidup yang tampak sempurna, belum tentu dalam perjalanannya bisa cocok dengan kita. Begitu juga usaha, yang kita anggap cocok dan bagus belum tentu kita bisa menjalaninya dengan sepenuh hati.

Yang penting adalah “Mind Set” atau pola pikir kita yang harus kita benahi dulu. Sebuah peluang yang muncul di hadapan kita bisa ditafsirkan berbeda oleh orang yang berbeda. Satu orang mungkin menganggapnya tidak layak untuk dijalankan. Sementara yang lain menganggap sangat berpeluang. Dan kedua-duanya benar!

Orang yang menganggap peluang tadi tidak prospektif, maka kalau ia tetap memanfaatkan peluang tadi akan terhambat oleh pikirannya sendiri. Padahal kejadian-kejadian yang akan kita alami sering berawal dari pikiran kita sendiri. Sedangkan bagi orang yang menganggap peluang tadi adalah prospektif, maka baginya akan terbuka jalan bagi peluang-peluang berikutnya.

Jadi, kalau Mas Arif sekarang merasa tidak cukup punya dana untuk membuka usaha, selesaikan dulu masalah ini. Kadang hal ini cuma mental block yang kita buat sendiri. Padahal siapa tahu sebenarnya kita bisa mendapatkan dana untuk membuka usaha dari mana saja dan melimpah!. Toch anda sudah punya usaha sendiri yang sudah terkenal, rasanya kekhawatiran anda kurang beralasan.

Salam
Fuad Muftie
© 2007 https://fuadmuftie.wordpress.com

14 Balasan ke Sudah Pengalaman Usaha Koq Masih Bingung??

  1. helgeduelbek mengatakan:

    wah media konsultasi yah ini, lain kali ikut konsultasi yah, gratis khan?😀

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Nggak tahu nih Mas Urip eh Helgeduelbek, koq lama-lama jadi banyak yang nanya gini?? Nggak di jawab koq nggak tega, mau dijawab semua padahal ilmunya masih cethek begini. Ya udah jalanin aja semampunya.

    Salam
    FM

  3. banimutakhir mengatakan:

    tulisannya kok kecil banget ya mas , aku suka dengan bahasan ini tapi aku kesulitan bacanya …salam silaturohmi ya….

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Banimutakhir, sudah saya update pak, maaf kemarin pakai copy-paste, jadinya formatnya nggak standar.
    Kalau masih merasa kecilan, coba di web browser-nya pakai View -> Text Size -> gedein ukuran font-nya

    Salam
    FM

  5. syahrul mengatakan:

    salam kenal dulu pak

  6. yudit.. mengatakan:

    sam lekhom…

    saya yudit seorg siswa yg mw jd mahasiswa,,
    saya tinggal di SEMARANG
    saya tu pengen usaha yg meringankan beban ortu,,cz akhir2 ne ortu sering bgt ngeluh soal uang.saya malu krn gk bs bantu,,saya ingin minta tolg bantuan anda.
    USAHA PA YG COCOK BUAT SAYA YG PAS2AN???
    MODAL KIRA2 BERAPA??
    CARA KERJANYA BGMN??
    APA BS DI SAMBI KULIAH????

    maaf bila bnyk tanya,,saya sngt butuh saran anda…..

    WASSALAM….

  7. Fuad Muftie mengatakan:

    Mas Yudit salam kenal,
    Anda punya niat yang mulia untuk membantu orang tua. Kalau Mas Yudit merasa banyak keterbatasan, saran saya mulailah membuka pikiran. Pikiran mirip seperti parasut, baru bermanfaat kalau dibuka.

    Kadang yang membuat kita merasa serba terbatas adalah pikiran kita sendiri.

    Untuk mengetahui bisnis apa yang cocok, Anda sendiri yang tahu, kira2 kalau Anda bisa kaya raya, Anda pinginnya lewat jalan yang mana? Lewat bisnis apa?

    Mungkin Anda bisa mulai menginventarisir, potensi2 yg ada pada diri anda yang punya nilai jual. Lihat juga orang lain yang bisa menjalani usaha sambil kuliah dengan modal yang terbatas. Kalau orang lain bisa, anda pasti bisa. Gunakan rumus ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

    Semoga bisa membantu
    Salam
    FM

  8. wiwit siswanto mengatakan:

    aku mo usaha tapi bingung, mohon kalau ada ide kasih tahu (usaha yang membutuhkan modal kecil)

  9. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Wiwit, bisnis yang butuh modal paling kecil yang saya tahu adalah Makelar. Silahkan Pak Wiwit cari produk yang diminati dan minta ijin ke pemiliknya untuk dibantuin menjualkannya dengan kesepakatan Pak Wiwit berhak atas komisi atau boleh menaikkan harga jualnya.

    Kalau sudah jalan, simpan sebagian keuntungan untuk mengembangkan usaha Pak Wiwit sendir. Ingat bahwa bisnis bukan cuma masalah ada dan tidak ada modal . Bisnis itu permainan mental. Kalau Pak Wiwit bisa enjoy main game bisnis maka modal akan mudah didapat dari berbagai penjuru dunia.

    Salam
    FM

  10. Anabi mengatakan:

    Urun rembug aja…
    kayaknya rubrik nya asyik buat diikuti…
    Apalagi kalo memperbincangkan masalah enterpreneur….
    Memang kalau mau sukses, ya ayo jadi enterpreneur aja…ya hitung-hitung membantu pemerintah mengurangi pengangguran…

  11. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Pak Anabi,

    Sembilan dari sepuluh pintu rejeki dari perdagangan (entrepreneur). Makanya kalau jadi karyawan aja bisa kaya apalagi jadi Pengusaha. itu dari sisi Materi. Dari sisi kemanusiaan: pengusaha banyak membantu menciptakan lapangan pekerjaan. Dari sisi Ekonomi, pengusaha ikut memutar langsung roda perekonomian.

    Salam
    Fuad Muftie

  12. chatur wied mengatakan:

    salam kenal pak Fuad,
    sebelumnya perkenalkan saya adalah mahasiswa abadi di sebuah PTS jurusan teknik sipil, usia 25 tahun udah 7 tahun belum lulus…saya ingin menanyakan usaha yang cocok untuk saat sekarang ini apa ya…soalnya saya sudah bergonta-ganti jenis usaha tapi masih belum ketemu ama jalannya. dari rental komputer, konter HP, bahkan makelar/broker, di bidang design(ulem,amplop,spanduk dsb)
    akan tetapi klo selama ini saya pelajari dan saya perhatikan hanya karena kurangnya modal dan sepi ato lesunya pasar. waktu itu saya rasakan pasar yang benar-benar sepi…klo boleh dibilang dalam satu tahun kerugaian yang saya alami mencapai +\- 5-6 juta untuk konter HP padahal modal cukup besar +\- 11 jutaan…dan rata² usaha saya bertahan +\- 1 tahun masing².
    saya benar² bingung untuk memulai usaha lagi..yang sekarang ini tanpa modal yang besar apa???yah kisaran 1-2 juta…keuntungan ga perlu besar tapi untuk menyelesaikan kuliah cukup gitu aja.heheh. karena kuliah atas biaya sendiri.

    atas pencerahan dari pak Fuad saya ucapkan banyak terima kasih
    wassalamualikum

  13. Fuad Muftie mengatakan:

    Mas Chatur

    Salam kenal kembali
    Saya coba jawab
    di sini
    ya Mas.

    Semoga bisa membantu dan menginspirasi

    Wassalam
    FM

  14. Blekok Meoong mengatakan:

    Assallamuallaikum,mas..saya mau tanya.sekrg posisi sy msh kerja tahun depan kontrak saya selesai.rencana sehabis ini ingin menikah dan pgn lanjut kuliah juga.Pengen bisnis juga meskipun awal kecil2n.pglman bisnis alhmdulillah ada dulu tp dikatakn pernh gagal iya.tp saya suka tantangan jadi ingin mencoba.masalhnya klo tanggung jwab sbgai ibu rumah tangga apakah mengganggu kuliah saya,mohon solusiny.trmksh.wass

Tinggalkan Balasan

