Berhasil Memanfaatkan EFT pada Anak

EFT (Emotional Freedom Technique) adalah salah satu metode penyembuhan yang dikembangkan oleh Gary Craig (USA), yang merupakan salah satu cabang atau varian dari Energy Psychology, yang menggabungkan ilmu kedokteran China kuno (+/- 5000 tahun yang lalu) dengan ilmu psikologi modern, yang digunakan dalam terapi untuk menyembuhkan penyakit emosi dan terbukti juga mampu menyembuhkan penyakit fisik. Yang menakjubkan dari EFT adalah proses penyembuhan yang kadang sangat cepat yang untuk ukuran kita saat ini sering “tidak masuk akal”.

Teknik EFT dilakukan dengan mengetuk-ngetuk (Tapping) pada beberapa titik akupunctur di wajah dan tubuh dengan jari kita sambil mengingat-ingat kejadian yang emosional yang akan disembuhkan. Pendiri EFT sendiri masih menganggap EFT dalam tahap pengembangan (meskipun sudah teruji bertahun2) sehingga kalau kita mau menggunakan metode EFT maka tanggung jawab mutlak ada di tangan kita.

Tertarik dengan testimoni-testimoni keberhasilan EFT sayapun ingin mempelajari dan mencobanya. Semula saya cuma baca-baca referensi dari beberapa sumber dan Alhmadulillah saya bisa belajar EFT / Tapping langsung dari salah seorang rekan saya yang lebih dahulu mempelajarinya (thank’s Pak Rery).

Memang sejak pertama mencoba, ada beberapa kejadian yang bisa saya atasi dengan EFT. Misalnya saat ingin marah ke istri, saya coba pakai EFT dan alhamdulillah perasaan marah seketika reda. Begitupun ketika ada rasa cemas waktu dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan, EFT kembali bisa mengembalikan rasa PD saya.

Rasa takjub saya terhadap EFT kembali saya rasakan kemarin hari Sabtu, 24 Maret 2007, ketika mengantarkan anak saya untuk diobservasi sebelum masuk ke TK. Observasi itu ditujukan untuk mengetahui kemampuan anak kami apakah memenuhi kualifikasi untuk diterima di sebuah TK di Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Saya dan istri saya sempat khawatir bisa nggak ya anak kami ikut observasi? Kami khawatir, karena selama ini Kamal (anak pertama kami) sering ‘bertingkah’ kalau ketemu orang yang baru dikenalnya. Padahal saat observasi Kamal harus ketemu orang-orang yang belum dikenalnya. Kami takut nantinya Kamal mogok alias ngambeg tidak mau ikut observasi, tidak mau masuk kelas, dan tidak mau mengerjakan tugas saat diobservasi.

Kekhawatiran kami terbukti, saat baru datang di TK, anak kami sudah nervous dan salah tingkah melihat begitu banyak anak-anak sebayanya yang belum dikenalnya plus guru-guru dan orang tua-orang tua murid yang belum pernah dilihat sebelumnya. Kami coba menenangkan dengan terlebih dulu mengajaknya bermain di perosotan, ayunan, dan mainan-mainan yang ada di TK. Saat tiba giliran Kamal masuk kelas untuk diobservasi, anak saya bertambah nervous dan saat saya ajak masuk kelas, Kamal diam seribu bahasa. Kamal sama sekali nggak mau mengerjakan tugas-tugas observasi, beberapa kali ditanya sama Bu Guru juga diam, wajahnya sangat cemas.

Saya dan Kamal kembali keluar ruangan kelas untuk kembali menenangkannya. Saat saya beri pengertian, Kamal malahan nangis dan beberapa kali marah dengan menendang-nendang kursi. Saya dan Istri ikutan nervous karena dilihatin banyak orang. duuhhh malu dech. Kamal saya bawa menjauh dan saya coba terapkan EFT pada Kamal. Bukannya tenang, Kamal malah bertambah marah dan nangis tambah kenceng.

Kamal kemudian saya serahkan ke istri saya. Dan saya menenangkan diri bermain-main bareng Qinthara adik Kamal yang Alhamdulillah tidak ikutan gelisah. Saya coba terapkan EFT pada diri saya sambil mengawasi Qinthara yang sedang main perosotan dan mandi bola.

Pikiran saya fokuskan pada Kamal yang gelisah sambil mengetuk2 titik-titik EFT di wajah dan tubuh saya sendiri (saya pakai versi shortcut dan surrogat tapping). Saya tidak ingat sudah berapa putaran melakukan EFT. Cuma tidak terasa sudah hampir 1 jam saya tidak melihat Kamal di luar kelas. Saya cari-cari, ternyata Kamal dengan didampingi Istri saya sudah masuk kelas. Sayapun coba mengintip lewat jendela kelas, saya lihat Kamal sedang mengerjakan tugas observasinya dengan tenang. Wow…

Saya tidak sabar menunggu Kamal keluar kelas. Dan saat keluar kelas saya lihat wajah Kamal sangat ceria dan istri saya juga cukup surprise dengan perubahan perilaku Kamal di kelas. Ia jadi penurut dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, nyaris sempurna kata istri saya. Padahal selama ini kalau Kamal ngambeg butuh waktu agak lama baginya untuk kembali ‘normal’ dan ‘back to track’.

Dalam beberapa hari ini saya amati Kamal menjadi anak lebih ceria dan sudah jarang rewel. Alhamdulillah ….

Apakah ini pengaruh dari EFT atau hanya kebetulan? Saya sendiri takjub, tapi saya yakin tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Saat ini saya coba terus terapkan EFT baik untuk diri sendiri, untuk kebaikan anak-anak kami, dan untuk masa depan kami sekeluarga.🙂

Oh ya, saya coba EFT agar kios Addina omsetnya bisa terus naik dan terus berkembang. Mengikuti saran Gary Craig sang penemu EFT : “Try It On Everything!!“. Semoga berhasil… tunggu laporan berikutnya ya…

Semoga bermanfaat.

Salam
Fuad Muftie
© 2007
https://fuadmuftie.wordpress.com

24 Balasan ke Berhasil Memanfaatkan EFT pada Anak

  1. helgeduelbek mengatakan:

    wah bisa dicoba nih, punya tautan panduannya gak pak?

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Oh ya link tentang EFT banyak sekali bisa tanya ke Mbah Google. Atau cobain emofree.com (pusatnya), eftupdate.com, eftdownunder.com, dll

    Sekalian Update:
    1) EFT di Indonesia dipopulerkan oleh Pak Ahmad Faiz Zainuddin, dengan brand S-EFT : Spiritual EFT, bisa dilihat di seftlogos.com

    2) Tadi malam saya coba terapkan lagi ke anak saya yang takut sama Kecoa. Begitu melihat kecoa anak saya langsung histeris ketakutan. Sambil saya peluk saya ketuk2 di bawah ketiaknya. Alhamdulillah ketakutannya reda dan malahan mendekati kecoa dan mengusirnya.🙂

    Salam
    FM

  3. ali301 mengatakan:

    Menarik juga EFT ini…makasih infonya. tapi mekanisme EFT itu sendiri gimana ya? kok terkesan banyakan unsur sugestinya…

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    Sejauh yg saya pahami, mekanisme EFT adalah menetralisir aliran energi tubuh yang terganggu karena pengaruh emosi/pengalaman masa lalu/kejadian2 ttt. Kalau kajian ilmiahnya bisa dicari di web-web diatas atau coba baca2 di energypsych.org.

    Salam
    FM

  5. ndRa mengatakan:

    btw, kalo tingkatkan daya ingat dan memory bisakah, jadi jika baca buku cukup sekali, apalagi jika bukunya banyak, textbook dan ebooks…juga bisakah tingkatan speed reading pak, mohon donk infonya…

    btw kalo mau ikut trainingnya di mana yah? terima kasih banyak jawabannya

  6. Fuad Muftie mengatakan:

    Penemuan EFT sampai saat ini masih dalam tahap experimental, meskipun sudah bertahun2 berjalan dan dalam prakteknya sudah banyak terbukti dan teruji bisa mengatasi berbagai masalah emosi, psikologi, bahkan permasalahan fisik.

    Penemu EFT sendiri (Gary Craig) sering menganjurkan “try it on everything”. Karena memang sering memberi hasil yang positif yang tidak terpikir sebelumnya. Dan lagian sekali bisa teknik EFT, selanjutnya mudah dan murah diterapkan. Sehingga “coba aja”.

    Untuk meningkatkan kemampuan belajar, sepanjang yang saya baca sudah banyak yang membuktikan, EFT bisa mengatasi permasalahan / gangguan2 dalam belajar dan mampu meningkatkan skor / nilai belajar seseorang.

    Dalam kaitannya dengan kemampuan membaca cepat (speed reading) memang ada teknik speed reading tersendiri. Menurut saya dengan EFT bisa saja dicoba untuk membantu sesorang meningkatkan kemampuan / kecepatan membacanya.

    Untuk trainingnya, kalau anda ada di jakarta bisa lihat websitenya seftlogos. Saya sendiri banyak belajar lewat website emofree.com dan Alhamdulillah pernah diajari langsung sama teman saya yang sudah lebih dulu tahu. Kalau anda di jakarta timur, kita bisa belajar bareng dan InsyaAlloh saya siap menularkan ilmunya.

    Salam
    Fuad Muftie

  7. Ferdi RN mengatakan:

    Mas Fuad, saya mau dong diajari langsung EFT. Rumah saya di Jakarta Utara, tapi sering ke Jakarta Timur. Bisa ketemu dimana ya mas ?

    Thanks,

    Ferdi RN

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Ferdi, sudah baca artikel-artikel dan manual di tautan-tautan di atas belum. Syukur sudah baca duluan biar lebih gampang nunjukin langkah-langkahnya.

    Dimana ya bisa ketemuan?? Kalau bisa di tempat yang nyaman Pak, jadi lebih fokus dan konsentrasi belajarnya. Via JAPRI aja ya Pak.

    Salam
    FM

  9. zenfahmi mengatakan:

    mudah dan cepat itu kesan saya dengan eft namun meninggalkan beberapa pertanyaan. Pak Fuad saya tinggal di Kalimantan Timur tepatnya di Tenggarong yang mana kata orang agak jauh dari pusat bisa enggak bapak berkonikasi dengan saya lewat email. Bisakah eft diterapkan atau diajarkan tanpa harus bertemu dengan pengajar dan terapi jarak jauh. Terimakasih Insya Allah saya akan banyak bertanya lagi maklum masih super pemula

  10. Fuad Muftie mengatakan:

    Saya sendiri belajar lewat website-website ttg EFT, berlangganan newsletter, dan membaca buku S-EFT (Spiritual EFT -> berbahasa Indonesia). Saya belum pernah belajar langsung dari master EFT. Pernah diajari Pak Rery Indra Kusuma yang juga waktu itu baru belajar EFT. Jadi menurut saya belajar EFT bisa dilakukan tanpa bertemu dg pengajar. Tapi kalau mau benar2 mendalami dan menjadi master, menurut saya tetap harus belajar langsung dari ahlinya.

    Saya juga masih pemula koq Pak. Tapi silahkan saja kalau mau sharing bersama .

    Salam
    Fuad Muftie

  11. hetty mengatakan:

    pak… apakah EFT itu berlaku untuk hal positif saja kan? kalo untuk pengaruhi orang tapi yang jelek gak manjur kan? gimana, pak? kalo bisa pengaruh yang positif aja saya sangat tertarik sekali tapi kalo bisa untuk hal negatif mending disimpen sendiri aja.

  12. Fuad Muftie mengatakan:

    Menurut penemunya memang EFT ditujukan untuk hal-hal yg baik. Dan saya juga menggunakan untuk hal2 yg baik-baik saja, toh kalau menggunakan untuk yg negatif efeknya langsung-tidak langsung akan kita terima sendiri.

    Salam
    FM

  13. Aldi mengatakan:

    Saya tertarik sekali dengan metode S-EFT ini tapi informasi mengenai hal ini (yg versi Pak Ahmad Faiz Zainuddin) terbatas sekali di Internet, web address yg disebut seftlogos.com juga tidak valid.

    thx,
    Aldi

  14. MUhammad Iman mengatakan:

    Bagi mereka yang mau belajar EFT, kini telah di buka EFT Indonesia, http://www.eftindonesia.com, langsung dikelola oleh Muhammad Iman, satu2nya wakil EFT dari indoneisa.
    Jika anda sudah menggunakan EFT sebagai media terapi anda, silakan daftarkan diuri anda ke EFT Practitioner Indoneisa Directory, pendaftaran Gratisss.
    Anda pun dapat belajar secara online dengan harga terjangkau dan dengan hail yang sama dengan training secara langsung.
    Jaminan 100 % uang kembali. jika ternyata anda gagal melakukannya.

    Thks

    Muhammd Iman

  15. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    FM

  16. dani mengatakan:

    certified with EFT Center worldwide and AAMET…….www.eft.co.id

  17. Anto Gesek mengatakan:

    Bangga dan senang atas penyampaian/testimoni mas FMuftie, memang terapi Energi Psikologi sering memberi efek yang mengejutkan para SEFTer/EFTer sbg perantara, dan sebagai hidayah Tuhan ini kesembuhan adl karunia bagi kita semua. Di Indonesia aku perhatikan ada : loGos.co.id , eftIndonesia.com , eft.co.id dan lovingourselves.com
    Salam Bahagia dan Selalu bersyukur, Aku Ridho, Aku Ikhlas dan Aku Pasrah

  18. Nuri mengatakan:

    Alhamdulillah.. terimakasih buanget atas infonya.
    Saya jg dah lama meyakini kalau ada titik tubuh tertentu yang kalau di sentuh akan dpt meredakan ketegangan. Tapi ilmunya apa … dalam hati bertanya-tanya. Alhamdulillah sekarang terbuka jalan tuk mempelajari.Jazakumullah khairan buat bung FMuftie n keluarga

  19. Gunawan mengatakan:

    saya sudah mempelajari EFT sejak lama&sdh sangat terasa manfaatnya.jadi untuk yg masih ragu ga usah tanya ini unsur sugesti atau bukan,yg jelas EFT itu seperti aliran listrik dirumah kita,ga perlu kita tanya cara kerjanya tapi rasakan manfaatnya&gunakan sebaik~baiknya..dan saat ini ada sebuah terobosan baru dalam EFT,kini EFT telah dikembangkan menjadi EFT POWER ENERGY.dimana penterapy diinisiasi sedemikian rupa agar dari kedua belah tangan penterapi mengalir ENERGY saat melakukan taping.

  20. syahrul cut amat mengatakan:

    Ass wr Wb.
    saya tinggal di semrang, saya ingin tau berapa lama waktu untuk belajar EFT, apakah bisa satu hari langsung bisa, dan saya ingin tau juga biya yang dibutuhkan untuk belajar EFT sampai bisa.
    hanya ini pertanyaan dari saya, terimakasih.

  21. rahman mengatakan:

    bagi yang maw buka2 informasi atau ikut pelatihan bisa liat di eft.co.id, katanya penemu EFT sudah pensiun, jadi badan dunia yg diakui menaungi EFT sekarang adalah AAMET / aamet.org

  22. Aditya Oneboy mengatakan:

    like back bro…. !!
    kabarpelik.blogspot.com
    tq

Tinggalkan Balasan

