Peluang Usaha di Nanggroe Aceh Darussalam

Assalamualaikum wr.wb.

Perkenalkan nama saya Harmouzhan., seorang mahasiswa  yang pengen banget ngebuka usaha sendiri. Saya di Aceh Mas.

Untuk tahap modal saya punya tabungan 10 jt. tp saya ngak tau mau usaha bagaimana yang saya jalankan. Planing saya sich pengennya ngebuka usaha rental komputer or counter HP. Maklum mas saya lihat peluang di Aceh, ttg tehnologi masih lambat perkembanganya di bandingkan dengan kota besar lainnya. Sementara daya beli masyarakat di sini tinggi.

Saya tertarik sich dengan metode mas ttg ATM (amati, tiru, modifikasi). Cuma masalahnya saya tidak tau dimana untuk mengamati, meniru krn saya tidak pernah keluar Aceh untuk melihat perkembangan disana. "maklum deh, saya anak kampungan kali ya;-)"

Harapan saya sich, apa yg harus saya lakukan, untuk mematangkan planing saya mas, trus mungkin ada situs or web yang bisa gue kunjungi untuk diamati strateginya mas. Atau mungkin mas jg punya relasi di sana, yang bisa ngebantu saya…

Oh ya, saya mahasiswa tehnik komputer mas……

Untuk semua, motivasi, balasan, dan konstribusi yg mas berikan saya ucapkan terima kasih….

Salam ya mas untuk keluarganya……

Moga makin sukses & berjaya di jalan Allah SWT…

Amin…..

Wassalam…

Harmouzhan
mozan.lgs [at] gmail.com
0852 6019 xxx

========= Komentar =========

Wa’alaikum Salam Wr Wb

Salam kenal kembali Saudaraku di NAD. Mas Harmouzhan saya senang sekali dengan analisa Anda mengenai kondisi di Aceh yaitu "Perkembangan teknologi yang lambat" v.s. "daya beli masyarakat yang tinggi". Bukankah itu suatu peluang emas yang belum tergarap dengan baik. Berarti kini saatnya Anda ambil tindakan untuk memenuhi kebutuhan / kesenjangan yang ada tersebut.

Saya pikir perkembangan teknologi sangat universal. Kalau saat ini di NAD nampak masih lambat, mungkin karena sarana dan prasarana yang belum memadai. Begitu ada yang mau menyediakan segala sarana dan prasarananya, pasti perkembangannya akan melesat mengikuti perkembangan teknologi di tempat lain. Cuman siapa yang bersedia menyediakan sarana dan prasarana? Bisa saja Pemerintah, NGO, swadaya dan pengusaha.

Kalau nunggu pemerintah, NGO, dan swadaya mungkin lama ya… terealisirnya. Berarti ini merupakan kesempatan pengusaha dan calon pengusaha untuk menyediakannya. Mungkin Anda jadi berpikir, wah berarti butuh modal yang besar dong untuk menyediakan sarananya? Benar, kalau kita mau menyediakan sarana yang super lengkap.

Tapi sebagai calon pengusaha, tidak boleh langsung menyerah. Sentuhan-sentuhan kecil bisa berdampak sangat besar dan luas. Kalau saat ini belum ada rental komputer yang memadai di sekitar lokasi Anda sementara ada kebutuhan di sana, penuhi saja dulu kebutuhan ini. Lambat laun kalau masyarakat sudah terbiasa dengan komputer pasti kebutuhannya akan meningkat.

Kalau usaha rental bisa berkembang InsyaAlloh bisa ditingkatkan lagi untuk memenuhi kebutuhan yang lain misalnya warnet, penyediaan jaringan, jasa service/perakitan komputer, dan sebagainya. Atau mungkin Anda bisa menjadi suplier komputer di NAD nantinya.

Saya pikir modal Rp.10 jt sudah cukup untuk membuat rental komputer. Cuma mohon maaf saya kurang memahami seluk beluk usaha rental komputer. Yang perlu diperhatikan adalah alokasi modalnya! Biasanya yang akan menyedot modal banyak adalahlokasi (kalau bukan milik sendiri dan harus beli atau sewa) dan peralatan (komputer set dan printer). Sehingga perlu diperhitungkan matang-matang penggunaan modalnya. Untuk tahap awal mungkin dua atau tiga unit komputer cukup. Kalau sudah jalan dan menghasilkan untung bisa ditambah lagi.

Usaha Counter HP juga sangat bagus dan prospektif. Sepanjang yang saya tahu, untuk usaha voucher HP memang untungnya kecil tapi biasanya transaksi penjualannya lebih sering terjadi, sehingga untungya menjadi besar dari volume penjualan. Kalau bisa, ambil posisi sebagai penjual grosir-an sehingga volume penjualannya bisa lebih tinggi lagi.

Jika diperbandingkan, usaha penjualan voucher mungkin butuh modal yang lebih kecil dari pada rental komputer. Modal yang ada, bisa digunakan lebih banyak untuk menyediakan barang dagangan (voucher, assessoris, HP baru & second, dll) daripada investasi lokasi dan peralatan. Lokasi penjualan juga nggak perlu besar-besar seperti untuk rental komputer. Yang penting berada di lokasi yang strategis. Dan nantinya tinggal dibikin ramai suasanya dengan banyak memasang spanduk, gambar-gambar, dan hiasan-hiasan yang menarik lainnya.

Untuk strategi A.T.M, kalau di tempat Anda belum ada, berarti ini benar-benar peluang yang besar. Saran saya luangkan waktu sekali-dua-kali berkunjung ke kota lain yang sudah ada pengusaha rental komputer maupun counter HP. Mungkin ke Medan atau kota lainnya yang lebih dekat. Itung-itung sebagai investasi di pengetahuan (ilmu) dan syukur-syukur bisa sekalian dijadikan kesempatan membentuk jaringan dengan pengusaha lain.

Kalau mau bisnis voucher, banyak lho yang menjual lewat website. Coba anda buka blognya Pak Masbukhin di masbukhinpradhana.blogspot.com, beliau ini dijuluki Rajanya Voucher. Atau cari lewat google.com. Cuma saran saya hati-hati dengan tawaran yang menggiurkan, karena sering berujung penipuan. Ingat : bisnis itu berlaku prinsip KEWAJARAN. Kalau mendapat tawaran yang menggiurkan dan tidak wajar, harap berhati-hati. Pelajari benar-benar tawaran-tawaran dengan kepala dingin. Kalau nggak wajar, nggak usaha maksain ikut.

Tapi mohon maaf, ulasan saya diatas hanya analisa semata, karena saya belum pernah terjun langsung di bisnis rental komputer dan counter HP. Atau barangkali ada pembaca yang punya pengalaman dan pengetahuan lebih luas tentang bisnis rental komputer dan counter HP, boleh silahkan berbagi dengan Mas Mouzhan di Aceh. Atau ada yang bersedia kerja sama ????

Semoga bisa membantu.

Salam
Fuad Muftie
© 2007 https://fuadmuftie.wordpress.com

7 Balasan ke Peluang Usaha di Nanggroe Aceh Darussalam

  1. arya mengatakan:

    Pak Fuad saya mau tanya;
    kalo kita mau posting yang baru (bukan komentar) gimana caranya?
    … , kok saya hanya bisa masuk ke halaman komentar saja.

    Trimakasih,

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Arya
    Untuk sementara yang bisa posting di halaman utama ya cuma saya. Pembaca memang hanya boleh posting lewat komentar. Kalau Pak Arya melihat ada rekan lain yang masuk ke halaman utama, itu biasanya pertanyaan yang kebetulan jawabannya panjang, sehingga kalau saya jawab di kolom komentar akan kepanjangan. Makanya sebagian saya tempatkan ke halaman utama secara manual, nggak otomatis gitu.

    Salam
    FM

  3. Ben-rajesh mengatakan:

    Salam kenal,
    Sebuah pandangan yg sangat baik yg disampaikan oleh mas fuad. Memang benar usaha yg terpenting adalah kita(calon pengusaha), harus bisa meraba atau melihat jauh kedepan dari masa depan usaha yg akan kita bangun. Karena itu dapat menumbuhkan rasa yakin yg berbuntut sebuah semangat pantang menyerah. Ingat usaha jangan takut gagal, tapi dengan perhitungan bijak kalau bisa usaha berjalan sesuai apa yg kita harapkan. Selamat mencoba.

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Ben-rejesh, komentar Anda memang sejalan dengan pikiran saya selama ini. Harus visioner, punya keyakinan, semangat, pantang menyerah, perhitungan, dan berani mencoba.

    Sukses buat Anda
    Salam
    FM

  5. GudangDisc.Com mengatakan:

    pak.. kalo bapak mau buka usaha rental VCD / DVD original di NAD..

    saya berminat jadi distributor rental anda..

    kalau berminat e-mail di info@gudangdisc.com

    atau sms/call di 081805202023

  6. andi mengatakan:

    Sekedar berbagi pengalaman, saya dulu pernah usaha rental komputer dan counter HP juga, beda dengan mas Hormouzan yang tingal di NAD, kebetulan saya tinggal di daerah, dalam perjalanannya mungkin agak lambat, terutama bulan pertama, bermodal 2 buah komputer dan HP buat ngisi pulsa saya berusaha mengembangkan usaha saya tersebut yang kebetulan juga “Join” dengan 2 teman saya. sebenarnya sudah sangat bagus perkembangannya, kepercayaanpun sudah saya dapat dari masyarakat, akan tetapi semua itu bisa rusak karena adanya “ketidak adilan” dalam menjalankan usaha tersebut, dimana ke-2 rekan saya sering tidak ada di tempat untuk jaga “warung” (alhamdulillh “warung” milik sendiri) sehingga apa yang selama ini menjadi kerja keras saya, harus hilang semua. akhirnya saya memilih untuk bekerja di perusahaan swasta (kebetulan saya lu2san komp juga). saran aja buat siapapun yang mau membuka usaha rental, jangan ragu untuk memulai, karena sebenarnya, usaha apapun asal kita tekun dan profesional mengelolanya, apalagi pekerjaan itu merupakan hasil dari hoby kita. suatu saat nanti pasti akan kita rasakan hasilnya.
    sukses untuk kita semua

    =====
    [Fuad Muftie]

    Terimakasih Mas Andi, memang kalau membuka usaha bersama rekan yang lain, mesti jelas hak, kewajiban, dan tanggungjawab masing-masing pihak. dan sebaiknya dibuat secara tertulis dalam bentuk perjanjian. Sehingga kalau ada permasalahan ada yang dijadikan acuan untuk menyelesaikannya. Sangat disayangkan kalau dalam kerjasama tersebut, usaha sudah jalan, hanya karena ada pihak yang tidak komitmen menjadikan usahanya ditutup. Kalau ada perjanjian tertulis mungkin bisa dihindari penutupan usahanya, usaha tetap jalan dan masalah diantara rekan2 bisa diselesaikan.

    Saya sangat setuju kalau sudah ada niat untuk buka usaha, jangan terlalu dihalangi dengan ketakutan sendiri. Beranikan diri untuk secepatnya membuka usaha tersebut, kalau sudah jalan, insyaAlloh tidak akan terbukti ketakutan-ketakutan kita.

  7. Anto mengatakan:

    untuk mas harmauzan,
    saya punya saran, berhubung mas harmauzan lulusan komputer, kalau punya keahlian dibidang pemrograman database dan design grafis coba saja geluti bidang tsb, mengingat kebutuhan sistem informasi di NAD sudah mulai ada, tinggal kita saja bagaimana membaca peluang sekaligus memasyarakatkan teknologi khususnya bidang TI,usaha tersebut bisa dilakukan sekaligus dengan usaha pengetikan komputer. maka, dengan dana yang terbatas sekalupun mas bisa menjalankan usaha tersebut.

    demikian gambaran dari saya, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

