Belanja Dahsyat Akhir Tahun

Dengan membuka usaha, bersiaplah untuk mengalami kejadian-kejadian yang tidak terduga. Seperti yang kami alami minggu kemarin.

Logikanya bisnis busana muslim dan produk turunannya akan sepi atau turun penjualannya setelah masa lebaran. Pengalaman kami tahun lalu di Kios Addina, memang demikian. Setelah lebaran, penjualan turun. Tapi masih ada beberapa moment yang membuat toko ramai seperti Iedul Adha. Itupun volume penjualannya masih jauh dibanding moment Ramadhan dan lebaran Iedul fitri.

Satu hal yang sebaiknya / seharusnya dihindari adalah menjadikan data seperti itu sebagai keyakinan. Kita harus tetap yakin dan optimis bahwa dengan membuka usaha, peluang penjualan bisa terjadi setiap saat tidak tergantung musim. Mungkin saja peluangnya sangat kecil, tapi itu tidak berarti sudah tertutup peluangnya. Mungkin peluangnya cuma 0.1%, tapi kalau yang 0.1% itu jatuh pada diri kita, … bersiaplah… dan bersyukurlah….

Begitulah kira-kira yg kami alami. Minggu kemarin tiba-tiba kami mendapat order jilbab yang cukup signifikan dan pembeli minta barang cepat disediakan. Melihat stok di kios Addina, jelas sangat terbatas karena yang dipesan cuma satu tipe dan nggak mau dicampur… Agar peluang tidak sia-sia, kami iyakan saja tawarannya. Perburuan jilbabpun dimulai…

Dengan asumsi, pusat distribusi jilbab tersebut ada di Bandung, Minggu 16-12-2007 pagi hari kami langsung meluncur ke Bandung. Sampai di Bandung ternyata barang sudah banyak keluar, tipe yang kami cari cuma ada sebagian. Akhirnya di Bandung, kami berhasil memboyong beberapa karung kecil berisi jilbab.

Karena, masih kurang, kami telpon ke Depok ke distributor yang lain, Alhamdulillah stok masih ada. Masalahnya di Depok tokonya tutup jam 5 sore, sementara pesanan harus sudah siap malam harinya. Tanpa membuang waktu, siang itu dari Bandung kami langsung ke Depok.

Masalah timbul, karena mobil yang kami pakai sudah cukup uzur, tidak mau lagi diajak lari sprint. Ketika diajak lari diatas 110kpj, mobil bergetar hebat, kami harus puas lari maksimal di 100kpj, itupun harus terus berzikir.. he.. he.. he… Masalah berikutnya.. memasuki Jl. Margonda Raya, jalan lagi macet-macetnya. Kami jelas gelisah, tapi saya ingat prinsip LoA, semakin gelisah semakin cepat terwujudnya apa yang kami gelisahkan. Kami coba tetap tenang, cool, dan FSG (Feel So Good)…..

Sampai di Depok, kami memasuki injury time. Pas istri saya masuk ke toko, penjaga bilang "Ooo… tadi Ibu yang telpon ya, padahal saya sudah mau pulang nich Bu" Dan Alhamdulillah penjaga toko masih bersedia melayani kami.

Bersyukur sekali pesanan bisa kami penuhi. Keluar dari Depok, mobil telah penuh dengan jilbab. Itung-itung sekalian buat persiapan stok di calon toko yang baru. Dan setelah dipikir2 belanja kemarin bisa menjadi belanja yang dahsyat di akhir tahun bagi kios mungil kami, karena bisa menyaingi belanja kami di bulan Ramadhan. Terimakasih ya Alloh…. What a beautiful day!

Wassalam
Fuad Muftie
© 2007 https://fuadmuftie.wordpress.com/

7 Balasan ke Belanja Dahsyat Akhir Tahun

  1. rudi mengatakan:

    assalamualaikum pak muftie
    jujur saja blog bpk sangat menginspirasi saya
    apakah itu tentang janji allah akan rejeki yang telah di tetapkan atupun kewajiban kita buat menjemput dengan cara yang di ridhoi
    pak muftie saat ini saya masih seorang TDB namun saya sangat sangat berkeinginan untuk bisa menjadi seorang pengusaha
    dan salah satu bidang yang saya ingin coba adlah ritel atk dan aksesoris
    saya berdomisili di samarinda, nah apa pak muftie bisa membantu saya dimana saya bisa mendapatkan barang awal ritel saya dengan harga yang bersaing di sekitar daerah bpk.?
    atas bantuannya saya sangat bertemakasih sekali
    buat teman2 yang ingin sharing bisnis atw informasi ttg bisnis atk bisa menghubungi saya di rudi_hg@yahoo.com

    salam funtastic!

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Wa’alaikum Salam Wr Wb

    Pak Rudi, kalau memang sudah niat, sebaiknya segera direalisasikan. Apapun hambatan dan rintangannya, kalau sudah memulai akan lain ceritanya.

    Untuk ATK dan Aksesoris yang saya tahu ada di Pasar Pagi Mangga Dua. Pernah juga saya lihat di Pasar Asemka Jakarta. Cuma saya tidak tahu mana yang harganya bersaing / murah, karena saya belum pernah survey.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  3. lbaringin mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak Muftie,

    Wah nyesel banget nih gak jadi dateng kumpul2 mastermind jakarta timur. Tulisan yang ini bener2 inspiring buat saya. Karena saya juga sedang merintis usaha sejenis, fashion. Saya tunggu postingan berikutnya.

    wassalam,
    Leo Baringin

  4. triwoko mengatakan:

    Bro FM,
    Take great action (Addina 2.0)… miracle happen !!
    Double thumbs up buat bro FM.
    Welcome to the club 11 digits.
    Proficiat dan sukses selalu buat bro FM sekeluarga.

    Salam Take Double Action,
    Bams Triwoko

  5. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Pak Leo Baringin

    Tidak perlu menyesal Pak, masih ada hari esok. InsyaAlloh TNM-E20 rutin mengadakan pertemuan, terus dipantau saja di milis Pak

    @ Mas Bambs
    Terimakasih Mas, mudah2an 11 digit cepat diraih dan tentunya biar bisa lebih dalam ‘memberi dan melayani’ agar manfaat yang sebesar2nya bagi masyarakat luas.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  6. Adhi Budi mengatakan:

    Assalamualaikum W.W.

    Kisah yang luar biasa Pak Fuad. Selamat atas dibukanya Toko Addina V 2.0. Semoga Toko Addina V 2.0 menjadi “Lompatan” yang juga luar biasa, Amin.

    Saya juga mau ngucapkan Terima kasih juga atas kesediaan bapak menerima kami dalam pertemuan MM TNM E-20 yang lalu. Untuk pertemuan berikutnya mohon disharing juga cerita yang dahsat ini ya Pak.

    Salam
    Adhi Budi (Calon Tetangga)
    TNM E-20

  7. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Adhi Budi, terimakasih Pak atas supportnya. Cerita ini cukup dahsyat bagi pengusaha kecil spt saya, tapi mungkin tidak terlalu heboh bagi yg lain Pak. Tapi mudah2an bisa menginspirasi pengusaha kecil lainnya Pak.

    Salam
    Fuad Muftie

Tinggalkan Balasan

