Sudah Gonta Ganti Usaha, Belum Juga Untung

Salam kenal pak Fuad,

Sebelumnya perkenalkan saya adalah mahasiswa abadi di sebuah PTS jurusan teknik sipil, usia 25 tahun udah 7 tahun belum lulus…saya ingin menanyakan usaha yang cocok untuk saat sekarang ini apa ya…soalnya saya sudah bergonta-ganti jenis usaha tapi masih belum ketemu ama jalannya. Dari rental komputer, konter HP, bahkan makelar/broker, di bidang design (ulem,amplop,spanduk dsb)

Akan tetapi klo selama ini saya pelajari dan saya perhatikan hanya karena kurangnya modal dan sepi ato lesunya pasar. Waktu itu saya rasakan pasar yang benar-benar sepi…klo boleh dibilang dalam satu tahun kerugaian yang saya alami mencapai +\- 5-6 juta untuk konter HP padahal modal cukup besar +\- 11 jutaan…dan rata² usaha saya bertahan +\- 1 tahun masing².

Saya benar² bingung untuk memulai usaha lagi..yang sekarang ini tanpa modal yang besar apa???yah kisaran 1-2 juta…keuntungan ga perlu besar tapi untuk menyelesaikan kuliah cukup gitu aja.heheh. karena kuliah atas biaya sendiri.

atas pencerahan dari pak Fuad saya ucapkan banyak terima kasih

wassalamualikum

chatur wied

==============================================

Salam kenal kembali Mas Chatur.

Sudah punya pengalaman gonta-ganti usaha tapi belum ada yang cocok bisa menjadi asset yang bernilai bagi Mas Chatur. Satu hal yang pasti adalah Mas Chatur sudah bisa memulai atau mengawali suatu usaha. Bandingkan dengan orang lain yang pingin punya usaha tapi tidak ada keberanian untuk memulai. Dengan demikian kapanpun Mas Chatur ingin kembali membuka usaha, kemungkinan besar Mas Chatur tidak akan setakut orang lain yang belum pernah membuka usaha.

Mas Chatur, dari beberapa usaha yang pernah dijalani pasti ada yang pernah dapat untung kan? Meskipun akhirnya harus di cap merugi, tapi dari setiap transaksi pasti banyak yang memberikan laba. Ini sesuai dengan prinsip dasar berjualan "menjual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli". Kecuali Mas Cathur memang dermawan dengan menjual lebih rendah dari harga beli🙂 Nah coba Mas Chatur ingat-ingat kembali kapan pernah mendapatkan untung yang tinggi, bagaimana hal itu bisa terjadi. Terus coba bayangkan kira-kira bisa nggak diulang lagi. Kalau memang bisa, kenapa nggak dicoba lagi, tentunya dengan strategi yang lebih baik lagi.

Kalau kesimpulan Mas Chatur usaha merugi karena lesunya pasar, coba bandingkan dengan usaha serupa di tempat lain, kenapa sampai sekarang bisa jalan, survive, bahkan berkembang. Coba evaluasi lagi dari sisi internal usaha Anda, jangan menyalahkan faktor eksternalnya dulu. Kalau pasar di tempat usaha Mas Cathur lesu, kenapa tidak coba masuk ke tempat lain, ke pasar lain? Kenapa tidak digencarkan promosinya? dll

Oh ya, dari beberapa usaha yang sudah dijalani, ada nggak yang pernah membuat Mas Cathur terus bersemangat? Kalau ada, kemungkinan usaha tadi sudah cocok di jalani. Maksud saya, daripada coba lagi dengan jenis usaha lain yang belum tentu cocok dengan tipe pribadi Mas Cathur, kan lebih enak mengulangi dan mendalami jenis usaha yang bisa membuat Mas Cathur termotivasi. Tapi kalau ternyata dari beberapa usaha tersebut nggak ada yang bisa membuat Mas Cathur semangat, kemungkinannya usaha mundur bukan karena pasar yang lesu tapi karena faktor internal Mas Cathur yang kurang semangat.

Usaha itu seperti mahluk hidup saja, kalau mendapat suntikan semangat dari kita dan mendapat perhatian serius dari kita, umumnya usaha kita akan memberi umpan balik yang positif dengan memberikan laba, keuntungan, dan bisa berkembang.

Memulai lagi usaha jangan semata-mata berpatokan pada modal doang. Modal boleh sedikit, tapi kalau kita serius InsyaAlloh modal bisa terus berkembang. Setahu saya, jual beli pulsa HP bisa dimulai dengan modal kurang dari satu juga (CMIIW). Jasa percetakan juga bisa dimulai dengan modal minim. Tinggal kembali pada diri Mas Cathur mana usaha yang bisa membuat semangat???

Yang terakhir, ini pesan dari orang yang sudah sukses, kalau kita mau terjun berbisnis BERTANGGUNGJAWABLAH. Artinya kitalah yang bertanggung jawab atas sukses tidaknya usaha kita. Jangan pernah menyalahkan faktor eksternal. Pasar boleh lesu, tapi di dalam pasar yang lesu bisa dipastikan akan ada pengusaha yang maju dan melejit. Nah kenapa kita tidak berikhtiar agar di dalam pasar yang lesu kitalah yang maju??

Maaf kalau saya tidak memberi "ikan" atas pertanyaan Anda, tapi saya berusaha memberi "kail" agar Anda bisa dapat "ikan-ikan" yang lebih banyak.

Semoga bisa membantu dan menginspirasi

Wassalam

Fuad Muftie
© 2008,
https://fuadmuftie.wordpress.com/

Owner Toko Addina yang berjualan jilbab, kaos muslimah, busana muslim anak, dll

2 Balasan ke Sudah Gonta Ganti Usaha, Belum Juga Untung

  1. uta888 mengatakan:

    nice blog.

    saya ikut komentar ya.

    emang menurut saya ada baiknya kalau kita memang berbisnis itu pada sesuatu hal yang kita ada jiwa didalamnya.

    nih saya punya tulisan dari http://bakatdanminat.wordpress.com/

    CARA MENGETAHUI BAKAT DAN TUJUAN HIDUP KITA :

    1. Apabila waktu terluang apa yg anda lakukan?

    2. Selepas waktu kerja, apa yang anda selalu lakukan?

    3. Perkara apa yang anda minat dan senang(gembira) lakukan?
    4. Apakah perkara yang membuatkan anda bangun tidur dua jam lebih awal?

    5. Apakah perkara bila anda lakukan lupa waktu tidur, lupa belum sarapan lagi (lupa lapar) dan sukar tinggalkan.

    6. Perkara apa yang anda sanggup lakukan walau tidak dibayar dan anda gembira melakukannya?
    …..lakukan disini bukan bermakna seminggu atau sebulan tapi untuk sepanjang hidup anda.

    7.perkara apa yang jika anda lakukan bahkan bisa membuat anda lupa janji anda saking asyiknya

    8.coba tanyakan pada diri anda, jika anda mati nanti, anda ingin dikenang orang sebagai apa? Biasanya itulah tujuan hidup anda…

    9.perkara apa yang jika anda kerjakan, anda sangat mudah dan cepat mempelajarinya, hingga bahkan anda dengan mudah membuat prestasi dalam perkara itu. Orang lain dibuat heran oleh kemampuan anda yang dapat menguasai perkara itu dengan cepat dan mudah.

    10.perkara apa yang membuat anda begitu dikagumi oleh teman-teman anda.

    11.perkara apa yang ketika anda kerjakan membuat anda sampai lupa waktu tidur saking asyiknya. Dengan kata lain seharusnya anda ngantuk dan sudah tidur jam 10 malam, namun karena hal itu anda jadi tidur jam 12 malam, atau bahkan ekstremnya anda jadi “lupa ngantuk” kalau tidak diingatkan oleh orang lain.

    12.perkara apa yang jika anda mengerjakannya, lalu setelah selesai anda perlihatkan kepada guru, teman atau orang tua anda, mereka tidak percaya bahwa yang mengerjakannya itu adalah anda.

    13.perkara apa yang jika anda mengerjakannya membuat anda menjadi sangat menikmati hidup alias hidup anda menjadi indah karenanya.

    14.perkara apa yang membuat anda sangat penasaran dan sangat ingin menemukan jawabannya dan anda berusaha dengan sungguh2 untuk mendapatkan jawabannya.

    15.perkara apa yang sering menjadikan anda menjadi tempat bertanya oleh orang lain. Dan orang lain sering memperoleh jawaban yang memuaskan dan “sangat dapat” membantu permasalahan orang lain itu, sehingga kemudian hari orang yang bertanya pada anda itu pun berterima kasih banyak kepada anda.

    16.perkara apa yang dapat dengan mudah anda analisa dan anda uraikan, dan hasilnya appliable alias dapat digunakan dilapangan dan tentunya berhasil.

    17.perkara apa yang jika anda lakukan lalu anda sangat semangat dan ceria dalam hidup, hingga kemudian anda ingin diberi umur yang panjang sekali agar dapat melakukan perkara itu.

    18.coba ingat masa kecil anda, adakah prestasi yang bagus akan sesuatu hal dan anda sangat enjoy dalam melakukannya namun terhenti karena dihalangi oleh keadaan, baik karena dicegah orang tua atau karena faktor ekonomi atau karena faktor keamanan dll. Bisa jadi itulah bakat anda.

    19.perkara apa yang jika anda lakukan membuat inspirasi dan ide-ide anda keluar laksana air zam-zam. Tak mau habis-habis.

    20.perkara apa yang jika anda lakukan anda sangat yakin anda dapat mencapainya/menguasainya.

    21.perkara apa yang jika anda lakukan anda dapat membayangkan sebuah kehidupan yang membahagiakan anda pada masa depan, mudah dalam harta, mudah untuk bisa membantu orang lain dll.

    22.apakah jabatan yang sering dipercayakan teman2 anda yang satu organisasi kepada anda. Dan mereka sangat merasa pede (merasa yakin anda akan berhasil) jika anda ada untuk mengurusi hal yang satu itu.

    23.perkara apakah yang jika anda kerjakan jarang salahnya.

    24.perkara apakah yang semula anda belajar dari orang lain, namun kemudian hari orang lain (tempat anda belajar itu) yang belajar kepada anda.

    25.perkara apa yang membuat anda senyum-senyum sendiri dan ingin melakukannya lagi.

    25.perkara apa yang membuat anda bisa “melompat” tanpa sadar, sambil bilang HORE… AKU BISA!!!

    26.perkara apa yang anda menjadi andalan oleh teman-teman anda, alias tempat “berpayung” teman-teman anda.

    27.perkara apa yang jika anda lakukan anda dibilang goblok, atau sinting, atau kekanak-kanakan, namun anda tidak peduli dan terus jalan saja.

    28.perkara apa yang membuat anda merasa waktu itu terasa sebentar. Alias satu jam terasa jadi seperti satu menit. Dan satu hari terasa jadi seperti satu jam.

    28.perkara apa yang ketika anda pelajari, anda tidak sedang merasa belajar namun anda merasa bermain.

    28.perkara apa yang jika anda kerjakan, anda tidak merasa bekerja tapi anda merasa berkarya.

    29.perkara apa yang anda tidak takut membagi-bagikan ilmunya itu pada orang lain tapi malahan merasa senang.

    30.perkara apa yang jika anda bagi2kan ilmunya itu pada orang lain membuat anda malah mendapatkan “ilmu baru lagi” alias makin tambah.

    31. perkara apa yang membuat anda jarang merasa “menyesal” telah melakukannya.

    32.perkara apa yang dapat anda pelajari dan kuasai hanya dengan mengamatinya. Dan hasilnyapun dapat sebanding (bahkan lebih) dibandingkan dengan orang yang membaca buku/kuliah untuk menguasainya.

    33.buku apa yang jika anda baca, banyak hal dalam buku itu yang ternyata sudah terpikirkan oleh anda.

    34. perkara apa yang membuat anda semakin merasa “kurang” alias merasa belum ada apa-apanya.

    35.perkara apa yang jika anda lakukan (pada intinya) membuat anda tidak takut menghadapi hidup.

    36.perkara apa yang bisa anda pelajari dengan otodidak dan hasilnya sama dengan orang yang belajar (kursus atau kuliah).

    37.perkara apa yang jika anda lakukan dan anda jadikan bisnis dalam hidup anda, anda tidak takut akan persaingan dalam bisnis tersebut.

    38.anda pasti punya banyak hal yang “bisa” dalam diri anda. Namun carilah dalam diri anda sesuatu yang jika anda lakukan anda merasa dapat memberikan manfaat yang terbanyak dan manfaat terbaik bagi orang lain.

    39.perkara apa yang jika anda lakukan anda tidak melakukannya karena mengharapkan pujian dari orang lain. Alias ada tidak ada orang lain yang melihat anda, anda tetap berusaha melakukan yang terbaik.

    40.perkara apa yang membuat anda tidak sabaran ingin melakukannya.

    41. perkara apa yang tidak sanggup dilakukan kebanyakan orang lain, namun anda sanggup dan bagus melakukannya. Seperti membuat kue coklat indah nan menawan dari bahan coklat yang seringnya dibuang oleh orang lain.

    42.perkara apa yang jika anda lakukan anda sendiri merasa heran dan bingung kok anda bisa “secerdas” itu dalam perkara itu.

    43.perkara apa yang jika anda lakukan, dan ketika orang lain melihat hasilnya, orang itu langsung bertanya “anda belajar dimana..?” dengan wajah penuh takjub.

    44.perkara apa yang jika anda lakukan anda merasa perkara itu dapat menjadi wadah (entry point) anda dalam mengeluarkan dan menggali seluruh potensi-potensi dan kemampuan dalam diri anda.

    45.perkara apa yang anda lakukan dan jika orang lain melihat hasilnya orang lain akan berdecak kagum dan mereka dengan spontan kadang sampai bilang “gila” atau “keren…” (sambil tercenung penuh penghayatan dan atau geleng2 kepala).

    46.perkara apa yang membuat anda betah berdiskusi dengan teman anda sampai berjam-jam. (Berdiskusi lho bukan berdebat).

    47.perkara apa yang anda paling banyak berkorban karenanya, namun anda tidak sedang merasa berkorban.

    48.perkara apa yang jika anda sedang ngobrol dengan yang ahli sekalipun dalam hal itu anda pede aja (tiada minder karena profesionalitasnya) dan bahkan ide-ide anda ternyata bisa menjadi sumber inspirasi orang itu.

    49.perkara apa yang membuat anda jadi capek sendiri karena nggak sanggup mengeluarin ide yang mengalir “berjuta-juta” banyaknya dalam benak anda yang menunggu keluar ketika mengerjakan perkara itu. Mungkin kayak prinsip bottle neck itu kali ya…

    50.perkara apa yang paling banyak terbayang dalam benak anda ketika membaca poin-poin tersebut diatas sampai dengan poin nomor ini.

    (terima kasih buat pak Anis dari malaysia dan mas Fuad mutie yang telah menginspirasi saya membuat tulisan ini).

  2. Fuad Muftie mengatakan:

    Terimakasih Uta888 atas panduan yang panjang dan lengkap ini. Saya juga jadi berpikir-pikir kembali setelah membacara point-point diatas, bener nggak nich yang sudah saya lakukan sesuai dg bakat dan minat saya.

    Terus terang pertanyaan spt ini sering muncul di hati kecil.

    Wassalam
    FM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: