Ada-Ada Saja Perilaku Konsumen

Menjalankan bisnis tidak hanya penuh tantangan. Kadang jalannya bisnis bisa membuat kita gembira dan FUN. Kadang juga membuat kita harus berpikir keras sampai keluar keringat dingin. Kadang membuat tidur kita begitu nyenyak dan lelap karena capek seharian terbayar dengan omset yang melejit. Kadang juga membuat kita tidak bisa tidur, saat ‘demand’ dari suplier lebih besar daripada ‘supply’ cash dari customer.

Tapi jangan khawatir, itu semua adalah dinamika dan proses. Yang namanya dinamika, kadang hadir juga kejadian-kejadian yang lucu yang kalau diingat akan menjadi hiburan tersendiri bagi kita. Seperti kejadian yang dialami karyawati di toko saya.

Suatu pagi, ada seorang pembeli di Toko Addina yang tampaknya baru kali ini datang ke Toko. Setelah melihat-lihat produk jilbab, jatuh cintalah ia pada salah satu produk. “Cantik sekali…” katanya. Iapun semangat memilih beberapa warna dan memutuskan membeli beberapa potong jilbab.

Setelah dihitung di Kasir yang sudah kami komputerisasi dengan Software POS Omset, muncullah angka sekian ratus ribu rupiah. Terperanjatlah si Ibu tadi, “Koq mahal banget?”. Karyawati saya mencoba menjelaskan “Iya Bu, kan Ibu beli lima potong, yang ini sekian ribu, yang ini sekian ribu dst… jadilah total sekian ratus ribu sekian rupiah.”

“Ach masak, segitu” katanya lagi. Terus kasir meyakinkan lagi dengan menghitung bersama menggunakan kalkulator. Dan sudah barang tentu hasilnya persis sama dengan perhitungan komputer.

Rupanya si Ibu belum juga yakin kalau totalnya segitu. Kemudian si Ibu memberi solusi. “Ya sudah saya beli satu-satu saja dulu”. Yang terjadi kemudian:

Jilbab pertama dibayar, si Ibu ngasih uang, dan kasir memberi kembalian

Jilbab kedua dibayar, si Ibu ngasih uang, dan kasir memberi kembalian

Jilbab ketiga dibayar, dan kasir kembali memberi kembalian, begitu terus sampai jilbab ke-lima.🙂

Jadinya Ibu tadi dapat lima struk belanjaan untuk lima potong jilbab!

Akhirnya Ibu tadi bilang, “ech bener juga, segitu ya…” Kasirpun senyum “iya Bu..”.

Surprise-nya lagi, sore harinya di hari yang sama, Ibu tadi kembali ke toko dan memborong lagi warna-warna yang lain “Ini buat sodara-sodara saya” katanya. Dan kali ini si Ibu sudah percaya dengan perhitungan software POS Omset di komputer🙂

Ach ada ada aja..

Salam FUNtastic!
Fuad Muftie
© 2008, https://fuadmuftie.wordpress.com/
@ Toko Addina, Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 40, Jakarta Timur, 021-9828 4731
► Distro Jilbab, Busana Muslimah, Busana Anak, Produk Herbal, dll

8 Balasan ke Ada-Ada Saja Perilaku Konsumen

  1. Doris Nasution mengatakan:

    Hihihi, lucu banget ibu itu pak. Seribu satu yang kaya’ gitu hehehe.

    Wuah saya pingin abnget loh mampir ke ADDINA nya pak Fuad.

    Tolong diberikan tips nya dong pak juga foto-2 terbarunya (kalau tidak sibuk)🙂

    Salam,
    Doris Nasution

  2. Indra mengatakan:

    Iya mas, semua itu hanyalah dinamika dan proses, sy salut juga sama karyawatinya, customer care- bagus. Kita tukeran link yuk, sy lagi mencari usaha yg cocok nih, barangkali bisa belajar dari mas.

  3. realylife mengatakan:

    ya , namanya juga pembeli pak . mungkin masih memegang prinsip , pembeli adalah raja
    itu saja

  4. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Bu Doris
    Terimakasih Bu Doris, memang benar2 unik customer tadi.

    Saya juga pingin mampir ke Shaakira Bu, apalagi sekarang sudah mendua🙂

    Untuk tips, saat ini Addina masih jalan normal2 saja, belum banyak tips2 baru Bu. InsyaAlloh kalau ada pencerahan dari Toko akan terus saya tulis.

    Untuk foto2, koneksi di tempat saya nggak kuat buat upload foto2 Bu. lagi nyari koneksi yg bagusan.

    @ Indra
    Terimakasih, mudah2an segera ketemu usaha yang cocok

    @ relylife
    Ya bener, kita juga berusaha untuk menjadi pelayan yang baik bagi Raja-Raja yang datang.

    Wassalam
    Fuad Muftie

  5. agusmupla mengatakan:

    Pak Fuad, salam kenal…
    Memang Pak, perilaku konsumen yang aneh-aneh bisa membantu proses pematangan pribadi kita juga. Bagaimana cara menghadapi orang yang bermacam-macam, mulai dari yang menyenangkan, bikin lucu, atau yang menyebalkan. Semuanya menjadi media training kita dalam memanaje hati dan perilaku kita.
    Salam Sukses Pak Fuad
    Agus MuplA

  6. Fuad Muftie mengatakan:

    Salam kenal kembali Kang Agus,
    Yup setuju semua kejadian dlm bisnis harus membuat kita semakin matang dengan semakin tertatanya hati dan perilaku kita.

    Sukses juga Kang Agus, juga buat Mupla dan warnetnya.

    FM

  7. izhayusmal mengatakan:

    Lagi mampir nih pak…saya sudah baca postingan bapak yang ini dari milis…tapi pas saya baca lagi disini, masih ketawa geli juga…heheh… Salut untuk pegawainya yang sabar….:) salam

    http://izhayusmal.wordpress.com

  8. Fuad Muftie mengatakan:

    Silahkan mampir Bu, silahkan diicipin kudapannya, he.. he.. he..
    Makasih Bu, sukses juga ya Bu, mudah2an dilancarkan usahanya..

    FM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: