Berburu Suplier

Bagi pengelola toko retail seperti kami di Toko Addina, jelas sangat bergantung pada pasokan barang dari suplier. Meskipun terjadi hubungan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara peritel dan suplier, bagi peritel pemula seperti kami, suplier masih seperti ‘dewa’ yang di atas angin bagi kami. Apalagi kalau supliernya sudah punya nama dan ‘merasa’ dibutuhkan banyak peritel (karena produknya bagus) maka maju-mundurnya usaha peritel sangat bergantung pada suplier. Sekali suplier menghentikan pasokan barang kepada kita, maka terancamlah usaha kita.

Memang enak sepertinya, punya suplier yang sudah punya nama. Kita bisa ikut diiklankan di majalah-majalah dan konsumenlah yang berburu barang ke tempat kita. Tapi tetap harus disadari dari awal, bergantung pada sedikit suplier bisa membuat usaha kurang fleksibel. Mungkin dalam satu musim suplier bisa menghasilkan produk-produk yang diminati, tapi di musim yang lain belum tentu produknya bisa laris manis.

Kecuali ada kesepakatan antara kita dan suplier untuk memasarkan produknya secara eksklusif, maka kita bisa suka-suka mencari jalur penyuplai barang sebanyak-banyaknya. Kita bisa menjalin kerja sama dengan sebanyak mungkin suplier. Ingat, semakin banyak pilihan, semakin fleksibel kita menentukan pilihan. Cuma memang, berita buruknya, butuh modal yang besar untuk menjalankan cara ini🙂

Mencari suplier yang sudah punya nama, sangat mudah. Tinggal buka-buka majalah yang sesuai segmen pasar kita atau lewat internet, maka kita akan menemukan iklan-iklan para produsen dan distributor produk-produk yang sudah punya nama. Kita tinggal hubungi mereka dan menjalin kerja sama dengan mereka. Tapi bersiap-siaplah untuk bersaing dengan peritel yang lain dan mendapatkan barang-barang yang sama persis dari suplier yang sama.

Cara lain mendapatkan suplier sekaligus bisa keluar dari persaingan seperti tadi adalah mencari sendiri suplier yang belum punya nama. Banyak sekali produsen-produsen yang bisa memproduksi produk yang bagus, tapi masih lemah di pemasaran. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Seperi kami di Toko Addina, juga sering mencoba menghubungi produsen-produsen yang belum beriklan di majalah tapi punya produk yang berkualitas.

Tidak hanya menantang dalam mencari dan bertemu dengan supliernya, tapi juga tantangan dalam memasarkan produknya. Kalau produk yang sudah punya nama, konsumen sudah yakin dengan kualitasnya dan konsumen datang ke toko dalam posisi ‘sedang mencari’. Berbeda dengan produk yang belum punya nama, kitalah yang harus meyakinkan pada konsumen bahwa barang kita juga bagus.

Mencari produsen seperti ini juga gampang-gampang susah. Kita bisa bertemu di sentra grosir seperti pasar tanah abang. Bisa juga dari informasi sesama peritel (yang ini bisa jadi untung-untungan), atau juga informasi dari teman atau Saudara. Yang paling mudah mungkin lewat internet. Tinggal tanya pada google maka akan ketemu informasi terkait.

Ada satu lagi cara mencari suplier seperti ini yaitu dari event-event pameran. Dalam sebuah pameran kita bisa ketemu langsung dengan para pengrajin, UKM, atau produsen dari produk yang kita cari. Kita juga bisa langsung tahu bagaimana kualitas produknya, harganya, dan sistem penjualannya. Memang tidak ada jaminan yang berpameran adalah produsennya langsung. Tapi kita bisa punya lebih banyak pilihan, karena apa yang kita cari sedang berkumpul di satu tempat.

Beruntung kalau kita bisa bertemu produsen dari barang yang berkualitas dan belum dipasarkan dengan bagus. Kita bisa menjalin kerjasama untuk pemasarannya dan langsung jadi distributornya. Untuk yang ini, Toko Addina memang belum sampai pada tahap ini, masih mencari-cari dan masih belajar. Tapi InsyaAlloh suatu saat akan hadir waktunya. Ingat : nikmati prosesnya….

Nah, hari ini saya juga sedang mengutus istri untuk datang ke Islamic Bookfair di Senayan. Karena biasanya tidak hanya pameran buku-buku islam tapi pasti ada stand-stand busana muslimah dan jilbab di sana. Mudah-mudahan bisa ketemu produk yang bagus langsung dari produsennya. Sehingga bisa menambah banyak pilihan suplier dan produk untuk mengisi toko Addina.

Salam FUNtastic!
© 2008, https://fuadmuftie.wordpress.com/
@ Toko Addina, Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 40, Jakarta Timur, 021-9828 4731
► Distro Jilbab, Busana Muslimah, Busana Anak, Produk Herbal, dll

11 Balasan ke Berburu Suplier

  1. qodoq mengatakan:

    makasih infonya, infonya memang mantap.

  2. Doris Nasution mengatakan:

    wow, utusannya sang istri tercinta, lalu kemana ya perginya pak Fuad? hahahah, musti hunting ke lokasi yang lain ya pak.

    Sukses ya pak, terima kasih atas sharingnya. Keinginan saya untuk mampir ke Addina masih belum juga tercapai. Padahal pingin belajar langsung nih kepada ahlinya. Biar bisa dapet banyak masukan.

    Salam,
    Doris Nasution
    http://www.dorisnasution.blogspot.com/

  3. triwoko mengatakan:

    Makin muuantabs bro…
    Kapan di-launching your own brand : FM Fashion ?? (asik lho bro.. !!)
    Salam dan doa sukses Addina 2.0.

    Bams Triwoko @ Jogya

  4. realylife mengatakan:

    terima kasih infonya pak
    semoga bermanfaat

  5. Fuad Muftie mengatakan:

    @ qodoq
    Sama-sama, semoga bermanfaat

    @ Doris Nasution
    Selamat ya Bu atas pengembangan Shaakira-nya, semoga sukses selalu.
    Wah, harusnya saya yg harus belajar ke Bu Doris, saya masih berkutat di satu toko, Bu Doris sudah melebarkan sayapnya lebar-lebar.

    @ Triwoko
    Terimakasih Bro, Hmmm FM Fashion? menarik juga. Lagi belajar dulu nich mengelola yg ada baik-baik, informasi tetap terus dikumpulkan, InsyaAlloh dan moga-moga saat tiba waktunya tinggal wushh.. wush… wush…..🙂

    @ realylife
    Sama-sama Pak, sukses juga buat Anda.

    Wassalam
    FM

  6. Salam kenal, saya adalah pemula dalam dunia internet yang sangat gaptek dibandingkan anak saya yang baru kelas 1 SMP. Mudah-mudahan saya bisa banyak belajar dari bapak.
    Membaca tulisan berburu supplier, saya yang baru merintis memproduksi jilbab dalam 5 bulan ini ke teman-teman dan saudara dan alhamdulillah di Padang, Palembang, Purwokerto, Taliwang, Lampung dan terakhir Ujung Pandang mendapat respon yang sangat bagus dan mendapatkan order berkelanjutan. Dan momen ramadhan kemarin juga sempat menggelar pameran di Plaza Cibubur selama 2 minggu dan mendapatkan hasil yang lumayan untuk sebuah produk jilbab baru yang juga bersaing dengan jilbab merek ternama di situ. Saya ingin lebih memperluas pasar tapi belum terlalu berani untuk beriklan di majalah. Karena itu pada kesempatan ini saya menawarkan ke bapak mungkin berminat untuk bergabung menjadi agenpemasaran jilbab kami melalui toko yang bapak punya. Salam. 08121949180

  7. Fuad Muftie mengatakan:

    Salam kenal Ibu

    Terimakasih informasinya dan ceritanya yang inspiratif, Jadi penasaran nich Bu dengan produknya, bagaimana cara melihat contoh barangnya Bu. Kalau pass buat toko saya jelas saya mau sekali Bu ikut memasarkan produk Ibu.

    FM

  8. Maaf ni pak baru sempat buka blog lagi. Bbrp hari ini saya sangat sibuk belanja bahan karena sempat hampir kehabisan stok. Kami juga berinovasi dengan model-model baru. Bahkan sy sampai bela-belain bljr sulam tangan dan pita utk lbh memberi sentuhan yg unik untuk jilbab kami. Jilbab kami ada yang berbahan lycra mirip dengan yg dipakai merek Zoya tp kami beri sentuhan batu dan kristal. Ada juga yg berbahan double hycon dan bs lsg pakai, sangat cocok utk wanita yg bekerja dan bertemu byk org krn tdk kelihatan santai tp tetap simple. Ckp cantik jg utk ke pesta lho pak dan sbg hadiah utk org tercinta krn dipacking dg manis. Dan saat ini kami sdg membuat type baru yg menggabngkan lycra dan shifon. Btw, toko bpk ada di daerah mana ya ? Thanks

  9. Fuad Muftie mengatakan:

    Bu Nining, toko saya ada di daerah perumnas klender jakarta timur Bu.

    Sukses ya Bu semoga terus tumbuh dan berkembang. Pingin banget bisa lihat contoh produknya gimana caranya ya Bu?

    Fuad Muftie

  10. Untuk melihat contoh produk saya, alhamdulillah mulai sabtu tgl 13 Desember 2008 saya membuat display di jl. Ori raya blok B 2 no.19 Pondok Bambu kavling, Jkrta Tmur. Tdk jauh kan dari tpt bapak, jd bapak bs lht 2x di sana. Thanks.

    =====
    [Fuad]
    Terimakasih Bu atas informasinya, mohon maaf sampai Januari 2009 ini belum sempat nengokin, mudah2an nanti ada kesempatan.

  11. Quratu Ainy mengatakan:

    Ass.Wr.Wb. Kenalkan nama saya Ainy, saya baru saja membaca artikel Bapak (Th. 2008) mengenai “Berburu Supplier” saya baru saja merintis memproduksi jilbab dan mukena dalam 5 bulan ini, Alhamdulillah dengan pertolongan Allah Jilbab dan Mukena (anak & dewasa) saya mendapat respon yang bagus dari pelanggan (Toko dan Perorangan) dan sampai sekarang mendapatkan order berkelanjutan. Dan momen ramadhan kemarin (2009)kami mendapatkan hasil penjualan jilbab dan mukena yang lumayan..mungkin karena model dan jahitan serta pola pet yang kami punya membuat tambah cantik penampilan para Ibu.. Saat ini saya ingin lebih memperluas pasar tapi belum terlalu berani untuk beriklan di majalah. Karena itu pada kesempatan ini saya menawarkan ke Bapak mungkin berminat untuk bergabung menjadi agen pemasaran jilbab dan mukena kami melalui toko yang bapak punya. Salam. Ainy 0816-185-3366

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: