Apakah Anda punya Jiwa Bisnis?

Salah satu keluhan yang muncul dari orang yang takut untuk memulai usaha adalah “saya tidak punya jiwa bisnis“. Dulu saya juga beranggapan demikian, karena sudah kelamaan terasa enak menjadi orang gajian. Tapi ternyata itu hanyalah alasan pembenaran yang hanya semakin menghambat kita untuk memulai usaha.

Saya juga jadi berpikir, apa memang ada yang namanya jiwa bisnis itu? Kalau melihat di Wikipedia, Jiwa adalah “energi mental yang memiliki kekuatan untuk dapat memotivasi terjadinya proses perilaku yang menjadi bentukan aktivitas yang dilakukan sehari-hari”. Jadi jiwa bisnis adalah energi mental yang mampu mendorong orang untuk memulai dan menjalankan bisnis. Begitu kira-kira. Salah satu keluhan yang muncul dari orang yang takut untuk memulai usaha adalah “saya tidak punya jiwa bisnis“. Dulu saya juga beranggapan demikian, karena sudah kelamaan terasa enak menjadi orang gajian. Tapi ternyata itu hanyalah alasan pembenaran yang hanya semakin menghambat kita untuk memulai usaha.Kalau jiwa bisnis hanyalah energi mental, maka seperti bentuk energi yang lain, ia bisa berubah-ubah dan tidak permanen (dinamis). Kita bisa menyaksikan energi panas yang berubah menjadi energi mekanik. Begitu juga “energi mental bisnis” bisa kita wujudkan dari bentuk energi yang lain. Misalnya saja “energi mental pekerja” harusnya bisa dong diubah ke “energi mental bisnis”.

Buktinya juga banyak, banyak yang dulunya pekerja kantoran, begitu ada niat terjun berbisnis, bisa sama semangatnya seperti ketika jadi karyawan. Bahkan banyak yang jadi lebih semangat.

Dan satu lagi menurut saya pribadi, kemampuan berbisnis itu sama seperti kemampuan / skill / ketrampilan dalam bidang yang lain. Ia bisa dipelajari dan bisa diasah. Toh waktu kita lahir kita tidak bisa berjalan, tidak bisa bicara, tidak bisa berhitung, tapi kita belajar untuk bisa itu semua. Begitu juga dalam bisnis, kalau sekarang merasa tidak bisa, ayo sama-sama kita belajar untuk bisa berbisnis. InsyaAlloh akan muncul sendiri yang namanya jiwa bisnis itu.

Salam FUNtastic & Merdeka

Fuad Muftie
© 2008, https://fuadmuftie.wordpress.com/
@ Toko Addina, Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 40, Perumnas Klender, Jakarta Timur, 021-9828 4731
~ Distro Jilbab, Kerudung, Busana Muslimah, Busana Muslim Anak, Aneka Produk Herbal, dll

“Benahi diri, Menuju Indonesia yang membanggakan!”

8 Balasan ke Apakah Anda punya Jiwa Bisnis?

  1. zoel chaniago mengatakan:

    yach,, saya hanya punya jiwa blogging

  2. Hadi Wiyono mengatakan:

    Saya cuma mau memberi ucapan kepada Pak Muftie, Website ini hebat.

    Dan Sukses untuk kita semua yang mau berusaha tanpa menyerah dengan keadaan yang serba susah.

  3. Fuad Muftie mengatakan:

    @ Zoel
    Sama dong kita punya jiwa blogging🙂

    @ Hadi Wiyono
    Terimakasih Pak Hadi, sukses juga buat Anda.
    Yang menjadikan keadaan itu susah atau tidak adalah diri kita sendiri Pak, tepatnya pikiran kita sendiri. Jadi mending milih terus bertumbuh dan berkembang, daripada fokus di keadaan yg katanya susah.

    FM

  4. tripono mengatakan:

    assalamualaikum mas, saya tripono saya bekerja di bandara di lampung. saat ini saya ingin terjun dalam dunia bisnis terutama perdagangan atu yang bersifat online internetlah. saya ada beberapa pertanyaan mas
    1. kalau mau buka warnet itu gimana prospeknya da apa yang perlu mental saya siapkan karena saat ini saya selalu takut bangkrut?
    2. bisnis umpama saya punya situs sendiri kira-kira apa yang harus saya lakukan agar situs saya dapt menghasilkan duit biar ga percuma ngabisin duitnya?

  5. Fuad Muftie mengatakan:

    Wa’alaikum salam Wr Wb

    Sebelumnya mohon maaf Pak saya blm punya pengalaman dlm bidang warnet dan bisnis online. tapi ini pendapat saya pribadi, bisnis warnet di tempat-tempat tertentu masih prospektif. Pintar-pintar mencari lokasi yang bagus dan masih prospektif Pak.

    Untuk mental yang harus disiapkan, mau usaha apa saja harus siap mentalnya Pak. Takut bangkrut itu wajar, tapi menjadi tidak wajar kalau rasa takut tadi membuat kita tidak mau memulai.

    Daripada fokus pada rasa takut, mending fokuskan pada rasa senang kalau berhasil. Toh itu cuma ‘rasa’ dalam perasaan kita.

    Untuk membuat situs sendiri, sejauh mana Bpk mau belajar tentang bisnis online. kalau mau belajar mulai saja dari baca buku-buku dan situs-situs yg membahas bisnis online. kalau nggak mau pusing serahkan pada web designer, cuma ya harus siap dana dulu Pak.

    Semoga bisa membantu

    FM

  6. Resi Bismo mengatakan:

    asalamualaikum bro, syukron atas masukannya… sangat bermanfaat untuk saya pribadi.

  7. Fuad Muftie mengatakan:

    Wa’alaikum salam Bro
    Mudah2an bermanfaat dan smoga cepat kembali ke tanah air ya Resi, biar bisa memberi kontribusi untuk tanah air.

    Sukses selalu
    FM

  8. betrizon mengatakan:

    Sebetulnya mas, bukan kita tak punya jiwa bisnis, tapi keraguan yang sering datang untuk memulai bisnis di karenakan :
    1. Gajian bulanan itu sudah pasti kalau tak bangkrut
    2. Bekerja sejelek apapun kita tetap di gaji
    3. Tiap tahun dapat bonus..walaupun sedikit..he..he

    Saya setuju dengan mas kita harus berani mencoba. Bakat bisnis bisa latih seiring dengan perjalanan bisnis yang akan kita geluti..

    Salam bisnis..semoga kedepan semakin banyak pebisnis muda dari Indonesia. Do’a kan mas..secepatnya saya mengikuti mas…

    [Fuad Muftie]
    =========
    Yang membuat kita ragu hanyalah kekhawatiran kita meninggalkan zona nyaman. Dan tidak ada yang maksa koq kalau kita harus berbisnis. Ini hanya masalah pilihan. Kalau kita nyaman dan seneng sebagai pekerja ya silahkan jadi pegawai yang terbaik.

    Kalau kita tidak senang lagi dengan pekerjaan dan ingin berbisnis, ya monggo silahkan dimulai bisnisnya. Silahkan perjuangkan sampai berhasil, dan silahkan nikmati hasilnya yang berlipat-lipat ganda potensinya.

    Semoga yang sudah ada keinginan membuka bisnis, cepat2 direalisasikan. Karena sekali ingin bisnis, kapanpun keinginan itu akan muncul, cepat atau lambat. Selamat memulai ya Pak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: