Berikan Pelayanan Yang Baik, Maka Uang Akan Mengikuti

Saya mendapat nasehat ini sudah sekitar setahun yang lalu. Dan sampai sekarang masih terngiang di telinga. Membuat saya harus terus introspeksi diri dalam menjalankan bisnis kecil saya.

Saya diberitahu kalau dalam bisnis itu “Kalau kita mengejar uang, maka pelayanan akan mengejar kemudian (akan menyesuaikan), sedangkan kalau kita memberikan pelayan yang terbaik, maka uanglah yang akan mengejar-ngejar kita”.

Sepintas sepertinya sama saja, dua-duanya soal mencari uang dan memberi layanan. Tapi dalam prakteknya kedua kutup tersebut sangat jauh berbeda bagai langit dan bumi.

Kalau kita mengejar uang, yang penting uang dapat, pelayanan apapun akan kita berikan agar uangnya dapat kita raih. Yang terjadi seperti yang mungkin sering kita alami, kita menjadi mendapat pelayanan sekedarnya, pelayanan yang asal-asalan. Bahkan (maaf) sering harus dibumbui dengan kata-kata dusta.

Mungkin familiar kalau kita dipasar mendengar kata “ini sudah murah koq Pak, tadi saja sudah ada yang nawar segini, nggak saya kasih”. Apa yakin tadi sudah ada penawar yang dimaksud. Atau kata-kata begini “ini bagus semua Bu, buahnya manis-manis semua” dan yang terjadi setelah dibeli baru ketahuan buahnya asam semua.

Pada kutup kedua kalau kita fokus dipelayanan lebih dulu, memang serasa tidak ada korelasi langsung dengan uang yang mengalir. Sudah sering terjadi pelayanan sudah diberikan dengan sebaik-baiknya, yang terjadi pembeli malah nggak jadi beli dan menunda pembelian.

Memang demikian, sering yang terjadi pembeli tersebut tidak jadi membeli di tempat kita saat ini, tapi pelayanan yang baik akan terekam di pikiran calon pembeli. Yang mungkin terjadi kemudian, di waktu lain pembeli tersebut kembali dan kembali ke tempat kita.

Saya sebagai pembeli sudah sering mengalami, lebih baik beli di tempat A daripada di B karena layanannya mantab, meski untuk ke tempat A harus dengan sedikit pengorbanan.

Jadi marilah kita ingat-ingat untuk senantiasa memprioritaskan pelayanan, insyaAlloh uang akan mengalir, karena namanya rejeki nggak akan lari ke mana….

Wassalam

Fuad Muftie
Addina.net
Toko Addina
Jl Wijaya Kusuma Raya No. 40 Jakarta Timur

18 Balasan ke Berikan Pelayanan Yang Baik, Maka Uang Akan Mengikuti

  1. alice pngen ..... mengatakan:

    oow

  2. Haris Istanto mengatakan:

    Selamat pagi, posting yang mengesankan banget, sukses untuk anda.
    Kunjungi juga Blog kami harisistanto.wordpress.com, ada posting yang membahas : “Proses kerja usaha cuci sepeda motor?”, dan artikel lain yang berguna, jangan lupa kasi komentar yaaa. Makasih.

  3. Naufal A Fuvenanda mengatakan:

    Betul! Utamakan pelayana buat pelanggan respect dgn kita,maka uang jg gk sungkan datang ke kantong kita. Sukses selalu fuvenanda.wordpress.com

  4. boim2771 mengatakan:

    Artikel yang cukup bagus. Saya berusaha menerapkan dalam bisnis yang sedang saya bangun yaitu Bisnis Tahu Bulat Mak Nyuss. Ingin mempelajari seputar bisnis ini ? Kunjungi website resmi kami di tahubulat.tk

  5. koropedang mengatakan:

    sangat inspiratif sekali.thanks ilmunya

  6. Admin mengatakan:

    mulai ngeblog lagi om…

  7. promosionlineinternet mengatakan:

    benar mas, pelayanan baik maka uang otomatis mengikuti, tapi ‘beratnya’ harus sabar..sabar…dan sabar…

  8. fuadsetiawan mengatakan:

    ya jelas lah ….kan pembeli adalah raja ..jadi pelayanan is number one tea….betulll.
    my campus
    universitas islam indonesia

  9. Uminaufal mengatakan:

    Setuju banget pak fuad, karena sekali saja pelanggan kecewa jarang sekali ada yang mau kembali.

  10. Nourly mengatakan:

    abis baca kudu introspeksi diri nih😀

  11. Ade Dede mengatakan:

    maaf boss saya masih ragu untuk mengawali usaha pakaian baby ini namun di daerah saya sama skali belum ada kebetulan daerah ini kecamatan berkembang,,,pertanyaan saya gmna memberanikan diri untuk usaha ini????
    modal pemula kira kira brpa???

    • Fuad Muftie mengatakan:

      Wajar kalau ragu2, sesuatu yg baru memang sering menimbulkan keraguan, kebingungan dll. Utk mengatasinya cukup mudah sebenarnya. Mulai dulu dari yg kecil. Kalau misalkan bisnisnya bener2 rugi, kira2 berapa besar modal yg siap dipertaruhkan? Kalau sudah dimulai meski terlihat rugi, sebenarnya kita sudah mendapat ilmu atau pengalaman. Yg dg ilmu / pengalaman tsb kita akan berani membuka lagi usaha yg baru. Jadi yg namanya rugimitu kalau kita sama sekali tidakmpernah buka usaha.

      http://bit.ly/bisnisandalan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: